PDA

View Full Version : Bintik merah pada sirip bagian bawah


Suryakusuma
09-08-2004, 09:57 AM
Dear Pak JD Winata and all,

akuarium Pino saya 7 hari lalu saya tambahkan 4 ekor tigerfish ukuran sedang, sebelum saya masukkan memang saya karantina dulu, saya perhatikan tidak ada perubahan yang berarti dari tingkah laku Pino saya.

Hari minggu kemarin saya sempat beli 1 ekor ikan kembung kecil (yang ada loreng di kulitnya) dan saya langsung masukkan ke aqua Pino, hal ini saya lakukan karena aquarium karantina saya bocor, hari Selasa kemarin saya perhatikan ikan kembung ini mata sebelah kirinya berkabut dan juga ada seperti panu di kulitnya.

Anehnya di sirip bagian bawah Pino saya tiba2 ada bintik kecil berwarna merah, untuk pengobatannya saya treatment dengan rid all (warna hijau).

Yang ingin saya tanyakan apakah bintik merah ini memang ditularkan ikan kembung saya? Dan Pengobatan apa yang paling cocok utk penyakit jenis ini.

Saat ini saya sudah memisahkan ikan kembungnya.



Mohon pencerahannya.




Thanks,

cung
09-08-2004, 11:41 AM
Coba dilihat deh apa karena kutu jarum?
Biasanya sih kutu jarum

Suryakusuma
09-09-2004, 09:31 AM
Untuk kutu jarum ini pengobatan yang paling ampuh apa ya pak? Benjolan merah muda ini saya perhatikan tadi pagi tidak membesar, sementara ini saya masih menggunakan rid all utk pengobatannya.


Mohon pencerahannya :)

JD Winata
09-11-2004, 12:51 AM
Betul menurut Cung, kemungkinan besar kena kutu jarum Lernea ( anchor worm) pada tahap larva masih renik masih kasat mata dan tinggal di inangnya (ikan) jadi bintik2 merah lalu dalm 2x24jam akan keluar spt jarum halus diujung spot merah tersebut, pengobatan lsg adalah mencabutnya lsg dgn pinset atau tangan ,lalu beri antibiotik ringan ,langkah berikutnya air disteril dgn abate (ingat hati2 dgn ampas abatenya berpengaruh konstan dgn parameter pH air) atau kalo mau safe pake anti crustachean parasite botolan merk Tetra atau OceanFree
Tapi kalo mata ikan juga berkabut kemungkinan ada bakteri di aquaria anda, beri antibiotik botolan khusus ikan spt anti external bacteria (merk apa aja) atau antibiotik farmasi spektrum luas (amoxyline/Tetracycline) dosis 250mg utk 200ltr air diulang tiap 2x24jam dan ganti air pertahap tiap 24jam kira2 30%,tidak perlu diulang kalo sudah indikasi sembuh , hati2 dgn dosis bisa jadi lethal bila OD dan selama pengobatan matikan filter kimia (arang/zeolit) dan ingat utk mengganti media filter juga utk preventifnya
Keep in touch bung Surya! goodluck!

JD Winata
09-14-2004, 10:32 AM
Gimana recent news aronya Sur?

Suryakusuma
09-14-2004, 03:01 PM
Saya akhirnya menggunakan anti crustachean parasite botolan merk OceanFree pada weekend kemarin sesuai anjuran Pak JD, sekarang sudah mulai hilang benjolannya pak, untuk mata sekarang ini sih tidak berkabut pak, tapi memang untuk antisipasinya saya ganti air tiap hari sekitar 30%. saya belum berani mempergunakan antibiotik farmasi mungkin nanti kalo memang sudah sangat diperlukan.

Thanks banget untuk masukannya teman2 terutama pak JD :D

JD Winata
09-15-2004, 07:22 AM
Good to hear that dude! Love your Aro