PDA

View Full Version : EFEK LAMPU TERHADAP ARWANA GOLDEN


arwan
12-16-2002, 12:13 PM
Setelah membaca diskusi efek lampu terhadap Super Red, saya mencoba aplikasikan pada arwana golden saya.
Hasil pengamatan dimana lampu Silvania plant growth 30W dinyalakan 12-15 jam sehari selama 2 minggu berturut-turut menghasilkan keuntungan positif bagi perkembangan warna sisik emas arwana. Warna emas semakin bertambah kuning dan yang lebih bagus lagi, beberapa sisik dibaris kelima yang biasanya gelap mulai muncul titik-titik kilau emas. Ada 3 sisik yang muncul emasnya dua minggu terakhir ini.

Dan untuk sementara bisa disimpulkan bahwa efek lampu selain bermanfaat bagi warna sisik super red juga bermanfaat untuk perkembangan warna emas arwana golden.

Sebelumnya saya cuma menyalakan lampu 2-4 jam sehari, karena dari literatur yang saya baca, arwana golden "kurang bagus" disinari lama-lama. Tapi ternyata argumen itu tidak benar bagi aro saya.

Tapi efek negatif yang saya dapat adalah lumut lebih cepat tumbuh di dinding akuarium karena sering mendapat sinar lampu, apalagi lampu yang saya gunakan memang untuk pertumbuhan tanaman. Tapi yang pentingkan sisik arwana lebih berkilau bukan?

Selamat mencoba!

dOels
12-16-2002, 06:10 PM
Betul Bung Arwan, untuk arwana Golden Red, saya telah mencoba berkali2 hasilnya memang lumayan. RTG rekan saya yg levelnya 3 1/2 tambah jadi 4 full, padahal cuma menggunakan cahaya lampu merek hitachi. Beberapa pekan lalu saya melihat di pedagang RTG yg warnanya bagus, setelah saya tanya ternyata RTG dulu yg warnanya kusam, setelah di sinar (mentari tengah hari) selama dua bulan.

Martin
12-17-2002, 08:52 AM
Bravo utk Arwan & Doels,

Penemuan bahwa Golden juga membutuhkan pencahayaan seperti Superred merupakan fakta yg menarik. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif