PDA

View Full Version : Aro Irian


dony
01-16-2004, 04:15 PM
Hi semua,
Salam Kenal ..

Saya masih pemula dan ingin minta komentar rekan2 semua disini. Berikut link development Aro Irian saya
My Jardini (http://www.xpphotoalbum.com/showgallery.php?cat=998&stype=2&si=arasta)

Sebagai info, aro tsb saya beli di kartini sekitar akhir september (3 bln yl) di Kartini dengan ukuran mungkin sekitar 10-12 cm (100rb/sptnya cukup mahal). Saya putuskan untuk ambil aro tsb karena udah "kebelet" pingin punya aro dengan pertimbangan aro irian emang lagi langka pd saat itu.
Awalnya saya taruh di tank dgn panjang 30 cm setelah itu saya pindahkan ke tank 60 cm.

Treatment yang saya lakukan hanya penggunaan air sumur biasa (tanpa diendapkan) dengan pergantian air sekitar 1 - 2 minggu sekali sebanyak 40%, Aerasi 24 jam, filter atas 24 jam, temperatur sekitar 30 derajat C. Untuk 1 bulan terakhir, saya gunakan underwater lamp buatan china (30rb-an) warna biru selama sekitar 15 Jam setiap hari. (aro tdk pernah kena matahari, karena ditaro didalam kamar kost).

Untuk dietnya, awalnya saya berikan jangkrik hidup secara rutin 2x sehari (sebelum ke kantor dan setelah pulang dari kantor), tapi akhir2 ini saya jarang kasih jangkrik (malas belinya), hanya pelet louhan "sa**ra", dan alhamdulillah si aro yang awalnya nggak mau, setelah beberapa dipuasain disikat juga tuh pelet. Dampaknya sptnya pertumbuhan aro saya kurang optimal karena tubuhnya kurang besar/lebar (hanya memanjang), apakah terlihat demikian ? oh ya sekarang ukurannya mungkin 20cm (gak pernah diukur, hanya kira2 saja).

Untuk perkembangan warna, sptnya 15jam dgn underwater lamp itu udah cukup lumayan, karena aro saya yang tadinya pucat, sekarang mulai berwarna cerah. (apakah demikian?) karena jika dibandingkan dengan jardini milik Pak JD, wah jauh sekali yah kualitas warnanya.

Bagaimana dengan aerasi 24 jam tsb, apakah baik untuk aro ? soalnya saya kapok, pernah mengganti 80% air tank dengan air sumur yang belum diaerasi sampe aro saya megap-megap (spt kehabisan oksigen). Jadi saya takut kalo air nggak diaerasi, aronya koit.
Selain itu aro tsb pernah saya campur dengan anak ikan mas 20 ekor, eh tuh anak ikan mas gak ada yang disentuh sama sekali. Ada juga jadinya aro saya kena jamur di pangkal ekornya, shg semua anak ikan mas saya angkat & dipindahin ke tank luohans, and jleb jleb jleb, lenyap. Air langsung saya ganti 50% dan diisi air sumur. Syukur, dalam beberapa hari jamur langsung hilang.
Anyway Ph dan GH nggak pernah diukur (soalnya males beli yang pake tetes, sedangkan yang digital mahal). Seberapa signifikankah Ph dan GH yang normal untuk aro ? dampaknya ?

Ok gitu dulu, komen nya ditunggu.

Thanks.

rianfish
01-16-2004, 04:38 PM
salam kenal..
boleh ya sekedar komentar, Jardini cukup mahal, mungkin lagi jarang saat itu. Dari foto, warna masih terus develop, pertumbuhan, 3bl 8cm, cukup bagus, kasih makan pelet, kalo makannya banyak, kandungannya mungkin bisa lbh baik dr sekedar jangkrix. Tank 60cm, kalo bisa diperbesar http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif aro cepat lou mencapai 40cm, kalo sempit, takutnya insang melipat, mudah rusak kalo doi kaget. Air sumur, tdk ada kaporit, jd sementara aman, tp hati2 dgn kandungan lain, warna bening? kekuningan? baiknya diaerasi. PH, dr pengalaman yg ada, mempengaruhi nafsu mkn ikan saya. Jardini bung JD, jgn tanya deh..mutiaranya kinclong dan makannya gahar....! suka dgn kodok, jd gemuk.

o.k, update terus ya aronya, dan sory jk saya banyak becanda..salam aro!

01-17-2004, 10:40 AM
mahal kalo harganya segitu, mnding kasi udang aja biar "mutiaranya" mantab.
tnQ

dony
01-19-2004, 01:28 PM
thanks atas komen nya ..
anyway, bung kalesa kalo kasi udang ? yang hidup ato yang udah mati ? soalnya kalo jangkrik mati, aro jardini saya nggak mau. selain itu si jardini sptnya kurang suka makanan yang ada didasar ato ditengah-tengah, doi prefer yang mengapung.
mengenai ukuran tank, memang mau diganti yang gedean, tapi nanti kalo udah dapet kontrakan Â* http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif
Mengenai air, cukup bening, dan mengenai ikan kaget, si jardini kadang2 suka kagetan sampe beberapa kali sisiknya 'coel', tapi nggak diapa-apain karena ternyata tumbuh dengan sendirinya.
btw, apa jardini saya tsb bisa dikategorikan sebagai spoon head ? karena saya perhatikan kepalanya nggak lurus (agak nyendok) ? is that right ?
anyway, saya rencana mau nambah koleksi, mana yang lebih oke, pino ato banjar ? ada usul ?

Thanks

Hernandi
01-19-2004, 01:51 PM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote (arasta @ Jan. 19 2004,13:28)</td></tr><tr><td id="QUOTE">
btw, apa jardini saya tsb bisa dikategorikan sebagai spoon head ? karena saya perhatikan kepalanya nggak lurus (agak nyendok) ? is that right ??[/QUOTE]<span id='postcolor'>
Sepintas dari foto yang diposting, kayaknya belum masuk kategori spoonhead deh......tapi tetap harus disayang yacchh http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/wink.gif
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote (arasta @ Jan. 19 2004,13:28)</td></tr><tr><td id="QUOTE">....anyway, saya rencana mau nambah koleksi, mana yang lebih oke, pino ato banjar ? ada usul ?[/QUOTE]<span id='postcolor'>
yang lebih oke: RTG .... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/dozingoff.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/dozingoff.gif (sorry nggak nyambung http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif )

jemie
01-20-2004, 09:07 PM
Hai, jemie nih. pino dan banjar sebetulnya sama saja, tergantung selera. Keduanya memiliki keindahan tersendiri, terutama segi warna. Kalo buat bisnis jual-beli, Banjar aja, soalnya harga jual kembali-nya lumayan tinggi. Lagian kan lumayan ada "RED"nya dikit. Atau kalo modal cukup sekalian super red / golden red aja soalnya kalo besar trus dijual, uangnya bisa buat modal usaha, hehehe. Pino, kalo buat dipiara boleh juga apalagi kalo loe suka aro yang warnanya kalem. Tapi semua itu tergantung dana yg kita punya. Kalo gw boleh jujur sih, MENDING BELI AJA DUA2NYA !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!, kalo bisa koleksi aro tiap jenis satu. Merdeka.......

01-21-2004, 10:51 AM
wah bos Jemie otaknya "ngebisnis banget" salut http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/thumbs_up.gif
bos arasta kasi makannya dua method aja
*pertama pakan mengapung buat pagi-siang-sore
*kedua pakan air hidup yang disebar buat malam hari sebagai cemilan siapa tau si doi mau midnight (jangan lupa lampu aq dimatikan)
lebih baik banjar ajah tapi smua tergantung kantong

tnQ