PDA

View Full Version : Kualitas Air


kutabeach99
12-21-2002, 02:20 PM
Yuk Kitas Diskusi dan Tuker Pikiran tentang : Apasih Kriteria kualitas Air Yang Baik Buat Aro di Akuarium ? Apa Aro itu memang sangat membutuhkan kualitas air di Akuarium seperti harus memenuhi level PH, kesadahan, amonia tertentu ? Soalnya kayaknya Aro itu ikan bandel. Apa mengkondisikan kualitas air dan lingkungan sama seperti aro dihabitat aslinya sangat menunjang pertumbuhan dan kualitas aro ? Bagaimana kriteria filter yang minimum di akuarium ?

Tolong ya Pak Komandan, Bung Doels dan para pakar lain ngasih comment.


Salam,

wow
12-22-2002, 12:39 AM
..betul sekali kalau aro itu ikan bandel. buktinya, aro adalah ikan 'purba,' yang walau sudah melalui perjalanan waktu puluhan ribu tahun, bentuknya masih tidak berubah banyak (kata'nya lho, dari buku-buku aro yg saya baca).

Karena itu, kualitas air yang cocok utk aro, sepertinya TIDAK harus sempurna, tapi yang penting dalam batas toleransi ikan jenis arowana, dan, sama pentingnya, KONSISTENSI dari 'living condition' yang kita berikan di akuarium/bak.

Maksudnya, kalau PH di 7, di-usahakan semaksimal mungkin utk KONSISTEN di 7 setiap hari sepanjang tahun, walau, misalnya ada yang bilang PH 6 lebih bagus.

Buat yang ingin memberikan kualitas air yang sempurna, yang tentu kita semua inginkan, ini tentunya boleh saja, dengan syarat, kita bisa memberikan kondisi yang serupa terus menerus.

Maksudnya (sori nih aggak ribet cara saya coba nge-jelas'in-nya), air utk piara aro tidak harus sempurna, asal konsistensi di-pertahankan, selama dalam batas toleransi aro.

Jangan sampai, misalnya, minggu ini waktu ganti air pakai air yg sudah di-endapkan, minggu depan air keran langsung. Atau, ganti air minggu ini 20%, minggu depan ganti 60%, yang tentunya akan menimbulkan fluktuasi PH.

Atau, minggu ini pakai water conditioner, minggu depan tidak. Dan hal-hal serupa yang bikin kondisi sekitar aro tidak konsisten, sebaiknya dihindarkan..?

Selebih dan sekurangnya mohon maaf dan maklum.

arwan
12-23-2002, 09:41 AM
Setuju!
Konsistensinya itulah yang paling sulit

dOels
12-23-2002, 11:02 AM
Sependapat dengan Bung Wow dan Bung Arwan,
Kalo dari air tanahnya sendiri sih mungkin stabil ya?
Yang membuat tidak stabil biasanya hasil dari metabolisme aro dan sisa2 makanan. Untuk rawat aro di akuarium mungkin nggak masalah. Kalau untuk breeding mungkin mesti diciptakan mirip habitat aslinya. Untuk membuat stabil itu memang memanfaatkan filter dan alat2/tindakan lain. Penggantian air, penyifonan dan menjaga kebersihan adalah antara lain dari tindakan2 itu. Saya juga mau coba menggunakan air tanah di daerah pantai.

Salam,

N1WAN
12-24-2002, 11:39 PM
Pendapat saya;

</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">Apasih Kriteria kualitas Air Yang Baik Buat Aro di Akuarium ? Apa Aro itu memang sangat membutuhkan kualitas air di Akuarium seperti harus memenuhi level PH, kesadahan, amonia tertentu ?[/QUOTE]<span id='postcolor'>

YA Aro sangat membutuhkan kualitas air di aquarium yang stabil dengan PH, kesadahan, kadar amonia dan kandungan oksigen terlarut tertentu di batas toleransinya, minimal di batas bawah dan batas atas toleransinya untuk dapat hidup.

</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">Apa mengkondisikan kualitas air dan lingkungan sama seperti aro dihabitat aslinya sangat menunjang pertumbuhan dan kualitas aro ? Bagaimana kriteria filter yang minimum di akuarium ?[/QUOTE]<span id='postcolor'>

Sangat menunjang pertumbuhan, kualitas aro dan kesuksesan penangkaran secara maximal.

Tidak hanya kualitas air saja yang diusahakan dikondisikan seperti dihabitat aslinya, agar di dapatkan pertumbuhan kualitas aro secara maximal, tetapi juga lingkungan aquarium (background warna gelap), kecukupan sinar matahari, atau lighting yang mengandung sinar matahari.

Filter minimum adalah internal filter, filter terbaik adalah ganti air rutin. Semakin minimum filter yang dimiliki, semakin banyak populasi aro di aquarium dan semakin kecil volume aquarium, dianjurkan sering ganti air 20-30%.

Superet
12-28-2002, 01:00 AM
ikut nimbrung yah.. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif
Sampai dgn saat ini saya masih bingung yg di maksud dgn PH air.. gimana cara tahu PH air yg pas utk aro kita? karena selama ini saya selalu pake air lsg dr keran air . saya tdk punya tmp penampungan air.. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/cry_smile.gif
tapi lou han saya sehat2 saja... hari ini saya baru membeli seekor Aro, apa boleh saya pake air lsg dari keran? apa efeknya nanti buat pertumbuhan aro?
Terima kasih.... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif

N1WAN
12-28-2002, 07:21 AM
http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/wow.gif Â*JANGAAAN, BERBAHAYA dan DILARANG KERAS sangat tidak dianjurkan menggunakan air langsung dari kran, harus diendapkan, diinapkan dan di aerasi terlebih dahulu minimal 1 hari.

Arowana sangat sensitif terhadap chlorine. Beberapa rekan kita, mengalami musibah aronya tewas karena mengisi air langsung dari kran, walaupu jumlahnya tidak banyak.

Semoga saya tidak telat memperingatkan ...bilapun telat semoga tidak apa-apa aronya http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif

dOels
12-29-2002, 09:59 AM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">ikut nimbrung yah..
Sampai dgn saat ini saya masih bingung yg di maksud dgn PH air.. gimana cara tahu PH air yg pas utk aro kita? karena selama ini saya selalu pake air lsg dr keran air . saya tdk punya tmp penampungan air..
tapi lou han saya sehat2 saja... hari ini saya baru membeli seekor Aro, apa boleh saya pake air lsg dari keran? apa efeknya nanti buat pertumbuhan aro?
Terima kasih.... [/QUOTE]<span id='postcolor'>Saya mengucapkan "selamat" bila belum punya penampungan air dan atas keberanian menggunakan air lsg dari keran. Mungkin arwana akan baik-baik saja, tetapi tinggal menunggu "godot". Ada yg menggunakan cara itu selama beberapa tahun dan godot yg "ditunggu" ahirnya datang juga. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif

Superet
12-29-2002, 05:10 PM
Terima Kasih teman2 buat replyesnya... akan saya usahakan cari penampungan air... oiya bang Doels " GODOT" itu apa sih? http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif

r1za
12-31-2002, 09:38 AM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote (Superet @ Dec. 29 2002,17:10)</td></tr><tr><td id="QUOTE">oiya bang Doels " GODOT" itu apa sih? http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif[/QUOTE]<span id='postcolor'>

http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif Â*kalau tdk salah menanti kematian gitu, benarkan B.dOels..?

Lam Aro