PDA

View Full Version : LouHan management


JD Winata
06-20-2003, 01:44 PM
Hi Everyone!
Mau curhat aja, gue maen ikan udah 20thn, jaman dari nenek moyang louhan , Chilclid south american masuk ke Indo,
Asal tahu aja louhan itu ikan maenan genetika, mau buat louhan jenis apa kita bisa buat dari parent stock yg beda jantan dan betinanya, ingat bhw louhan import Malaysia kebanyakan masih anakan F2 atau F1nya ( turunan anakan pertama dari silangan) jadi kalo dikawinkan maka anak berikutnya ga akan sama 100% dgn induknya, harus pake anakan F4 keatas ( Yg ga mungkin dilakukan karna ga ada peternak yg rajin sampe memurnikan breed ke F4 keatas)
Jadi kalo miara louhan ya nikmati aja ikannya, tapi jgan harap bisa dapat anakan 100% mirip induk import,
Tips rekayasa Louhan
Kepala Benjol , suntik dan treatmen dgn GH syntethic hormone
dan GRH Hormone, dan berikan makanan yg
banyak lemak (cacing tanah)
Warna, Dgn suplemen Astaxanthin dicampur ke pakannya
Ukuran gigantisme: cari anakan yg plg bongsor dan suntik
GH hormone sebelum dewasa.
Kulit dan benjol bertekstur seperti srikaya :
Beri makanan berkalsium tinggi ( ulat HK yg ditreat makan dgn tablet kalk) dan naikkan gH air s.d. diatas 22 (pake Calsium tablet suplemen vitamin manusia)

Dan juga info buat yg ngaku2 "Pakar LouHan" bahwa kalo mau tahu kenapa org2 malaysia bisa menciptakan jenis aneh2 disono, coba anda coba cara kawin suntik rekayasa, begitulah caranya breeder malaysia menciptakan louhan baru2.
Dengan cara kawin suntik ,kita bisa mengatur jenis chiclid apa saja yg mau dicrossbreed, coba kawinkan Oscar (Astronotus Oscellatus) dengan Chiclasoma Temporale, ga mungkinkan? walau dicoba silang jantan betina 4 pasang? Pakai metode kawin suntik hanya dalam hitungan menit , asal masih dalam jenis Famili dan Ordo serta genus yg sama.
Info cara kawin suntik akan saya kirim besok lengkap dgn hormone syntetisnya.
Pesan saya , buat "pakar2 LouHan" jangan ngaku2 pakar ikan kalo cuma bisa miara ikan louhan doang,
NB: Mendingan miara Arawana lbh murni breednya.en tunggu foto hasil crossbreed ciptaan saya, oscar dgn temporalis dan sysnpillum dgn giant albino gouramy, telurnya udah netas, masih F1 tapi kayaknya pasti steril ( ga bisa bertelur lagi) karena beda sub Genusnya.

STEPHEN
06-20-2003, 03:12 PM
terima kasih sarannya bung jurgen. arowana memang paling top deh. louhan memang sekarang sudah banyak yang direkayasa. pakai disuntik silikon segala biar benjol http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif

r1za
06-23-2003, 10:09 AM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">Info cara kawin suntik akan saya kirim besok lengkap dgn hormone syntetisnya.
[/QUOTE]<span id='postcolor'>
mAU DoNG.....KOK BElum DiTuliS sIh...?

---------------
Siluk_ Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/dozingoff.gif

widi
06-25-2003, 03:50 PM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">Pesan saya , buat "pakar2 LouHan" jangan ngaku2 pakar ikan kalo cuma bisa miara ikan louhan doang,
NB: Mendingan miara Arawana lbh murni breednya.en tunggu foto hasil crossbreed ciptaan saya, oscar dgn temporalis dan sysnpillum dgn giant albino gouramy, telurnya udah netas, masih F1 tapi kayaknya pasti steril ( ga bisa bertelur lagi) karena beda sub Genusnya.[/QUOTE]<span id='postcolor'>

wah kalo gitu pak jurgen 'mbahnya pakar' nich, selain sudah duapuluh tahun piara ikan, juga udah berhasil crossbread. ditunggu lho photo-photo hasil silangannya.
sama itu gimana caranya kawin suntik, serta bahan dan alatnya. denger-denger dari breeder koi, kawin suntik itu bisa pake hormon yg diambil dari urine wanita hamil, bener nggak ya?.


cheers,
widi

JD Winata
06-26-2003, 09:35 AM
Iya bner Wid , ada bebrapa metode, pertama yg pake hypofisa hormone dari ikan donor sebagai hormone pemacu matangnya gonad, tapi repot ngambil donornya.
Cara kedua ialah dgn pakai HCG ( human chorionic gonadotropin) yg diekstrak dari urine org hamil.
Cara ketiga dgn hormon LH-RH (luteinizing hormone -releasing hormone)
Metode cara2nya cukup rumit, ga bisa dijelaskan terlalu panjang lebar disini, usul saya konsultasi aja dgn balai perikanan setempat atau beli literaturnya.
good luck

STEPHEN
06-26-2003, 09:49 AM
jurgen, ngomng ngomong canister filternya merk apa tuh,... soalnya canisternya putih... bukan hijau seperti eheim. saya pakai eheim classic untuk akuarium aro saya dan untuk community tank saya pakai proffesionel II. sama yang satunya untuk apa tuh jurgen. yang di foto sebelah kiri. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/thumbs_up.gif

JD Winata
06-26-2003, 12:38 PM
Canisternya merk Hydor Prime 30, buatan Italy, saya kirim fotonya buat contoh urutan media filter,
saya prefer ini dari pada Eheim krn, ada tray media filternya seperti ProII dan bisa diisi lubang pancing air utk start awal,
dan spare partnya lengkap sampe tutup dan tube ada semua dan murah2, prime 30 710rb , spare baling2nya Rp40rb doang
kapasitas sama dgn Eheim Clasics 2217.
Yng sebelahnya itu filter air minum biasa, gue modi dengan power head jadi canister filter dan medianya kbetulan pake ion exchange resin buat men-softkan air, canister tubenya beli 150rb, ion exchange resin 70rb, powerhead 35rb, dan selang 3 mtr, jadi deh filter murmer, kalo mau kita ganti medianya ya jadi canister filter biasa dgn kapasitas setara EHeim 2213/5