PDA

View Full Version : Ikan saya lompat lagi


Cewink
09-19-2003, 06:36 PM
Tadi sore pas saya pulang saya kaget buanget begitu saya ke akuarium aro dan nyalain lampu saya liat ikan saya sisiknya copot lagi di punggung deket kepala..plus di kepalanya ada luka meskipun gak parah hix http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/cry_smile.gif

Saya ambil kesimpulan nih ikan abis lompat dan nabrak tutup akuarium... saya tanya sama orang2 rumah tapi gak ada yang liat pas lompatnya.. dan memang setelah dikasih makan oleh pembantu saya tadi pagi( sekitar jem 08.00, saya lagi di sekolah) katanya gak ada yang merhatiin lagi, en lampu dimatiin.

Lucunya tuh ikan kayak gak abis kenapa2 ajah.. berenangnya santai.. trus liat orang seliweran di depan akuarium juga gak kenapa2.. tadi saya sempet ganti airnya juga dia fine2 ajah. tapi memang seperti biasa.. pas saya kasih makan dia gak makan( memang kalo siang dan sore jarang mau makan)

Nah.. kata temen saya sih mungkin penyebabnya dia tuh liat sesuatu yang menarik bergerak2(serangga, ato cicak?) dan dia pengen tangkep.. soalnya diliat dari parameter air dan situasi di sekelilingnya kayaknya gak ada yang memicu dia bwat lompat..

Nah, gimana menurut om2 sekalian.. ada saran? atau kira2 tau penyebabnya? sedih nih... hix hix http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/sad_smile.gif

aromanic
09-20-2003, 12:19 AM
Berapa besar sih aquarium anda dan aronya udah berapa besar? Terus tinggi permukaan air berapa? Jenis makanan yang dikasih apa?

Pengalaman saya aro melompat karena ada faktor pemicu dari luar. Mungkin sewaktu di kasih makan ia ngebet mau terkam tuh makanan sehingga terbentur penutup aquarium.

Saran saya usahakan permukaan air minimal 20 cm dari atas/penutup aquarium. Ini untuk mencegah kalaupun ikan anda melompat dia tidak akan terbentur dengan objek apapun.
Terus penutup aquarium usahakan dari bahan yang lunak. Saya pakai styrofoam dan dikasih pemberat di atasnya sehingga kalau ikan saya melopmat sekalipun dan menyentuh penutup tentunya tidak menyebabkan luka.

In the mean time, naikkan suhu air dan tambah garam untuk mencegah infeksi. Semoga membantu.

rianfish
09-22-2003, 12:30 PM
kondisi air bagus? garam jgn terlalu banyak, ph? luka di kepala, hati2..ada penyakit yg menyebabkan lubang di kepala. Saya biasa menggunakan arang bakar biasa buat di filter, cuci dan taruh di filter atas, bbrapa waktu lalu, saya beli, arang carbon (tulis bungkusnya, dgn merk Aro----, plastik hitam dan kain kasa gelap). Arangnya halus, kerikil kecil2, ternyata kepala aro saya ada titik luka, putih, saya perhatikan sptnya bukan krn lompat (lg pula jauh dr tutup), dan makin membesar tiap hari, langsung ganti air dan arang itu saya angkat, buang, luka di kepala ikan saya tetesi obat anti bacteria yg sdh diencerkan. 2 hari hilang, dan 5 hari tdk berbekas...Balik lg pake arang biasa deh...o.k watchout and take care your fish