PDA

View Full Version : Bahayakah pemberian arus kepada arwana ?


Erwind
03-18-2003, 12:51 AM
Halo semuanya, lam kenal... Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif sudah lumayan lama ikut forum ini baru kali ini posting pertanyaan ke forum.

Saya ingin bertanya apakah penggunaan filter arus dalam untuk arwana berbahaya atau tidak ? Belum lama ini saya memasang mesin arus dalam merk. resun sp 2500 di dalam akuarium uk. 1 m x 50 cm x 50 cm, dengan berisikan ikan arwana banjar red ukuran 45 cm. Waktu pertama kali dipasang ikan terlihat sangat aktif dan bahkan selalu berenang dengang posisi kepala menantang arus. Tadinya kalau melihat saya seperti minta makan tapi saya kasih makan malah dicuekin... Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif Â*Trus ngak lama kemudian warna insangnya menjadi semu merah dan ikan tetap terus aktif tidak seperti biasanya dan mulai menggap-menggap. Untunglah atas saran P'Komandan, agar filter dimatikan, ikan kembali normal tapi tidak mau makan selama 3 hari.

Yang jadi pertanyaan saya apakah pemberian arus yang terlalu besar bisa menyebabkan kematian pada ikan arwana ? Jika tidak berapa besar arus yang tepat untuk diberikan kepada arwana dengan ukuran akuarium seperti saya ? Mohon petunjuk para arwana mania nih....

arwan
03-18-2003, 08:01 AM
Saya juga pernah pake "powerhead" Resun SP2500. Lumayan kencang semburannya. Powerhead tsb dipasang dekat permukaan, dan kayaknya aronya tidak apa-apa, nafsu makan oke. Tapi dia tidak pernah nantang arus itu, gak berani http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif Saya pake powerhead sejak ikan saya panjangnya 15 cm sampai sekitar 30 cm (enam bulanan)
Tapi kemudian saya pasang filter canister, powerhead tsb dilepas, karena output canister pun berupa semburan air tapi tidak sebesar dan sekuat powerhead Resun SP2500.

dOels
03-21-2003, 12:30 AM
Arwana pada habitatnya dalam perairan TIDAK berarus deras, relatif tenang. Jadi sesuaikan aja besar arus dengan tubuhnya. Pemberian arus yg besar sesekali untuk melatih otot2nya. Arus yg besar bisa bikin aro teler, sebab itu beberpa PDG menggunakannya untuk mengurangi duel antar aro yg digabung.

lierudy
04-04-2003, 10:53 PM
Mungkin bisa dicoba untuk menyalakan mesin arus nya untuk beberapa jam sehari...pas lagi duduk2 minum kopi sambil lihat arwananya berenang di arus:)

Setau saya kalo ikan aktif berenang, apalagi menentang arus, akan lebih sehat. Kadar lemak dalam tubuhnya sudah pasti akan berkurang:)