PDA

View Full Version : Aturan pakai ozonizer


rmsun
07-05-2004, 05:43 PM
Hallo teman2 saya punya pertanyaan nih,air pam dirumahku sepertinya banyak bakteri/parasitenya soalnya setiap air aqua pake air pam aroku pada kayak kegatelan ngibas2in sirip bawah kebadan sambil menyentak2an badan dan ikan jd pesakitan. padhal setiap saya ganti air aqua air pamnya selau saya tampung di beberapa drum plastik di aerasi 24jam dan di beri filter eheim kecil di tiap tong ( isi eheim pake karbon dan kapas) setiap 1 bulan saya ganti media filter dan saya menemukan banyak sekali cacing2 kecil pjg kira2 5mm apa kah cacing itu berbahaya? saya ingin mencari solusinya utk mensterilkan air pam karena gh nya cukup soft dan lbh mudah mengatur PHnya dibanding air sumur saya(PH 8,6).
saya baca di forum pake ozonizer.
saya baca Mas JD pernah menulis 1-2jam sehari didalam aqua tidak boleh terlalu lama (karena mungkin ada efek thdp aro)
sekarang kondisi saya berbeda ingin mensterilkan air penampungan jadi harus Berapa lama ozonizer diaerasi ditong supaya bisa membunuh semua bakteri?(mensterilkan air)
apa efeknya thd aro bila saya mengaerasi ozon air penampungan lbh dari 2 jam?
Bagaimana cara membunuh kuman yang sudah terlanjur masuk ke dalam aqua (dngn tidak menguras total karena aronya baru beli 3 hari masih stress)
sedikit keterangan ozonizer saya merk resun kapasitas 0.25g/h
mohon petunjuk dari teman2,Terimakasih,dan salam untuk semua.
http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif

JD Winata
07-05-2004, 09:15 PM
Ozone kdu pake airstone yg halus sekali (pake yg jenis ceramic pored) mau dipakai di penampungan juga ga pa pa koq, Boleh juga dipertimbangkan UV sterilizer kalo mau lengkap anti bakterinya.

Ingat lho kalo cacing2 halus dan jasad renik ga bisa dibunuh pake O3 atau UV sterilizer , kudu pake anti external parasite /anti crustachea , atau mau sederhana mur-mer pake abate sesuai dosis di kemasannya.

rmsun
07-06-2004, 01:05 PM
Thanks atas sarannya yang sangat membantu saya. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif