PDA

View Full Version : Abate


Luke
09-07-2004, 09:49 AM
Rekan2,

mau tanya nich.. hari minggu kemarin saya treatment abate ke aro... soalnya saya mau ilangin cacing2 putih yang kecil2... saya pakai sesuai dosis (10 g/100 lt)... setelah 4 - 6 jam, abatenya terlihat masih ada (tidak larut dalam air), kemudian saya siphon abate yang tidak larut (ada sebagian kecil abate saya taruh di filter jadi tidak ikut dibuang), kemudian air diganti 30%.

Setelah satu hari warna aro agak pucat, tapi nafsu makan masih ok. Abate yang difilter itu saya lihat masih ada aja, tidak larut (apakah memang spt itu ya?)

Menurut rekan2, apakah treatmen abate-nya sudah cukup? apakah sisa abate yang difilter itu perlu dibuang? apakah pengobatan abate, relatif aman untuk aro utk jangka waktu lama?

trim's

JD Winata
09-07-2004, 10:21 AM
Abate pada dasarnya adalah anti crustachean dan anti external bacteria , dosisnya cukup keras, yang tidak terlarut adalah crystal buffer-nya saja , Kalo baiknya pakai abate diseduh air panas dan dituang airnya saja ke aquaria dan ampasnya jgn krn akan jadi sumber Ca di aquaria.
Abate akan menurunkan pH sebagaimana antibiotik dan antiseptik lainya tapi efeknya temporer dan silahkan tambahkan blackwater saja utk menetralkan kembali

Tony 168
09-07-2004, 06:18 PM
Setiap obat ( Anti biotik & Non Antibiotik ) dan zat kimia secara umum mempunyai aturan bahwa harus disimpan pada temperatur kamar atau temperatur tertentu yang mana aturan tersebut tertera secara jelas pada etiket
Obat akan teroksidasi pada temperatur tertentu dan terkena sinar matahari secara langsung
Kalau lihat diatas rupanya Abate termasuk Golongan Obat atau Zat kimia Super ya --- tidak mengalami oksidasi , sebab dituang air panas ( 80 - 100 C )masih punya kasiat
tapi penggunaan abate pada umumnya kok tidak pakai air panas , apa ini cara pakai baru atau model baru atau aturan baru ?
Hidup Abate ...obat Super ....
:D :confused: :p

JD Winata
09-07-2004, 08:07 PM
Kalo minum Baygon panas2 apa efek racunnya sama?
Kalo jentik nyamuk atau kutu air kena abate yang diseduh air panas dulu kira2 mati juga gak ya?
He he he
Maksudnya dipanaskan spy dipisahkan obat yg water soluble dgn buffering Crystalnya agar si Crystal tidak menambah pH air di aquaria , Kalo Kopi khan diseduh air panas... apa kafeinnya hilang?

cung
09-07-2004, 09:54 PM
Sampai saat ini aku kalau treatment pakai abate memang ada kristal. Di-sifon aja beres koq.

Tony 168
09-08-2004, 08:26 AM
Setuju banget dengan pendapat Bung Cung ( Karena sangat tahu ,praktisi pakai abate untuk kutu jarum ?)
Perlu disimak utilisasi setiap obat ,obat dengan kandungan besar belum tentu lebih efektif dengan kandungan obat yang kecil ,misal obat A mengandung Besi Fumarat 500mg,obat B mengandung 250mg Besi Gluconate-- ternyata obat B lebih efektif untuk terapi pengobatan kekurangan zat besi
Pada Abate memang sulit larut air , bukan berarti semua harus larut , dengan sedikit yang terlarut juga sudah efektif artinya pabrik obatnya sudah memprediksi hal itu, jadi jangan terkecoh dengan semua obat harus larut (jangan samakan seperti mie aja yang setiap penyajian harus direbus ... he...he...he... :p :p :D )
Di setiap kemasan/etiket obat (antibiotik&Non antibiotik) serta kimia (Methylen blue/green, formaldehide ,etc) pasti tertera Peringatan : Simpan pada temperatur kamar dan hindari panas serta matahari secara langsung
Mohon jangan disamakan obat (antibiotik ,Non antibiotik , Kimia ) dengan obat dari tumbuhan seperti alkaloid (mis daun ketapang ,kopi , teh --- perlu diseduh agar zat aktif Kafein, Taninnya keluar ) yang harus diperlukan perebusan dahulu agar zat aktifnya keluar
Jangan samakan antara menyeduh Kopi atau Teh dengan Abate
Ada pendapat lain yang benar dan betul dari praktisi lain agar ada pencerahan dan terhindar dari pemikiran yang menyesatkan ?
Salam ,

JD Winata
09-08-2004, 10:05 AM
Test aja :
1. Siapkan 2 wadah #1 dan #2 isi dgn ikan berkutu jarum, jentik nyamuk dan kutu air
2. Ukur parameter airnya pH dan gH , jangan memakai filter kimiawi (arang/zeolit
3. Wadah #1 beri abate bubuk langsung, wadah #2 beri abate yg dilarutkan dgn air panas
4. Ukur parameternya :
a. Sesaat stlah treatment diukur pH dan gH
b. Di ukur waktu berapa lama diperlukan di #1dan#2 dari masuk obat
sampai matinya semua kutu dan jentik
c. Ukur parameter air di 24jam, 36jam dan 48jam setelah treament

Pertanyaan saya:
1.Kenapa waktu efektivitas matinya semua kutu dan jentik lbh cepat di #2?
2.Kenapa pada awal treatment ph dan gH wadah#2 lbh tinggi dari #1 lalu pada 24jam ,36jam berbalik #1 menjadi lbh tinggi parameternya sedangkan di #2 menurun dan menjadi netral spt semula di 38jam?

Dalam kasus ini abate selaku antiseptik atau lbh tepatnya anti crustachean parasite , dimana abate sendiri memakai agen buffer berupa crystal solid sebagai buffer dan dehumidifier utk mencegah abate menjadi lembab maupun mengurangi penguapan, Crystal buffer tersebut adalah subtansi padat yang juga mengandung unsur Ca dan Mg yg water soluble,secara perlahan akan melepas Canya ke air .
Untuk mencegah parameter air berubah maka kita akali agar crystal tsb tidak mengendap , spt cara Cung dgn menyipon-nya , tetapi kalo aquarianya memakai gravel?
Dengan melarutkannya dgn air panas merupakan salah satu tips dari pengalaman saya, utk hal2 tersebut pasti sudah saya ujicobakan efektivitasnya
Silahkan dicoba dan ditest sendiri utk pembuktiannya , harap utk Luke agar paham dan aro-nya aman.
tentunya diharapkan semua menjudge dan lbh cermat menilai dan mengujicobakan dahulu sblm mengikuti tips

JD Winata
09-08-2004, 10:20 AM
Sebentar saya akan attach info dari staff ahli BrataChem Bandung ttg abate dan indikasi seta kontra indikasinya , kbetulan mereka manufaktur abate juga di Indonesia, semoga bisa lbh "ilmiah" lagi debatnya

Luke
09-08-2004, 01:16 PM
wow.. terima kasih banyak atas komentar rekan2 semua... :)

hendri
09-08-2004, 07:10 PM
abateeeeeeeeeeee pusing ye............... hehehe

Tony 168
09-09-2004, 10:13 AM
Kok prosedurnya berbelit sekali dan susah tidak praktis ada cek pH , dH
Abate tinggal gerus aja kan tidak usah macem2 cara
Dalam pengobatan kutu jarum tidak diperlukan Ca, atau Mg kenapa harus ada sebagai buffer ? , sedang yang problem ikannya bukan air (kualitas air )
Kiita tunggu attachment dari Bratachem , Bandung

JD Winata
09-10-2004, 07:02 AM
Gerus? gak usah ngecheck pH dan gH? lha intinya topik ini apa? lantas warna pucat kira2 kenapa? yang problem ikan bukan airnya, lantas kalo diobati apa kualitas airnya tetap sama dgn pengaruh Ca dan Mg?
Silahkan di judge masing2 oleh member2 sekalian