PDA

View Full Version : Lampu mempengaruhi suhu air?


adhe
09-10-2003, 09:03 PM
Akuarium saya ukuran 100X50X45. 10 cm bagian belakang disekat untuk filter. Saya gunakan lampu atas merek Luxram 10 watt. Air saya isi sekitar 35 cm.

Air setiap hari berkurang sekitar 4 mm (itu saya lihat dari media filter yg sering kekurangan air, saya gunakan mesin resun 3800 l/h)

Apakah panasnya air memang dipengaruhi oleh lampu? (saya pakai lampu sehari 14 jam). Heater saya tidak berfungsi siang hari karena akuarium sudah panas.

Apakah bisa mempengaruhi ph air? Apakah aman dari jamur?

Apakah under water lamp bisa mempengaruhi suhu air?

rianfish
09-11-2003, 08:23 AM
halo, lampu dlm air, lbh pengaruh drpd lampu top, tp tdk signifikan menguapkan air, apalg 10W, apa aq tdk kena sinar mthari sedikitpun? Jamur? jaga saja kualitas air.

STEPHEN
09-11-2003, 08:42 AM
biasanya air akan berkurang jika terserap dengan media filtrasi itu sendiri contohnya terserap kapas dll....mohon tambahan dari rekan rekan

JD Winata
09-11-2003, 10:19 AM
1.Lampu TL ga menimbulkan panas berarti ( lampunya yaa) tapi ballastnya menimbulkan panas
2.Pemasangan lampu dlm kap tutup aquarium (tertutup) maka panas ballast akan menyebabkan efek rumah kaca yg mengisolasi panas terus menerus dlm aquarium tertutup
3.Lampu TL under water dgn ballast terpisah , dapat mengurangi efek panas selama posisi ballastnya di letakkan berjauhan (krn ballastnya yg menjadi sumber panas, TLnya tidak)
4. lampu metalHalide dan whitehalogen (biasa utk coral reef aquaria ) menimbulkan panas lsg dari tube lampunya ( krn itu biasanya kap lampu lsg dilengkapi fan built in )

Nah kalo saya, beberapa aquaria saya dgn lampu underwater dan top lamp, kap tutup aquarium dipasangin exhaust fan seperti utk desktop PC (tapi AC bukan DC) dan dipantau terus dgn termometer.

Pemasangan filter dgn kucuran air ke aquaria juga berpengaruh atas penguapan air.

dOels
09-11-2003, 01:04 PM
Sekedar tambahan :
Lampu rendam ,mempengaruhi suhu. Bergantung pada volume air dan kekuatan lampunya. Pengurangan efek suhu naik bisa dilakukan dengan membuat guyuran seperti gerimis dan perbaikan ventilasi.

Salam
dOels

JD Winata
09-11-2003, 06:21 PM
tergantung jenis lampunya Spolight submerge halogen / metal halide mempengaruhi suhu, kalo TL underwater, lampunya tidak menaikkan suhu secara signifikan ( panas kalor TL hanya keluar less than 7%, ingat ballastnya letakkan jauh dari aquaria, saya udah test underwater lamp merk oceanfree dgn tube TL standard, diluar air tube memang agak menghangat tapi cenderung hanya hangat, didalam air diletakkan di dasar lalu dipantau dgn digital termometer merk ocean free super precision, jarak 3cm dari lampu suhu stabil sejak lampu mulai dinyalakan sampai 4jam lalu 7jam, kemudian dipantau dgn meletakkan sensor diatas , suhu relatif sama.
Pemberian kucuran air (dari powerhead atau outtake filter dapat menurunkan suhu tapi menyebabkan penguapan air berlebih (problem yg mau disolve oleh Adhe.)
Problem solving paling baik berikan jarak antara lampu dan air yg cukup jauh dan sirkulasi udara spt saran mas Doel.

adhe
09-11-2003, 11:21 PM
Terima kasih atas reply dari bapak2 semua.

</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote (rianfish @ Sep. 11 2003,08:23)</td></tr><tr><td id="QUOTE">apa aq tdk kena sinar mthari sedikitpun?[/QUOTE]<span id='postcolor'>

Akuarium saya taruh di dalam, jadi tak mungkin kena sinar matahari. Memang saya gunakan kucuran air dari power headnya.

Saya sempat mikir untuk ganti lampu underwater saja karena penguapan yg berlebih ini, cuma untuk lampu underwater (ocean free) sepertinya cocok untuk SR atau RTG, sedangkan aro saya cuma pino (maklum pemula).

Apa ada pengalaman dari rekan2 lampu ocean free itu lebih mempengaruhi penampilan pino lebih bagus dibanding top lamp?

JD Winata
09-12-2003, 07:19 AM
Dhe, jangan meremehkan pino lho, nanti saya posting foto pino yg ada ring silvernya, ga kalah cantik sama yg mahal lho.
Oceanfree ada di n1wan, menurut saya bestbuys krn TLnya bisa ganti TL biasa kalo udah putus. lampu underwater lbh bagus daripada toplamp krn spektrum cahayanya lbh tanpa distorsi udara ke air (mirror distortion) krn lsg dlm air

STEPHEN
09-12-2003, 08:59 AM
adhe,...pino itu salah satu favorit saya...saya suka semua aro...mereka itu anggun dan menawan.....ocean free bisa didapat di n1wan red. gue juga pake di rumah dan gue cukup puas tuh...

cung
09-13-2003, 07:02 AM
Aquarium ukuran -/+ 90 x 50 x 40 diisi air sampai ketinggian 35 cm. Menggunakan lampu Ocean Free 20 watt. Mempengaruhi suhu air dengan peningkatan 1-2 derajat. Thermometer manual dengan alcohol, diletakkan 15 cm dari ujung terdekat lampu.
Suhu menjadi 31 - 32 derajat.

dOels
09-13-2003, 01:05 PM
Arwana bisa mandi air hangat terus tuh http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif

JD Winata
09-13-2003, 09:32 PM
Wah lain yaa hasil testnya dengan saya ? pasti ballastnya diletakkan jauh juga khan, dan tanpa lampu atas lagi , Ga tahu deh banyak faktor, bisa aja hasil test lain lain, mungkin lampu oceanfreenya n1wan menaikkan suhu di Jakarta , kalo di Bali enggak ya? he he he,kalo test saya lampu atas yg built in dlm kap dan ballast itu menaikkan suhu (di Bali) mungkin kalo di test di Jakarta malah enggak menaikkan suhu ya? he he he (lagi) kesimpulan lampu oceanfree bahaya juga ya bisa bikin aro mandi air hangat? bung N1wan gimana nich? anda udah test lampunya belum? nanti kasihan khan banyak yg beli kalo aronya kena efek mandi air hangat? Kalo asumsi suhu ruangan air aquaria 28 bisa jadi sampai 32'C atau naik 4'C ( 15%) apalagi kalo dinyalakan 24 jam ? Khan kumulatif tambah panas terus ya? bahaya dong ya?
Gimana nich dgn hasil testnya Chung? saya yakin banyak yg udah beli OceanFree, saya malah udah pake 3, tapi ngeri juga
kalo di test di Jakarta hasilnya lain sama di Bali.

dOels
09-14-2003, 08:12 AM
Kalo di tempat saya. Tank di luar ruangan, musim panas Jakarta bisa menaikkan suhu akuarium hingga 31*C itu tanpa dijalankannya powerhead, lampu sorot atau lampu rendam.

JD Winata
09-14-2003, 09:04 AM
Jadi percobaannya dik Chung mungkin aja cuma dari 31' C ke 32'C ya? atau gimana nich Chung? suhu awal dicatat dong berapa? dan naiknya suhu per-jam kumulatif berapa derajat C, kalo dinyalakan nonstop 24 Jam berapa suhu maksimumnya ?Dan perbandingan kalor yg dikeluarkan dgn volume air aquaria berapa kira2 signifikan amannya? bahaya ga kira2? krn di tabloid2 dan majalah ikan, bung n1wan menyarankan menyalakan lampu 24jam , saya pun menganut paham yg sama , nyala nonstop 12 jam tiap hari, kebetulan test suhu saya ga naik banyak ( 1'C setelah 4 jam dan stabil ) kalo ada experiment lain yg membuktikan naiknya suhu sampe 32'C ini berat lho, soalnya heater Rena 100W aja butuh waktu 3jam utk naikkan suhu air dari 28'C ke 31'C, kalo lampu TL 20W dgn ballast terpisah bisa mencapai suhu lbh tinggi dari suhu maximal heater 100W (5X lbh besar wattage-nya) wah ini gawat Bo!

adhe
09-14-2003, 09:17 AM
Terlepas dari lampu ocean free membuat panas air akuarium, sebenarnya sampai berapa derajat celcius air akuarium masih bisa ditolerir oleh aro?

Kalau pak N1wan menyarankan lampu dinyalakan 24 jam, bagaimana kalau kita menggunakan underwater sekaligus top yang berdaya kecil 5 atau watt secara selang seling? (maksudnya di malam hari kita gunakan lampu top dan mematikan underwater, jika takut suhu turun, kita bisa aktifkan heater)

JD Winata
09-14-2003, 09:47 AM
perubahan lebih dari 3'C dalam 2-3 jam menyebabkan Temperature Shock Syndrome, heater fungsinya me-lock temperatur agar tidak lbh rendah (tapi tdk bisa mencegah kenaikan suhu) mau aman pake Chiller , kalo menurut saya sih ya pake lampu underwater jauh lbh tidak menimbulkan panas dari pada toplamp, spt teori saya kalo penyebab panas itu adalah ballast TLnya bukan tube lampu TLnya sendiri, dgn meletakkan lampu toplamp didalam kap tutup aquaria tertutup, timbul glass house effect, dimana panas dari ballast tidak bisa diserap ruangan, hanya berkumulatif dlm aquaria tsb, sehingga overheating, dgn memakai lampu under water otomatis ruangan diatas kap akan kosong dan menambah volume sirkulasi udara , serta ballast yg diletakkan jauh tidak menambah panas aquaria tsb, ada yg kontra ttg pendapat ini,lucunya koq cuma menjelek2kan merk Oceanfree tuh, mungkin intrik dagang kali ya? nah kita hobbyist ga usah pusing , coba Adhe test aja sendiri , ntar juga tahu hasil yg bener khan?

adhe
09-14-2003, 12:12 PM
Saya setuju pendapat pak JD kalo lampu underwater membuat aro jadi kalihatan lebih jelas. Saya kemarin ke maspion melihatnya dan jelas terlihat ring2 aro jika kita pakai underwaterlamp (ocean free).

Maaf kalo saya buka topik ini dan membuat kesan seolah2 oceanfree lebih membuat suhu air cepat panas. Akuarium saya menggunakan top lamp dan mungkin benar kata pak JD, panas akuarium dikarenakan ballast lampu TLnya. Pada intinya saya hanya ingin tahu batas suhu (kehangatan air) yang bisa diterima aro.

Salam
Adhe

dOels
09-14-2003, 01:42 PM
Kalau tidak salah dalam diskusi2 di forum ini Pak Niwan tidak menyarankan penggunaan lampu selama 24 jam nonstop. Mungkin perlu dikonfirmasi. Saya menggunakan pencahayaan rata-rata sekitar 8 jam per hari.
=

cung
09-14-2003, 04:06 PM
Yuup sory baru bisa buka sekarang.
Ada kesan yg tidak mengenakkan terhadap OceanFree http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/cry_smile.gif , dengan komentar saya.
Untuk klarifikasinya saya akan coba terhadap aquarium saya tanpa dan dengan kondisi ocean free hidup. Beri saya waktu beberapa hari untuk klarifikasinya.

cung

sorry mas N1WAN

JD Winata
09-14-2003, 05:28 PM
Test temperature korelasi dgn pemakaian underwaterlamp Ocean free :

Media : Aquaria 100 X 50 X 50 (cm) air ketinggian 45cm,
diletakkan indoor tanpa expose sinar matahari/ angin
tutup aquaria dari kayu (berventilasi), ditutup rapat,
Termometer : dalam air : dasar;OceanFree Proffesional digital
tengah;Resun Termometer (alcohol)
atas;Resun Scale termo. (jarum)
ruangan : Digital termometer Casio
Lampu : Ocean Free standard 20W, ballast diletakkan 126cm
dari posisi terdekat dgn aquaria , terhalang sekat
kayu
Waktu test pk 06.00 s.d. pk 18.00 WITA , cuaca cerah

Waktu Suhu Suhu Suhu Suhu
dasar tengah bawah ruangan
awal 28,1 28 28 27,6
8.00 28.5 28 28 29
10.00 29.0 29 29 29.5
12.00 29.3 29 29 29.8
14.00 29.2 29 29 29.7
16.00 29.4 29 29 29.3
18.00 29.3 29 29 28.8

Kesimpulan antara suhu ruangan , suhu atas, suhu tengah tidak terjadi indikasi overheating dengan sumber panas dari tube lampu underwater tsb yg significant, korelasi kenaikan sekitar 1'C , seiring dengan naiknya temperatur ruangan, jadi bisa diabaikan .
Resume saya , Ocean Free underwater lampa aman2 aja dipakai 12 jam nonstop tanpa menunjukkan gejala overheating sampai suhu 31'-32'C
mungkin saja hasil test nya lain dgn org lain, tapi kebetulan hasil test saya begini saja, maklum peralatan sekedarnya saja.

lucius_leon
09-14-2003, 07:12 PM
soriii guys..

mau tanya lampu NAN itu apa sih???
saya bingung baru denger,.. apa bagus? beli dimana trus harganya brapa?? heheheheh

http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/dozingoff.gif tolong yah dijelasin ... hehehe saya baru banget soalnya

dOels
09-14-2003, 09:56 PM
Bung lucius_leon,
NAN itu merek perangkat lampu rendam seperti halnya OceanFree. Harga keduanya hampir sama. Perbedaan mencolok adalah panjang kabel dari OceanFree sekitar 8 kali lebih panjang. NAN tempat balastnya terbuat dari semacam plastik, sedangkan OceanFree alumunium ?
Mungkin yg lain/yg jualan bisa kasih keterangan lebih rinci.

Salam,
dOels

JD Winata
09-15-2003, 07:08 AM
Coba lihat di majalah Trubus edisi terakhir ttg Sang Naga Merah, dan di majalah ikan dan mancing edisi July 2003. Dikatakan 24 jam koq, gue juga pake OceanFree 12jam nonstop tiap hari , ga apa apa koq, suhu ga naik sampe 32'C , ttg nyalakan lampu 24 jam itu memang breeder2 pro Eropa (discus) memakai system pencahayaan ini utk memacu pertumbuhan burayak2 ikan, system 3x24jam nonstop diseling 12jam istirahat. nah gue juga udah test pribadi utk OceanFree, hasilnya saya (kalo percaya) bilang aman.

dOels
09-15-2003, 10:10 AM
Buat arwana piaraan saya, rata2 kasih cahaya (termasuk cahaya lampu rendam dan mentari) 8 jam per hari max 12 jam.
-

cung
09-18-2003, 05:08 PM
Testing sudah selesai

1. Tanpa lampu mulai jam 8 malam dan diukur 8 pagi suhu 29.5 C.
2. Dengan lampu mulai jam 8 malam dan diukur 8 pagi suhu 31.5 C

Ukuran aquarium efektif 87x47x35 dengan menggunakan lampu 20 watt.

Beberapa hari lalu sempat menyalakan lampu underwater 20 watt dan lampu atas 2x20 watt dinyalakan pagi hari dan tiba2x di siang hari suhu aquarium menjadi 34 C. Untuk ketahuan bokap, langsung air dikeluarkan 1/3 diganti air tampungan. Untung ngak papa http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif

JD Winata
09-18-2003, 08:04 PM
Waah Oceanfree bahaya kalo dipake di jakata tuh, he he he untung gue di Bali, jadi hasil testnya beda....

dOels
09-18-2003, 08:24 PM
Pasang lampunya banyak amat Cung? abis syuting ya ? http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/shades_smile.gif

cung
09-19-2003, 07:22 AM
Boleh dong pindah ke Bali nih http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif.

Sepertinya ada faktor suhu ruangan juga pak Jurgen, mungkin di Jakarta memang lebih panas. Dan rumah saya ada dipemukiman padat http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/wink.gif

cung
09-19-2003, 07:23 AM
Ngak cuman pengen bikin Prada jadi bintang film aja.

JD Winata
09-19-2003, 07:28 AM
Chung , mungkin ballastnya terlalu dekat dgn aquarianya ga? soalnya kalo sampe 34'C itu gile lho, butuh heater 300W selama 7-10 jam utk manaskan air sampai >32'C dgn membypass autoswitchnya. atau mungkin ada sumber panas lain?

adhe
09-19-2003, 08:29 AM
Mau tahu tentang suhu air, aku cek dengan termometer alkohol suhu di dalam akuarium (di permukaan airnya) mencapai 31-32. Apakah ini baik untuk aro? Sekarang pino saya ga nafsu makan, apakah ini akibat suhu yg tinggi itu? (saat ini saya masih menggunakan top lamp).

cung
09-19-2003, 11:23 AM
Kalau suhu yg 34 itu mah bener2x kesalahan fatal.
Saya taruh lampu atas hanya berjarak kurang dari 10cm dari permukaan air. Dan 2x20 watt, dengernya aja bikin stress. Ditambah lagi dengan penutup aquarium, sehingga perputaran udara tidak lancar.

Berapa yah jarak ideal untuk lampua atas dengan permukaan air.

JD Winata
09-20-2003, 07:18 AM
Yang bikin panas lampu atasnya doong..., kap aquarium aja ditinggiin, pasang exhaust fan copotan buat buang panasnya

Premio
10-25-2003, 10:19 AM
ikutan nih, saya pernah coba mengukur suhu air di AQ dan suhu ruangan dimana AQ ditempatkan. Hasilnya suhu di ruangan sangat menpengaruhi naik turunnya suhu di AQ, apalagi ditambah dengan lampu AQ yang mengeluarkan panas disekitar / diatas / didalam AQ.

Data :
suhu ruangan suhu AQ
32 C 29.5 C
33 C 30.5 C ( sesudah 6 jam )
33.4 C 30.5 C ( tidak ada perubahan
selama 24 jam )