PDA

View Full Version : LAMPU merek NAN 15 Wtt


dOels
11-28-2002, 10:22 PM
Lampu NAN Underwater 15 W ternyata berbeda dg yg 20 atau 30 W. Warna yg ditampilkan ikan tidak seindah lampu yg lainnya.Tampilan warnanya putih tidak kemerahan. Merek Hitachi walau tampaknya lebih putih tapi bisa "memunculkan" potensi warna merah, atau lainnya. Bagaimana rekan2 ada yg pernah gunakan NAN 15 W?

N1WAN
11-29-2002, 12:35 AM
TL lampu NAN yang beredar di pasaran ada yang asli dan ada yang palsu:
- yang palsu ada logo mitshubishinya, tiga berlian
- sedangkan yang asli tidak ada lambang tiba berlian

Hitachi bagus sebagai sarana penerangan untuk melihat aro agar tampil indah + cakep (nuansanya adem ke mata, sinarnya putih dll) akan tetapi tidak membantu dalam perkembangan/pematangan warna khususnya pada super red. karena unsur ultravioletnya kurang/kecil.

dOels
11-29-2002, 05:44 AM
Mungkin sebaiknya kalo beli lampu bawa ikan mas warna warni dalam kantong plastik kecil, lebih afdool. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif

arwan
11-29-2002, 08:24 AM
Saya pakai lampu khusus buat green house. Mereknya susah amat diingat, buatan Jerman. Lampu itu didesain untuk rumah kaca yang berisi tanaman tropis agar tetap bisa berfotosintesis walaupun tidak ada matahari di musim dingin (Eropa). Jadi bukan lampu akuarium sebenarnya, karena toko-toko nggak punya lampu NAN yah terpaksa ambil yang itu. Lumayan mahal, harganya 4x lipat lampu Hitachi dengan watt yang sama.

N1WAN
11-29-2002, 08:49 AM
Arwan,
Bagusnya memang lampu aquarium seperti yang Arwan punya, jadi bisa benar-benar menggantikan sinar matahari paling tidak.

Untuk ikan khususnya aro banyak penghobbiest tidak menyadari pentingnya lampu aquarium yang baik (yang mengandung unsur ultraviolet), untuk aro super red penting sekali bagi perkembangan warnanya, itu sebabnya mengapa bila aro di dipelihara di klolam terkena sinar matahari warna lebih cemerlang dan cepat developmentnya (percuma juga bila kolamnya dalam lebih dari 1 meter, karena aro akan ke bagian paling dalam bila siang terik), begitu di pelihara di aquarium warnanya pucat dan pudar, hal ini disebabkan lampu aquarium yang dipakai kebanyakan tidak memadai dan tidak mengandung unsur ultraviolet.

Bila kita memelihara ikan air laut beserta tanamannya, ataupun tanaman hias air tawar akan menyadari begitu pentingnya lampu aquarium, bila tidak memadai, bukan saja warnanya luntur akan tetapi menyebabkan tanaman air laut, tanaman air tawar layu dan perlahan mati.

Pilihan yang termurah dan bagus ya NAN bila beli TLnya aja. Selanjutnya antara lain :
- Silvania Plan Growth(German) mungkin ini ya Arwan
- Arcadia freshwater atau original (Inggris)

arwan
11-29-2002, 11:51 AM
Ya kayaknya merk Silvania, thanx N1wan.
Biasanya para gardener Eropa fanatik dengan tanaman tropis, jadi mereka banyak mendirikan green-house untuk menciptakan suasana tropis. Para produsen lampu pun tidak ketinggalan memenuhi keinginan gardener tsb, untuk menciptakan lampu yang bisa mewakili sinar matahari.
Kualitasnya saya kira sama dengan NAN Jepang, harganya lebih mahal karena Eropa lebih jauh dari Jepang.
Benar kata N1wan, ikan, karang dan tanaman laut lebih banyak variasi warna karena lebih intens kena sinar matahari.

ickey
12-01-2002, 10:39 PM
dari penjelasan bro semua tentang pengaruh lampu pada perkembangan warna aro...aku ada sedikit pertanyaan...
gemana kalo lampu akuarium biolite merk Luxram dikombinasikan dengan lampu UV yang biasanya dipake buat ngetes keaslian uang...apa pengaruhnya sama dengan lampu aqua planted?
maksudnya apa lampu UV yang biasa dipake utk ngetes keaslian uang cukup memadai utk menggantikan sinar matahari?
karena aku punya lampu UV yang utk ngetes uang itu ukurannya 20watt...kha lumayan kalo bisa berpengaruh buat perkembangan warna aro http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif

N1WAN
12-02-2002, 09:49 AM
ickey,
Saya belum pernah mencoba lampu biolite dari luxtram, atau lampu pengetest uang, seberapa membantunya dalam perkembangan warna aro super red. Yang saya sudah coba beberapa TL yang telah saya sebutkan di atas. Mungkin rekan-rekan yang lain ada yang coba.


Percobaan:
http://www.n1wan.com/images/213-1310_IMGa.jpg
menggunakan lighting aquarium biasa, luxtram dan hitachi, lama seminggu, background sama hitam, makanan sama, ph air sama, hasil warna berubah pucat dari hari ke hari)


http://www.n1wan.com/images/205-0579_IMGa.jpg
(menggunakan lighting khusus plant growth silvania dan NAN, lama seminggu, background sama hitam, makanan sama, ph air sama, hasil warna berangsur-angsur matang kembali, ke kondisi semula )

Koreksi atau tambahan masukan atas percobaan di atas dari rekan-rekan yang lain, dipersilahkan.

RON
12-28-2002, 01:07 AM
Saya member baru, mao belajar nich. Tentang lampu NAN, biasanya kita kalo beli, dapet TLnya merek TFC, kalo beli di Surya Mas. Nah, ada yg tau gak, lampu TFC ini mengandung sinar ultraviolet atau tidak.

Thanx banget. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif

N1WAN
12-28-2002, 10:30 AM
Ron,
Salam kenal dan mat bergabung.
Setau saya lampu TL bawaan NAN :
berlambang kelopak bunga ..

belakangan :
ada yang bertulisan TFC
dan ada yang berlambang misthubishi (kata org Pontianak sich yang ini palsu)

benar atau tidaknya mesti dicheck lebih lanjut.

Biasanya lampu yang mengandung sinar matahari, diperuntukan untuk tumbuhan "plant growth

dOels
12-29-2002, 10:02 AM
Saya menggunakan lampu NEC untuk tanaman akuarium, beli di deket Pasar Burung Jatinegara 15 wtt seharga 19 rebu. Cukup puas.

adhe
11-15-2003, 02:02 AM
Lampu yg mengandung spektrum UV yg 10/15 watt apa saja ya? (kalo bisa sama harganya, biar bisa compare)

Apa ada lampu UV yg bercahaya putih? Kalau ada, mana lebih bagus, yg tipe daylight atau fluorescent?

Trims

siluk
12-24-2003, 12:25 AM
apakah pengunaan lampu tipe celup seperti oceanfree kalau diaplikasikan ke tempat yang ngak kena air seperti di atas aquarium bisa berbahaya pada kaca lampu dengan fittingnya, berhubungan lampu jenis ini memgeluarkan panas.
thanks

imported_iman
12-24-2003, 11:41 AM
lampu NAN itu apakah merk atau apa ? kalo biolith & UV mana yg bagus

12-24-2003, 01:30 PM
merk kayanya, udah beli OCEANFREE aja, bos lagi banyak stok
tnQ http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif