PDA

View Full Version : Aro dan lampu disko


aromanic
06-02-2003, 08:29 PM
Sobat di forum apa ada yang pernah coba pasang lampu disko (kelap-kelip kayak lampu hiasan pohon natal) untuk mencegah dan menormalkan mata aro yang turun.

Saya punya 2 super-red, 1 golden red dan 1 irian. Mata golden red ini agak menonjol keluar serta agak turun sedikit. Yang super-red matanya normal.

Sepertinya saya pernah membaca di forum ini kalau ada yang berhasil mengatasinya dengan memasang lampu 5 watt di posisi agak tinggi dari aquarium. Lalu saya pikir apa si aro ngak lebih tertarik kalau lampu tersebut terdiri dari lebih banyak warna serta bisa hidup mati dengan begitu banyak pola (seperti kedap-kedip, warna biru aja yang hidup, model lampu disko dll).

Dari sinilah saya menginvestasikan duit Rp. 40.000 untuk membeli lampu tersebut dan telah saya pasang sejak hari jumat. Lampu itu saya hidupkan dari jam 8 sampai jam 11 malam aja untuk tahap awal karena lampu-lampu tersebut cukup terang. Sampai saat ini sih saya belum melihat adanya perubahan di mata golden red saya mungkin karena baru berapa hari. Setelah saya amati yang berubah itu bukan pada mata tapi pada pola makan dan warna tubuhnya.Contohnya super red saya yang ukurannya kira-kira 20 cm nafsu makannya jadi sangat berkurang tapi warna ekor dan tubuhnya justru kok makin bagus gitu.

Bagaimana hubungannya atau hanya kebetulan masih harus saya amati terus dan akan saya informasikan kalau ada perkembangan. Mas N1wan dan Bung Doels gimana apa ada penjelasan ilmiahnya?