PDA

View Full Version : TUTUP AQUARIUM ANDA


aromanic
04-12-2003, 01:34 AM
Buat Aromania yang sampai saat ini bandel dan belum menutup aquarium anda rapat rapat dan berpikir bahwa hmm my aro will not be possible to jump out from the tank well...think again because mine just did.

Wah saya ini sedih bangat karena setengah jam yang lalu Â*nemuin arowana saya telah tergeletak di lantai dalam keadaan tidak bernyawa. Jenis ikan saya Golden Red ukuran lebih kurang 20 cm. Sudah saya perihara selama 2,5 bulan.

Sebenarnya aquarium saya itu saya tutup dengan rapat cuman ada bagian ujung dimana terdapat filter samping yang agak terbuka sedikit dan ikan itu melompat keluar dari sana.

Penyebab ikan tersebut melompat saya tau pasti karena kepergok pembantu saya "main-main" dengan aro saya tercinta dengan mengetok-ngetok kacanya sehingga ikannya ketakutan dan sudah agak "jumpy" sewaktu pembantu saya itu saya tegur untuk segera menghentikan actionnya.

Waktu itu jam lebih kurang jam 8:45 pm. Jam 10 sewaktu mau tidur saya cek ikannya masih ok dan masih berenang menuju posisi saya berdiri untuk "say hi". Jam 00:20 am sewaktu saya terbangun saya pergi ngintip lagi waduh terkejut bukan main melihat seekor ikan di lantai. Pertama saya pikir "shit that's my super red". Ternyata setelah saya cek semua ikan, yang lompat itu adalah my golden red. Estimated time of death 11:15 pm.

Dua hal yang perlu diambil hikmahnya:
1. Tutup aquarium anda rapat-rapat dengan pemberat diatasnya sehingga ikan anda tidak mungkin dapat menerobos tutup tersebut. JANGAN DITUTUP DENGAN DAUN PISANG...sorry lagi kesel nih.
2. Jauhi semua faktor-faktor yang dapat menyebabkan aro stress baik itu pembantu, kucing, anjing atau kerbo (eh...siapa ya yang piara aro dan kerbo sekalian http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif?)

Teman-teman punya pengalaman yang sama tolong ceritain. Thanks.

dOels
04-12-2003, 03:07 AM
Super-red,
Salah satu kematian aro yg tinggi adalah berada lama di luar air alias melompat keluar. Setelah melihat keadaan tutup akuarium, saya telah mengingatkan 3 (tiga) rekan saya hal seperti itu, mungkin dianggapnya enteng, tiga2nya mengalami hal yg sama : " aro keluar akuarium, dua tewas "

indrakusuma
05-26-2003, 04:48 PM
http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/cry_smile.gif

Punya saya mengalami hal yang sama. Padahal seharian saya pelototin karena RTG yang baru saya beli (12 cm) sehat dan keren punya.

Semalem, saya kaget bukan main, si Aro tergeletak di lantai, sudah nggak gerak sama sekali. Saya masukin kembali ke akuarium, posisi badannya vertikal di tengah air, tidak bergerak. Saya yakin ini ikan masih hidup. Saya masukin pompa tambahan, dan benar 1 menit kemudian ikan ini mulai menggeliat, dan akhirnya bergerak!

Cuman saya masih sedih banget karena sirip bawahnya robek persis di pangkalnya dan punggungnya sisiknya mengelupas. Saya yakin ini bisa pulih, tapi sedih banget rasanya. Baru 30 menit sebelumnya saya mengagumi ini ikan, eh sekarang gerakannya nggak lagi seperti dulu.

Saya butuh info, apakah sirip yang robek sebaiknya dipotong saja, atau dibiarkan saja tumbhu alami ? Apakah ada obat yangbisa mempercepat pemulihan sisik dan siripnya ?

randiaro
05-26-2003, 05:44 PM
Turut bersedih dg kejadian2 tsb.....
Mudah2an hal ini menjadi perhatian penting bagi kita semua....

dOels
05-26-2003, 05:57 PM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">Saya butuh info, apakah sirip yang robek sebaiknya dipotong saja, atau dibiarkan saja tumbhu alami ? Apakah ada obat yangbisa mempercepat pemulihan sisik dan siripnya ? [/QUOTE]<span id='postcolor'>Bergantung robekannya. Kalau robeknya seperti di bawah ini tidak perlu dipotong.
http://gallery.o-fish.com/aromedic
http://gallery.o-fish.com/albums/aromedic/aam.thumb.jpg
Robek horizontal pada sirip bawah, perlu dirapikan dg dipotong.
http://gallery.o-fish.com/albums/aromedic/aah.thumb.jpg

antonlucky
05-27-2003, 09:03 AM
Turut berduka cita, Pengalaman saya juga sama, waktu itu tutupnya kurang berat sehingga sewaktu ikannya stress & dikagetin sama anak saya ikan langsung lompat keluar dan kebetulan saya masih diruang keluarga sehingga ikannya tertolong dan sekali lagi waktu tutupnya tergeser sama pembantu RT saya dan ikannya juga melompat keluar dan kebetulan orangnya masih disitu dan juga tertolong.
Dari dua pengalaman saya, sewaktu ikannya masih dilantai jangan diangkat pakai tangan karena bisa menyebabkan luka/lecet pada sisik ikan, tetapi pakai kain yg dibasahkan sehingga ikannya seolah-olah dibungkus pakai kain dan tidak licin sehingga ngampang diangkat dan ikannya tidak berontak.

seiyu
08-11-2003, 07:39 PM
Aku juga mo share neh. pernah juga Tank air nya aku kurangi sampai 1/2. tujuan nya seh agar lompatnya gak sampai keluar. nyatanya keluar juga tuh aro. mending tutup rapat2 deh tuh tank.....