PDA

View Full Version : Mata Turun


JD Winata
07-05-2003, 09:31 AM
hi Guys,
Mau sharing info dan minta input nich,
Gue ada miara beberapa aro, jenis , ukuran dan tempat yg beda2 .
Fakta yg gue temuin:
1. Aro yg di kolam, walaupun ga disorot lampu dari atas, ada yang matanya turun.
2. Ada Aro gede di Paludarium, kalo malam disorot lampu metal halide 250W X 3 matanya ga turun
3. Ada 2 aro kecil , satu ditaruh di kamar jrg dinyalakan lampu dan satunya dipajang di akuarium komunitas rame2, dua2 agak turun matanya.
4. Arapaima saya pun matanya sebelah agak turun persis aro

Mungkin baru teori kira2 tapi mungkin saya simpulkan makanan berlemak menyebabkan mata turun, rata2 aro dan arapaima saya yg matanya turun itu doyan makan ikan mas yg fat-nya tinggi, kbetulan RTG 56cm saya doyan jangkrik dan ulat HK doang malah matanya ga turun.
baru teori nich, juga saya pernah liat operasi mata turun di JKT, yg dibuang ada lemak (bner2 lemak ikan) di atas bola mata aro.
Ada input?

BTW, louhan itu banyak lemaknya lho fellow! buktinya arapaima jadi turun matanya he he he,
Hidup Aro ,Makan LuoHan!!

h3ndr0676
07-07-2003, 10:17 AM
Nach ini, pe er yg blm terselesaikan.......
Hampir semua / kebanyakan arowana yg di piara di tank kaca ber mata turun. Penyebab : genetik,makanan lemak,setting tank dll

Ogud udah nyoba,Tank di taro serendah2...tetap aja malah turun. Tuh aro..suka ngeliat "jempol" kaki orang. Malah yg di taro kaca "lengkung" gpp,kagak turun.

But, wlaupun...matanya udah turun masih ketutup juga ama kilau warna sisik merahnya. Jadi yach nikmati aja !!!!!.......abis di tutup hordeng engga' ngeliat2 donkkkkkkkk....mana tahannnnnnnn.................. .

h3ndr0

widi
07-08-2003, 01:14 PM
SR saya dirumah dari kecil (dari sononya) sudah turun, genetik kali yach. saya beli dari boss N1wan sudah 5 bulan sekarang 28 cm matanya tetep turun walau sudah di'treat' seperti yg teman-teman atau forum bilang.

Tapi tetep aja saya suka, soalnya bodynya lebar, ring sampai level 6 sudah kelihatan, bagian kepala sudah terlihat merah.

Dulu saya beli 2 ekor, malah yg matanya nggak turun saya jual, padahal ada bakat merah juga.

cheers,
Widi

dOels
07-08-2003, 02:50 PM
Dugaan saya :
Mata turun itu adalah bawaan lahir, kemungkinan memang turunannya.
Yang saya temui 90-95 % anakan arwana (dibawah 10 cm) sudah terlihat potensi mata turun. Saya kira mata turun tidak menjadi masalah dibanding keindahan bagian tubuh lainnya. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/shades_smile.gif

Salam,
dOels

OPAL
07-08-2003, 03:00 PM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote (Jurgen Dylan Winata @ July 05 2003,09:31)</td></tr><tr><td id="QUOTE">kbetulan RTG 56cm saya doyan jangkrik dan ulat HK doang malah matanya ga turun.

Hidup Aro ,Makan LuoHan!!
eit...!!! semboyan ane nih...dipake...he he he[/QUOTE]<span id='postcolor'>
nah, kalau aro saya doyan makan jangkrik, tapi matanya tetep turun, gugur lagi hipotesa bung Klinsmann (ups Jurgen deng)... atau kita mesti kasih 100.000 an bebreapa buah di atas akuarium kali ya, biar matanya NAIK, nggak turun.. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif

salam,
OPAL http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/shades_smile.gif

ALFRED
07-10-2003, 11:17 PM
Letak akuarium, letak kolam, dekorasi dan lalu lintas orang dan jalur lintas "kebiasaan" ikan akan berefek paka mata turun. Mata arwana selalu alert (awas) pada segala sesuatu. Yang perlu dijaga adalah terhadap apa keawasan ini terarah. Aro saya di akuarium sudah 50 cm tapi matanya tidak turun. Saya taruh dalam akuarium yang dekat tangga ke lantai 2. Mungkin matanya selalu alert dengan orang yang lalu lalang di tangga, baik yang naik ataupun turun tangga. Nggak pake hordeng kok...!

masteguh
07-11-2003, 08:14 AM
Kalo saya mah analisanya beda soalnya Ikan saya dan Tanknya berdampingan antara RTG dan BR namun yang BR matanya turun sebelah,mungkin ya..mungkin Ikan saya itu suka "ngelirik"ke sebelah soalnya pada saat mau di kasih makan saya beri yang RTG dulu,nah...pada saat saya beri Si-BR nih ngelirik dan sambil ngedumel dalam hatinya "kok gue nggak di kasih atau aduh giliran gw lama bangat nih...ini terjadi hampir terjadi tiap hari,..makanya matanya turun sebelah yang kanan krena kebiasaan ngelirik ke kiri.... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif

STEPHEN
07-11-2003, 09:11 AM
mata turun,...aronya rajin ngontrol dasar aquarium. siapa tahu nemu cebanan... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/hehe.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif

widi
07-11-2003, 03:05 PM
dulu awal-awal piara aro, belum ngerti kalo piara aro harus gimana piara aronya (aquarium setup, makanan, obat dll), saya piara banjar red dari ukuran 14 cm di aquarium ukuran 80 cm, bawahnya kaca cermin dan tidak pernah ditutup, matanya nggak turun. agak gedean saya pindah ke aquarium cembung ukuran 1 meter, bawahnya cermin juga airnya tinggi, juga nggak sampe turun tuh matanya. sekarang (udah hampir 1 th) dibeli teman saya, panjangnya sudah 55 cm matanya tetap bagus, walau dia (teman saya) nggak ngerti juga pelihara Aro.

Kalau SR (10 cm) saya memang dari ambilnya udah turun.

cheers,
Widi