PDA

View Full Version : temperature and metabolism


JD Winata
07-09-2003, 11:23 AM
Saya lg experimen utk pertumbuhan maximal ikan, ada sharing info sbb:
1. Pada hewan berdarah dingin, makin rendah suhu(dlm rentang suhu wajar dan tdk extrem rendahnya), metabolisme tubuhnya akan naik, Kebalikannya dgn hewan berdarah panas , ikan pada suhu yg lbh tinggi (dlm susu wajar yg masih dpt ditoleransi) akan lbh aktif, lbh lapar dan butuh lbh banyak oxygen.
2.Metabolisme tinggi tidak 100% memaximalkan pertumbuhan ikan, ikan trout pada suhu 8,5'C dpt merubah 45% dari makanannya menjadi berat tambahan, tapi hanya 35% pada suhu 18,5'C, ada korelasi suhu yg berbeda pada tiap ikan, tapi tidak ada literatur yg sdh meneliti semuanya.
3.Ikan hasil tangkaran , pasti (hampir pasti) lbh kecil dari induknya asli dari alam, teori menyatakan krn sebenarnya gen masih tdk termutasi, tapi kondisi lingkungan yg sempit, kadar amonia dan nitrit yg tinggi dan gizi tdk lengkap menyebabkan kekerdilan terbatas. Juga ada teori dari efek kawin bastar antar sesama ikan dari induk yg sama akan menyebabkan bnyak cacat bawaan, salah satunya adalah kekerdilan.
4.Pola jam biologis ikan di aquarium pasti kacau krn, tdk dlm kondisi stabil 12jam terang dan 12jam gelap, pola makan dan rhytme biologis ikan sgt tergantung dan berbeda pada siang atau malam.
5.Nafsu makan ikan pada masa anak2 dan masa akan breeding lbh besar dari masa normal.
6.Pemberian makan sekaligus banyak dlm satu kurun waktu pemberian makan tidak maximal effisien, krn fisiologis ikan umumnya tidak memiliki lambung penampung makanan yg besar spt pada hewan reptil ,jadi secara naluri ikan akan terus menerus lapar, stlh lambungnya kosong , metabolisme ikan tergolong cepat dibandingkan reptil,dsb
7.Nafsu makan ikan tergantung kondisi paling ideal yg dibutuhkan mereka, dari pH air, gH air, suhu, siang atau malam, ada tidaknya persaingan dlm lingkungan ikan tsb, jenis makanan dsb.Idealnya adalah mengkondisikan sedekat mungkin dgn kondisi ideal.

Ini input saja, terus terang saya lbh percaya literatur dari akademisi Eropa atau Amerika yg udah ada thesis trial and experimentnya, jujur aja kalo dari asia kbanyakan bukan fakta tapi pengalaman, Kalo kita baca buku2 singapore atau malaysia, kalo mau kritis, pasti kelihatan masih amatiran banget dlm akademis, apalagi kalo ttg luohan waah! isinya bullshit semua, nulis nama latinnya aja salah2
Hati2 utk fellow yg ngikutin buku2 lokal yg masih ngawur.
web yg bagus utk dikunjungi utk pengetahuan ikan coba di o-fish.com dan aquariacentral.com
goodluck guys!

ALFRED
07-16-2003, 07:54 AM
Jurgen,

Jika ikan berdarah dingin seperti halnya amfibi, bagaimana korelasi temperatur rendah dengan metabolisme tubuhnya. Bisakah dijelaskan sedikit mengapa pada temperatur rendah justeru ikan trout lebih cepat tumbuh??
Seperti halnya makhluk hidup yang lainnya, ikanpun mempunyai adat yang berbeda. Sebagai contoh mamalia yang adalah berdarah panas mempunyai pola yang berbeda-beda.
Ikan paus biru (blue whale/balaenoptera musculus) ketika musim kawin pergi ke artika ataupun antartika untuk berbiak. Jelas temperaturnya rendah sekali, namun apa yang terjadi adalah berat badanya meningkat pesat sesuai penumpukan lemak ditubuhnya untuk mengantisipasi dinginnya air es, dan musim kawin di tempat tersebut (cadangan makanan). Ketika anaknya beranjak dewasa, kawanan ini bermigrasi ke laut yang lebih panas dan kehilangan berat secara bertahap. Apakah air panas menurunkan metabolisme tubuhnya?? Saya pikir bukan demikian.
Pertanyaan saya, jika bukan metabolisme, apakah yang menyebabkan pertambahan berat itu?? Apakah hormon tertentu di otak yang merangsang nafsu makan yang pada ujungnya meningkatkan penumpukan lemak dibadan ataupun pertumbuhan yang pesat??
Lagipula arowana adalah ikan tropis yang tidak bermigrasi seperti halnya ikan salmon atupun trout.
Bagaimana hasil eksperimen bung Jurgen, apakah korelasi temperatur yang nyata sampai sejauh ini.
Saya sangat berterimakasih sekali bung Jurgen mau memaparkan hasil eksperimentnya untuk kita semua. Lalu kita bisa bahas bersama-sama. Okay???
Alfred

JD Winata
07-16-2003, 10:35 AM
Iya khan dipaparkan di bahasan saya kalo itu semua ada anomali ga berlaku general, tapi lebih majemuk krn tiap kasus ,jenis dsb, lain2 reaksinya Fred?
Makanya mau dicobain dgn experimen, kalo dalam hal ini bisa kita persempit hanya utk Aro, di negara Tropis, sungai hujan, tropis, suhu muara , laut dan sungai dan climate cuaca relatif sama, dan fluktuasi suhu siang malam dan antar musim tidak jauh berbeda, jadi theory saya, distabilkan aja suhu2 normal 27'-30'C wajar.
Pertumbuhan dipacu dan diatur growth Hormone, hormone ini terus diproduksi tubuh utk pertumbuhan, pematangan seks, pemacu hormone lainnya, dan regenerasi sel2, sampai tahap tertentu dia berkurang dosisnya, sesuai kode genetik, GH berkurang setelah pertumbuhan mencapai ukuran maksimal, beralih ke kematangan reproduksi, kalau ada mutasi pertumbuhan terus jalan, timbul gigantisma, dsb dsb.
Penambahan GH bisa mempercepat pertumbuhan dgn memanipulasi gejala spt gigantisma, efek sampingnya, kematian dini dan rusaknya organ tubuh krn pembesaran diluar batas kemampuan otot dan sel.
Hasil testnya ya kalo saya bilang masih relatif, krn cuma beberapa jenis ikan, atau beberapa aro saja,
Tapi yg pasti : 1.Tempat yg luas
2.Pengggantian air secara rutin
3.Kualitas air (Oxygen level,pH,gH, Nitrite level dsb diatur)
4.Makanan maksimal dan lengkap nutrisi.
5.Interval malam siang yg seimbang utk biorhytme ikan

widi
07-17-2003, 02:22 PM
gimana kalo semua syarat untuk pertumbuhan optimum sudah dipenuhi, tapi sebelah aquariumnya ada kandang kucing. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif

beberapa buku lokal juga, mencantumkan referesi dari ilmuan eropa, seperti buku-bukunya Heru susanto tetang arowana, beberapa diantaranya memuat referensi yg pernah pak Jurgen kemukakan.

Kalo soal aro, saya lebih percaya sama orang yg sudah puluhan tahun kerja dipenangkaran arowana, seperti pak mahmud atau pedagang yg sudah 'jamuran' kayak Pak Ruly atau bung N1wan, dibanding orang eropa, wong arowana itu asalnya dari kalimantan koq. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif

cheers,
widi

rianfish
07-17-2003, 02:34 PM
yah..percayalah.....wong aro dari kalimantan koq, yg pertama berhasil ternak aro di aquarium juga orang ...................namanya Hiroshi. ..mungkin dari kalimantan jg.. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif

r1za
07-17-2003, 03:03 PM
n1wan wrote :
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">setau saya jenis aro SELAIN SUPER RED lebih relatif di tangkarkan, karena mereka membutuhkan kondisi ekologis yang stabil untuk berkembang biak, tidak seperti halnya Super Red.

Dan Â*dari informasi yang ada, yang berhasil menangkarkannya di aquarium sampai sejauh ini baru jenis RTG dan Malaysia Golden (Jepang)

Untuk super red, Indonesia/Pontianak merupakan habitat aslinya dan Indonesia/Pontianak merupakan negara penangkar Arowana super red terbesar di dunia.
[/QUOTE]<span id='postcolor'>


---------------
Siluk_ http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/wink.gif

h3ndr0676
07-17-2003, 03:54 PM
walaupun dr kecil di pungut dan di di besarkan di tank. Si aro masih punya ingetan di otaknya suasana kampung halamannya kali yach ?....

</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">....aquariumnya ada kandang kucing [/QUOTE]<span id='postcolor'>

eh..mas wid...kucing gw kalo di samping tank aro nyanyi loch...gini nich ..nich nyanyinya : ...kuching kuching hutahe.... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/sad_smile.gif

JD Winata
07-18-2003, 10:59 AM
Perkutut juga asli Indonesia tapi yg bagus Perkutut Thailand.
Ada dua hal mendasar menurut saya utk suatu ilmu pengetahuan :
1. Experimen dari hasil penelitian bersifat ilmiah
2. Pengalaman saja

Kalau menurut literatur contekan saya dari luar asia, kbetulan ttg pertumbuhan semua jenis ikan air tawar, ditest individual lwt metodology lengkap dan diuji ulang berkali kali dgn metode sampling yg cermat,
Saya gak bilang peternak Aro asia ga ngerti masalah ini, cenderung saya jamin pendapat dua sisi sama aja koq,
Meniru kondisi alam adalah secara ekologynya, temperatur, water chemistry, waktu siang dan malamnya dsb bukannya kondisi psikologis ingatan ikan dsb.
Coba anda beli dua aro, jajal dua cara pemeliharaan ini, nanti mana yg lebih cepat perkembangannya.
Cobalah utk berpikir ilmiah, apakah semua yg anda baca itu benar atau tidak, khan kita masing2 bisa menilai atau mungkin nge-test dgn eksperimen ini sendiri,
Banyak hewan/ hasil asli suatu negara lebih sukses dikembangkan di negara lain, krn org2 negara asal terlalu congkak dan merasa lebih tahu, kalo ada ilmu2 baru, mungkin aja bisa kita terapkan utk meningkatkan kualitas aro kita bukan, contoh bung N1Wan dan breeder2 lainnya di Indo mengumpulkan juga literatur aro dari Jepang dan Singapore, kenapa ga cuma nanya peternak aro aja? krn saya yakin mereka juga mau membuka mata dan telinga utk input2 baru yg bisa berguna buat kita. Heru Susanto dan penulis lain pun dari PS banyak belajar dari tulisan2 pakar Eropa.
Intinya ya ga ada salahnya mau menyimak tulisan2 pakar LN, toh ga semuanya bisa diterapkan krn keterbatasan tempat atau dana khan? msalah Percaya Ga Percaya Ya Tergantung Bagaimana Anda Menyikapinya? (he he he Iklan ANTV)

widi
07-21-2003, 10:04 AM
Orang Indonesia bukannya nggak lebih jago dari orang asing dalam soal, flora dan fauna asli indonesia.

coba cari orang indonesia yg jago nangkariin orang utan, hampir nggak ada, yg ada itu bule dari amerika (lupa gue namanya), itu kenapa karena : nggak ada duitnya.

kalau yg ada duitnya kayak aro, pasti dirahasiin. coba tanya gimana bedaiin jantan sama betina sama breeder Aro, atau tanya juga gimana supaya aronya cepet merah sama boss n1wan atau pak Rully. Sejauh yg saya tahu setelah sering kali berkunjung mereka cuma pake : kodok, udang sam jangkrik, nggak pake : astaxantin, cr3 atau cr6.

cheers,

JD Winata
07-21-2003, 10:15 AM
Ya kita di forum khan utk sharing ilmu bukan? Salute buat mrN1wan utk inisiatif buka forum aro, he's open minded dan berani memulai sesuatu yg baru ,yg mungkin kalo cuma pedagang aro biasa akan males buka forum buat public begini.
Keep Sharing info ajaa lah, sesama hobbyist, saya cuma suka kesel aja sama trik2 tipuan kayak obat2an aspal dsb, maksudnya supaya tmen2 sesama hobbyist ga ktepu