PDA

View Full Version : Air berubah warna


modi
04-10-2003, 06:23 PM
Mohon masukannya nih, air tank saya beberapa hari ini berubah menjadi hijau muda walau masih bening....
sebelumnya bening...and setelah saya ganti kapas filter ditambah arang..eee koq jadi gitu ....???
Aro Pino nya sih aman-aman aja; makan masih kencang,
mondar-madir masih jalan ...ya kadang-kadang aja mojok
Makanan sih kaga ada yang aneh ( ikan, jangkrik, kelabang )
So....menurut ente-ente pade kenape yeee and berbahaye
ngak..?http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif and lagi musti di apain itu aer nya....?http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif?

Salam aro......

N1WAN
04-10-2003, 10:48 PM
Modi dan Pak Hadi

Yang saya tau, air yang berubah kehijaun disebabkan :

tingginya intensitas sinar matahari atau lampu aquarium mengandung sinar matahari yang tinggi ke aquarium. Memicu tumbuhnya lumut hijau, tidak bahaya, bila yang timbul lumut coklat ini menandakan kandungan amonianya tinggi

Sindrom air aquarium baru, ekosistem bakteri pengurainya belum terbentuk secara sempurna atau dalam proses pembentukan. Sepertinya sebelumnya telah terbentuk komplet, tapi berantakan dan mulai dari awal lagi setelah diganti kapas dan arang.

Kapasitas filter tidak memadai dibandingkan volume kapasitas aquarium

Mengatasinya gantilah air aquarium setiap hari dengan air yang baru yang telah diendapkan dan diaerasi sebelumnya. Sampai ekosistem bakteri pengurainya komplet terbentuk.

Ganti kapasitas filter yang memadai atau sebandingan dengan volume kapasitas air aquarium

Rekan-rekan yang lain mungkin mau menambahkan, berdasarakan pengalaman masing-masing ...persilahkan

dOels
04-11-2003, 12:00 AM
- problem filter
- Buat yg piara koi katanya meningkatkan kecemerlangan warna, gimana efeknya buat aro? rekan saya yg RTGnya dalam akuarium hijau, perkembangan warnanya memang bagus.
- Foto RTG (http://gallery.o-fish.com/albums/adult/aar.sized.jpg)

kutabeach99
04-11-2003, 09:57 AM
Sumbang Saran :

Fenomena Green Algae/ Lumut Hijau penyebabnya cuma 1, yaitu berkembang biaknya algae diluar ambang batas yang ideal dalam kolam atau akuarium. Apa penyebabnya ? Karena sinar yang merupakan faktor utama pertumbuhan algae intensitasnya tinggi. Apa ukuran sinar dapat dikatakan tinggi ? Kalau dia berupa sinar matahari, biasanya intensitas matahari secara langsung ke kolam atau akuarium selama 4 jam dengan sudut jatuhnya sinar 45 derajat keatas akan menyebabkan fenomena lumut hijau. Kalau dia berupa sinar lampu, saya belum tahu.

Fenomena Green Algae, tidak ada kaitannya secara langsung dengan masalah Filter [termasuk isu kapasitas filter], cuma apabila filter difungsikan dengan baik dengan menggunakan metode mechanical filter, yang menggunakan media filter yang halus yang sizenya lebih halus dari partikel algae itu sendiri, otomatis fenomena lumut hijau akan hilang. Untuk pengecekan terakhir, tolong dilihat lagi media filter yang berupa arang, kadang ada juga arang yang kualitasnya kurang baik yang menyebabkan warna hijau pada air.

Dengan kata lain untuk memecahkan fenomena lumut hijau sebenarnya sederhana, cukup kurangi intensitas cahaya yang masuk ke kolam atau akuarium.

Sisi positif lumut adalah terbukti mampu meningkatkan kecemerlangan dan intensitas warna merah [sejauh ini yang saya tahu hanya untuk warna merah saja]. Untuk hobiis ikan koi, mereka malah terkadang menambahkan makanan yang sudah dicampur dengan lumut untuk meningkatkan kecemerlangan dan intensitas warna merah. Kata orang warna merahnya tambah ngejreng. Kalo untuk aro, saya belum tahu, karna pbelu pernah nyoba.

Sekedar sumbang saran, kalo ada kekurangan dan kekeliruan mohon dimaafkan.


Salam,

modi
04-11-2003, 12:37 PM
Thank's berat nih buat ente-ente pade, kite sih udeh khawatir
aje.....nyang jelas kite ngak jelas ngeliat aro nya mejeng.....

Salam aro.....