PDA

View Full Version : IonExchange resin filtration


JD Winata
08-05-2003, 07:19 PM
Mas teguh,
Ikan airtawar di region AsiaTenggara dan South America umumnya hidup di air yg sifatnya rada asam (pH6.3 -6.5)
dan lunak (gH8.0-10) lunak ini maksudnya minimkadar mineralnya (terutama Ca dan Na terlarut jenuh)
Pada kondisi yg demikian ikan tersebut dalam kondisi optimal (sesuai kebutuhan alaminya) dan ideal.
Memanage pH mudah , dgn beli jadi pH up atau down atau pake formula saya (artikel water chemistry) nah sulitnya kalo memanage hardness air, menaikkan gH mudah saja , tambahkan aja materi2 yg mengandung Calcium (pecahan koral, karang laut, pasir laut) menurunkan gH yg susah, pertama kalo kbetulan masih rendah kadar gHnya (<12.0) bisa dgn extract black water, tetapi diatas gH12.0 harus pake system reverse osmosis atau ion exchange resin utk menghilangkan Na dan Ca terlarut.
Reverse osmosis (membrane vibrated method) efektif sekali namun air menjadi total demineralized (air suling murni H2O) tidak ideal juga utk ikan,
Ion Excange resin ada bermacam type, system kerjanya dgn teori anoda katode ion, ion2 Ca dan Na bermuatan positif, maka akan tertarik ke resin (media) berion negatif, semacam magnet filtering lah.
Ada yg juga utk ion negatif , tergantung kebutuhan kita , kalo dua2 dikombinasikan hampir sama dgn reverse osmosis , air jadi tanpa mineral, kebutuhan utk aquaria adalah type yg pertama, kebetulan sekali type resin ini yg umum dipakai utk filter air minum rumah,
Coba lihat di gallery saya yg ttg filter, ada gambarnya, tube tersebut adalah standard filter air minum (hrgRp80.000-150.000 kosong) lalu isinya beli ion exchange resin (krn macam2 type medianya ada yg arang, wool halus 5 micron, dsb) nah lalu dimodifikasi dgn selang dan powerhead.
Kalo saya kebetulan saya pararel di output hosenya canister filter, jadi air yg sudah bersih dilunakkan , ion exchangenya ga cepat kotor krn air sudah terfilter.
Lama pemakaian ga nonstop, hanya sampai parameter air udah cukup lunak (test gH) utk bongkar pasang saya pake quick coupler system gardening equipment jadi ga repot lepas pasang selang.
Tujuannya cuma mau menkondisikan air ideal aja buat ikan saya, ga fatal koq kalo ga pake, cuma kalo kbetulan pake air tanah di daerah pantai atau dekat endapan kapur, alat ini berguna sekali utk mencapai kondisi ideal ikan anda.
Ciri2 air dgn hardness tinggi, test sederhana siram air ke kaca biarkan sampai kering lalu perhatikan ada tidak sedimen putih kapur pada kaca, jika ada dan visible dgn mata telanjang maka kira kira gHnya >16, tidak akan membunuh ikan hanya warna akan agak pucat (kecuali chichlid Africa dan Koi)

yaq
08-05-2003, 09:53 PM
Mas JD,
Pada kaca akuarium di rumah saya banyak terlihat endapan putih, apakah ini juga menandakan hardness air di rumah tinggi? Tube utk filter resin ini belinya dimana ya?

Trims.
kurdi

JD Winata
08-05-2003, 10:34 PM
Bisa ya atau tidak, kalau aquarianya udah lama itu normal endapan kumulatif, kalo baru lsg ada endapan, itu menunjukkan hardness yg tinggi, atau mau lbh tepat pake test kit hardness ( lagipula kalo air itu dipake buat air minum bisa menyebabkan batu ginjal lho krn Ca Na tinggi)
tube filter beli di toko filter air minum rumah tangga atau di toko2 bangunan yg lengkap.
hardness tinggi ga akan membunuh ikan, pH lbh penting sebenarnya.

masteguh
08-06-2003, 07:55 AM
makacih banyak Boss JD, atas petuahnya.
slama ini sy pake hanya ukuran kira2 dan instink aja http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif dlm memelihara ikan....(soale terbatas dgn modal:red)

salam
teguh2

masteguh
08-06-2003, 08:01 AM
OO pantesan bung Jur di saya banyak sekali endapan putihnya,terutama pada saat mau kuras air sehingga aro kadang ngambek karena "gosokanya" terlampau ekstra...,dan hasilnya RTG saya warnanya kalah "kemilau" dengan BR padahal pada waktu kecil Ok tuh warnanya sekarang sekitar 27Cm lebih kurang,memang sih belum di coba pakai "doping" seperti yang di coba bung Jur,tapi saya tertarik juga sih soalnya selama ini saya kasih makanan yang nature aja(emang dia sukanya Jangkrik ajah),dan saya tertarik juga nih dengan suplemen "Kerak telor" yang di tumbuk halus dan di suntikan ke pakan untuk membangkitkan bleubase nya seperti yang sudah di coba bung Erwin atas petunjuk bung Jur katanya.....
Tips mengurangi Hardness air yang tinggi akan sya coba dulu deh...

Thanks atas masukanya

masteguh
08-06-2003, 08:04 AM
Info juga bung sebenarnya yang pake login saya ada yang gadungan sebenarnya dia hendro alias H3NDR0767
Eh...dro mau coba "kerak telor gak?"

JD Winata
08-06-2003, 08:56 AM
He he udahlah namanya juga forum ada yg iseng ada yg kritis dsb, santai aja anggap aja bumbu.
Kalo ga ada yg kayak gitu khan jadi ga seru, kadang2 lbh seru nonton org berantem daripada liat org2 rukun2 khan? he he
Semoga tips ttg hardness bermanfaat utk optimalisasi ikan anda, kbetulan di Bali lapisan air tanahnya pas di bawah layer limestone (kapur) gH sampai >20! kalo buat saya udah jadi keharusan pake ion exchange.

STEPHEN
08-06-2003, 10:15 AM
helo.........masteguh....kalau gak salah kulit telor yang ditumbuk itu mah buat ngobatin sungut bener gak wind and jurgen...... anyway....i'm baaaaaaaaaaaaaaaack.

JD Winata
08-06-2003, 10:24 AM
Sorry sorry kerak telor itu istilah doang, suplemen bluebase itu namanya violaxantin, kayaknya harus kombinasi dgn astax, hasilnya jadi bluebase (ada efek keluar warna hijau/ungu di daerah gill cover) coba liat ntar di gallery deh, RTG blue, udah biru tegas ,ukuran ikan cuma 18cm.

h3ndr0676
08-06-2003, 11:02 AM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">Info juga bung sebenarnya yang pake login saya ada yang gadungan sebenarnya ...[/QUOTE]<span id='postcolor'>
he he he..siapa suruh pake PC keong gw,...password e lo udah tersimpen di sini. Jgnkan e lo e-mailnya Pak Komandan aja JEBOL he he he. (sorry yach..si tukang isenk:red)

Boss JD,...eksprimen mijah aro donkK.....
kan banyak tuch yg eksport ke JEPANG.

Nach kalo aro Jepang di kawin nin ama aro Bali...nanti anaknya ...namanya MADE in JEPANG (Made=sebutan orang bali)..... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif

JD Winata
08-06-2003, 12:29 PM
He he he gile lu Ndro! ga punya fasilitas sich , nanti mungkin kalo dapat lahan, tapi waktunya pasti ga cukup, Yang pasti gue pasti gue share hasil2 experimen ke ente2 semua OK?

yaq
08-06-2003, 01:28 PM
Maturnuwun mas JD,
saya akan coba tipsnya. Soalnya air di rumah juga saya pakai utk breeding discus, kalo airnya sudah lunak kan enak gak perlu repot2 nyiapin air khusus utk breeding.

Arowana
08-06-2003, 02:06 PM
How zeolite resin works

The softening process removes excess hardness by using a zeolite medium. The most common form is sodium zeolite, with the Na2Z symbol. Typical sodium zeolite actions on hardwater are:

CaSO4 + Na2Z =>Na2SO4 + CaZ

Mg(HCO3)2 + Na2Z => 2NaHCO3 + MgZ

============================== ================

Bisakah batu Zeolit ganti Ion Exchanger ?

JD Winata
08-06-2003, 05:31 PM
Lai mas Aro, jenisnya zeolit resin Kode Na2Z tapi bukan zeolit stone yg biasa kita temuin, lebih seperti turunan dgn senyawa Katalisator resin base , cara kerjanya yg seperti mas Aro tulis, contoh pertama menggantikan ion positif (Ca/penyebab hardness tinggi) dan contoh kedua itu Mg (magnesium/senyawa logam berat ,very harmful).
Beda dengan zeolit batu, tapi prinsip menyerapnya sama hanya tidak terjadi pergantian ion.
Ion exchange resin filtration memang dipergunakan dlm industri filter air minum utk menghilangkan mineral berbahaya penyebab batu ginjal, maupun logam berat .Paling mudah beli jadi aja ,sekitar Rp75.000/tube bisa dipakai lama sekali dan direcharge dgn konsentrate garam tinggi dgn metode backwash.

r1za
08-07-2003, 10:40 AM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote (JD Winata @ Aug. 06 2003,10:24)</td></tr><tr><td id="QUOTE">Sorry sorry kerak telor itu istilah doang, suplemen bluebase itu namanya violaxantin, kayaknya harus kombinasi dgn astax, hasilnya jadi bluebase (ada efek keluar warna hijau/ungu di daerah gill cover) coba liat ntar di gallery deh, RTG blue, udah biru tegas ,ukuran ikan cuma 18cm.[/QUOTE]<span id='postcolor'>

Prof. Klau utk RTG bukannya pake betacaroten & spirulina...?

JD Winata
08-07-2003, 11:00 AM
kalo dari literatur ya, spirulina itu efek mengkilapkan/ memantulkan kilauan, kalo betacarotene itu di tubuh ikan bisa disintesa jadi Astax. kalo kbetulan ikannya bisa mensintesanya (koi, koki, herbivore fish) tapi kalo ikannya ga bisa mensintesa (carnivore fish) maka BC jadi pigmentasi orange kekuningan.
Saya pernah jajal Bloodparrot jadi orange dgn diet betacarrotene, tapi bgs lho, orange fluorescent, tapi di Aro ga mungkin orange kayak gitu, plg rada2 merah, kalo astax itu pasti lari ke pigmentasi merah, violaxanthin lari ke pigmen biru/ungu.
Sekali lagi suplemen ini hanya memacu kalo genetis ikan tsb bisa keluar warna2 tsb sesuai peta genetisnya ,tapi ga akan merubah warna total spt RTG jadi warna SR .

yaq
08-09-2003, 02:23 PM
Mas JD,
kemarin saya cari tabung utk filter ion exchanger. Saya cari di toko perlengkapan filter air minum. Dan memang barangnya ada, cuman harganya itu lho, jauh banget dg ancer2 yg mas JD berikan. Toko ini pasang harga 300rb .... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif Padahal ancer2nya kan cuma 80-150rb. Ada yg tahu di jkt berapa ya harga tabung ini?

JD Winata
08-10-2003, 06:28 AM
Yaq, tabung kosong Taiwan hrg 125Rb, kalo lokal merk Lakoni Rp.85rb, Ion Exchange resin media filternya Rp.75rb, coba check aja, kudu lbh murah kalo di Jkt.