PDA

View Full Version : Air keruh


wilwil
07-17-2003, 11:30 AM
Saya mau tanya nih, kemarin saya ganti air sekitar 10 % aquarium saya setelah ganti air masih tetap bening, tapoi hari ini air berubah jadi agak keruh, kenapa yah ?? apa rekan2 ada yg tahu kenapa bisa begitu. filter tidak saya ganti hanya air aquarium nya saja yg saya siphon. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/butbut.gif

JD Winata
07-17-2003, 12:14 PM
Wil,
mungkin airnya air PAM ya? masih ada chlornya jadi mematikan beberapa biobacteria.
Bisa juga kebetulan pas chemical filter anda udah "basi" jadi ada reverse flow yg mengotori aquarium, saran saya, coba pake air tanah, atau air yg ditreatment, jgn pake garam terlalu banyak, dan coba ganti arang dan zeolit.
Kadang juga bisa kalau kita ganti air>50% , akan terjadi yg namanya bacterial and algae blooms krn keseimbangan tidak balance lagi , air mengeruh 1-2 hari lalu jernih lagi, ini biasa terjadi di kolam koi, kalau stlah ganti air. tapi dlm kasus anda cuma ganti 10% jadi mungkin hanya arang basi saja.

STEPHEN
07-17-2003, 12:52 PM
buat cegah adanya algae piara algaeeater juga mantab tuh boss....bener gak?

JD Winata
07-17-2003, 01:42 PM
Bacterial and algae bloom maksudnya keseimbangan aquaria yg sudah terbalance, kalau mendadak diganti media airnya dlm jumlah besar, menimbulkan ketidakseimbangan biologis sessat, jumlah bakteri pengurai kalah dgn jumlah bakteri baru, timbul penurunan proses penguraian oleh bakteri pengurai sehingga kadar nitrit dan amonia naik, bakteri biasa bertambah banyak, algae juga bertambah krn mendapat supply amonia cukup, air menjadi keruh, tapi biasanya dlm1-2 hari akan jernih lagi krn ekosystem sudah ballance lagi.
Algae dalam hal ini bukan lumut kaca/batu tapi algae plankton dlm air (air hijau)

widi
07-17-2003, 02:26 PM
ada beberapa tempat yg air tanahnya kalo di inapkan, esok harinya warnanya berubah jadi coklat atau hijua, kadang diatas permukaannya ada lapisan seperti karat.

wilwil
07-17-2003, 03:02 PM
Emang betul kata pak Jurgen saya pakai air PAM yg langsung dari kran, tapi air tsb berasal dari tempat penampungan. kalo mengenai arang nya saya pakai arang nya EHEIM yg berbentuk pad yg sudah dibentuk jadi seperti kapas yg warna nya hitam. isi2 dari filter tsb baru saya pakai 1 minggu, jadi tidak mungkin kalo arang nya sudah basi, atau memang sudah basi ?? http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/dozingoff.gif karena semua media tsb masih baru. hanya kemarin waktu ganti air 10 % saya menambahkan sedikit black water nya tetra tanpa pakai garam.

r1za
07-17-2003, 03:14 PM
wilwil wrote :
Emang betul kata pak Jurgen saya pakai air PAM yg langsung dari kran, tapi air tsb berasal dari tempat penampungan.

memang pengalaman saya klau air PAM kadang suka berubah-ubah, kadang2 kotor tuh air (maklum PDAM kita nih.....biasalah) enaknya sih penampungan air sesekali diperiksa juga kondisi airnya.

---------------
Siluk_ http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/exclamation.gif

wilwil
07-17-2003, 10:14 PM
Ingin tanya nih apa yg dimaksud dengan air yg di treatment ?? apa air yg diendepin trus sambil diaerasi begitu ?? trus perlu waktu berapa lama baru bisa dipakai utk ganti air ?? sorry nih kebanyakan nanya hehe... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif

cung
07-17-2003, 11:40 PM
Mudah2xan betul kasih tahunya http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif . Diendapkan dan diberi areasi selama sehari.

h3ndr0676
07-18-2003, 08:34 AM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">...isi2 dari filter tsb baru saya pakai 1 minggu, jadi tidak mungkin kalo arang nya sudah basi, atau memang sudah basi ?? Â* ....[/QUOTE]<span id='postcolor'>

arang active walaupun baru yg kemasannya telah "rusak"/plastik terbuka....kadarnya tlah berubah. Tlah menyerap unsur2 yg ada di udara.

JD Winata
07-18-2003, 10:35 AM
Kadang air PAM, mengandung chlor tinggi, walau diendapkan, diaerasi masih ada sedikit chlorinenya yg tidak bisa hilang dari air dgn hanya diendapkan, sisa chlor ini aman buat ikan tapi cukup kuat utkmembunuh bio bacteria di filter anda dan menyebabkan ekology tidak balance lg dan air keruh, Jadi keruhnya air pada kasus aquaria anda bukan krn arang basi.
Semestinya dibiarkan 1-3 hari nanti akan jernih lagi kalau suah balance lg ekology airnya.
Treatment air PAM plg baik system Mr.Doels, diaerasi pake power head agar chlor menguap ke lwt kontak udara lsg, dan harus pake antichlorine utk menguapkan jikalau ada chlor jenuh tak hilang dari air.

wilwil
07-18-2003, 10:22 PM
yah mungkin saya harus tunggu 1 hari lagi biar airnya jadi bening lagi, padahal tadi baru dapat aro chilli red dari pak komandan hehe... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif seneng nya liat tuh aro langsung patroli keliling survey daerah teritori nya setelah di pindahkan dari plastik ke aquarium, tapi belon saya kasih makan sih tuh aro, mungkin besok baru mulai feeding.

wilwil
07-18-2003, 10:27 PM
It's my first aro http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif

JD Winata
07-19-2003, 10:03 AM
Good for you!, ok skrg coba aja terus, kalo bisa pake air tanah , check kualitas air, pH dsb kalo mau maksimal,
buat aronya , "selamat menempuh hidup baru!" doa restu menyertaimu utk WIL (Wanita Idaman Lain) dan Aronya, he he he

wilwil
07-20-2003, 08:39 PM
Bisa aja nih mr.JD, but thx anyway.