PDA

View Full Version : NEW MEMBER: BUTUH INFORMASI


Hernandi
10-08-2002, 04:38 PM
Salam perkenalan buat semua Arwanamania. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/wink.gif
Saya sebenarnya mania ikan hias; maskoki, diskus, koi, dan louhan saya punya. Sudah lama juga saya mengamati ikan arwana, baru sejak saya dapatkan web ini sebulan lalu dengan gallery-nya yg sangat memikat dan adanya berita utama di majalah Trubus tentang arwana ternyata membuat saya mulai kepincut dan penasaran untuk memiliki arwana. Sudah sejak sebulan lalu saya pelajari tentang arwana habis2an (teori sih&#33http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/wink.gif, tampaknya ternyata hanya jenis super red dan metal super red yg menarik buat saya.
Di Bandung (tempat saya tinggal) tdk bisa saya dapat jenis tsb, yg ada hanya yg berwarna metalik, dan saya tdk tertarik.
Pak Niwan atau yg lain bisa bantu menginformasikan tempat pembelian yg bisa dipercaya kualitasnya ? Mohon penjelasan bagi yg tahu, apa benar ikan tangkaran perlu sertifikat?
Mengenai harga, apakah ada standarnya untuk uk. tertentu dan jenis tertentu ?
Salam.

N1WAN
10-08-2002, 06:21 PM
Hernandi,
Salam kenal juga dan selamat bergabung di forum diskusi ini.

Masing-masing farm mempunyai produk andalannya sendiri-sendiri, misalnya untuk arowana super red:
- PT. Dinamika Kapuas (www.dinamikakapuas.com) dengan metal red dan super dinamic red
- PT. Munjul Prima Utama
Ultra Top red
F3 Special
F3
- PT Sumber Jaya Baru
Sumber red

Hernandi bisa hubungi langsung ke alamat farm yang bersangkutan, seperti Metal Red (www.dinamikakapuas.com) atau memanfaatkan private mesage forum ini, karena kebetulan Pak Jimmy Dinamika Kapuas juga ikut berdiskusi di forum ini. Untuk mengetahui harga, minimum order atau mau melihat aronya dulu.

Selain informasi tempat atau penjual yang bisa dipercaya, juga yang tak kalah pentingnya dari kitanya sendiri sebagai calon pembeli ..paling tidak sudah mengetahui dan memiliki pengetahuan bagaimana, memilih, memelihara dan sebagainya tentang arowana.

Mengenai harga, ketentuan atau ketetapan suatu harga secara tertulisnya tidak ada. Secara umum pasar yang menentukan dan menetapkan dengan sendirinya (supply and demand).

r12al
10-08-2002, 07:00 PM
Salam Kenal Rekan Hernandi....
banyak manfaat bergabung diforum ini, seperti saya yg hijau terhadap arowana, merasa terbantu dlm banyak hal.

Kalau konteks pembelian partai, mungkin spt yg n1wan sebutkan, tp kalau konteks kolector, mungkin ikan-ikan yg n1wan miliki jauh lebih baik, lebih indah, lebih cantik, krn selain n1wan pakarnya, ikan2 yg dibeli melalui sortiran yg ketat....(bukannya promosi lho...) http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif

Harga, selain harga patokan pasar (HPP), namun sebagian rekan sepakat dgn, keindahan tdk dpt dihargai begitu saja...sesuatu yg indah, mungkin tdk ternilai..... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/wink.gif

salam
r12al

Hernandi
10-10-2002, 07:36 AM
TK buat semua masukkannya. Saya lagi terus mendalami tentang per-arowana-an. Ini memang bawaan saya, sekali suka suatu jenis ikan pasti saya gali informasinya abis2an. Oh ya, apakah ada rekan aromania yg aktif di sini tinggal di bandung, kalau ada dan bersedia saya ingin kenal dan berkunjung melihat koleksinya. Biar tambah mantep nih.
Mengenai Scleropages Jardinii (arowana irian), apa ada yg bisa nambahin apakah jenis ini cukup menarik untuk dikoleksi? Kenapa ya harganya murah sekali di banding Golden red atau Super Red ? Apakah secara fisik (warna dasar dll) kurang menarik setelah besarnya?
Mohon komentarnya nih........!!!!!!
Salam. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/wink.gif

arwan
10-10-2002, 08:04 AM
Saya cuman mau komentar kenapa Scleropages jardini lebih murah....
Seperti kata N1wan harga dipengaruhi oleh mekanisme pasar, supply and demand. Jika permintaan tinggi, supply akan berkurang dan akibatnya harganya melangit. Demikian sebaliknya harga akan jatuh jika supply-nya banyak dan kurang ada permintaan.
Demikian yang terjadi dengan Scleropages formosus varian red dan gold dimana permintaan akan kedua varian tsb (merah dan gold) sangat tinggi di luar negeri dan dalam negeri yang mengakibatkan sulit sekali mendapatkan ikan ini dipasar lokal karena orang-orang cenderung menjual keluar supaya dapat dollar. Pun yang dijual didalam negeri harganya mengikuti harga luar negeri makanya tidak heran super red sekarang berkisar 5 jutaan. Kenapa permintaannya tinggi? karena kedua varian merah dan gold itu adalah yang paling indah diantara para keluarga Scleropages. Saya pribadipun meng-amini hal tsb.
Sebaliknya arwana Irian maupun arwana silver kurang peminatnya sehingga ikan tsb tersedia cukup "melimpah" di pasar lokal dibandingkan dua saudaranya itu. Akibatnya otomatis harga tidak mahal.