PDA

View Full Version : INDONESIA GOLDEN/RTG (Red Tail Golden)


N1WAN
08-08-2002, 09:14 AM
INDONESIAN GOLDEN/SUMATRAN GOLDEN/GOLDEN RED/RTG (Red Tail Golden)

http://www.n1wan.com/images/rtg.jpg
(Sumber photo: AROWANIA)

cung2
08-17-2002, 04:09 PM
mau tanya dikit neh
apa RTG sama Golden Red itu satu jenis yach?
thx

N1WAN
08-18-2002, 04:42 PM
Bung Cung2 benar,
Golden Red atau istilah internationalnya RTG (Red Tail Golden) atau juga Indonesian Golden atau Sumatran Golden sebenarnya sama saja

hengky
09-06-2002, 11:57 AM
Niwan, saya liat gambar yg kamu post di arofanatics,(MALAYSIAN GOLDEN or INDONESIAN HIGH QUALITY RTG???), saya pengen tau apa jenis dan warna seperti itu ada di jual di indo? saya kebetulan suka warna seperti itu.

sama yg satu pic lagi yg di post di arofanatics juga, description nya si red, cuma saya liat agak purple2 gitu. apa di indo ada jual juga.

btw, saya blm pernah ada arowana. still a beginner. thks for any information i could get.

N1WAN
09-07-2002, 08:22 PM
Hengky,
Jenis Aro seperti itu bisa di dapatkan di Indonesia. Jenisnya sama dengan Mustang punya. Walaupun mungkin jumlahnya tidak banyak, saya kurang tau apakah PT. Silva Dena Aquamina atau CV Sumatera Aquaprima (penangkar terbesar Sumatra Golden/RTG) telah berhasil menangkarkannya, setau saya jenis aro SELAIN SUPER RED lebih relatif di tangkarkan, karena mereka membutuhkan kondisi ekologis yang stabil untuk berkembang biak, tidak seperti halnya Super Red.

Dan Â*dari informasi yang ada, yang berhasil menangkarkannya di aquarium sampai sejauh ini baru jenis RTG dan Malaysia Golden (Jepang)

Untuk super red, Indonesia/Pontianak merupakan habitat aslinya dan Indonesia/Pontianak merupakan negara penangkar Arowana super red terbesar di dunia.

N1WAN
09-09-2002, 02:02 PM
RTG (Red Tail Golden) VS MALAYSIA GOLDEN

http://www.n1wan.com/images/RTGADULT.jpg
(Sumber photo: SCLEROPAGES F IN THE RAIN FOREST)
http://www.n1wan.com/images/MALAYGOLDB.jpg
(Sumber photo: SCLEROPAGES F IN THE RAIN FOREST)

hengky
09-09-2002, 02:39 PM
thxs Niwan. kalo boleh tau lagi, apa benar RTG/sumatra golden ini harga pasarannya lebih murah daripada super red?

Dan saya pengen tau juga, kalo aro yg kamu post di www.arofanatics.com itu juga super red? sebab saya liat itu warnanya agar purple gitu ya. maksud saya aro nya agar cross over sama warna purple.

thxs.

N1WAN
09-10-2002, 08:00 AM
Sepengetahuan saya untuk pasar lokal dan pasar export harga INDONESIA GOLDEN/RTG/SUMATERA GOLDEN/GOLDEN RED, lebih murah dibandingkan harga SUPER RED,:
- RTG 8-10cm : Rp 900.000 - Rp1,500,000
- SUPER RED 8-10cm : Rp4.000.000 - Rp5.000.000

Hal ini di karenakan:
- RTG lebih relatif mudah ditangkarkan, sehingga supply di
pasaran melebihi demand yang ada.
- Penggemar Aro secara umum lebih banyak yang menyukai
SUPER RED dibandingkan jenis GOLDEN

Sedangkan untuk MALAYSIA GOLDEN, secara "umum" untuk pasar Export lebih mahal dibandingkan harga SUPER RED, akan tetapi tidak untuk pasar lokal, harga rata-rata kurang lebih sama dengan jenis RTG.

Photo saya di www.arofanatics.com yang mana ya Bung Hengky ?

hengky
09-11-2002, 04:14 PM
Bung Niwan, apakah ini juga red aro? abis badannya ada ketimpa ungu2. Apa aro jenis ini jual di indo? Harganya apa lebih mahal

Btw, nice aro.

http://arofanatics.com/members/n1wan/indonesianredaro22222222a/image02.jpg

dOels
09-11-2002, 05:45 PM
Ternyata aslinya lebih bagus daripada fotonya. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif

N1WAN
09-11-2002, 08:42 PM
Hengky,
Anda benar photo di atas super red arowana/Indonesian Red Aro, apakah merah cabe/chily red atau merah darah/blood, ikutin diskusi kita bareng-bareng di topic: SUPER RED.

Bila pengambilan photonya tidak menggunakan flash warna keungu-unguan/purple yang begitu menonjol itu karena pengaruh lighting. "Hampir semua" lighting aquarium menimbulkan effect pada warna-warna objeck di aquarium, lebih kelihatan bersinar/ngejreng/menyala/bright/berfospor semacam itulah.

Tergantung pendapat individu masing-masing mana yang lebih disukai, seperti halnya pendapat ada beberapa bintang film yang lebih cakep aslinya daripada di filmnya (ndak fotogenick katanya), sebaliknya ada juga bintang film yang lebih cakep di filmnya di banding aslinya.

Hengky udah lihat photonya, bila mau membandingkan melihat aslinya datang saja ke tempat saya ... ya nggak Pak Doel:)

Hernandi
11-12-2002, 02:38 PM
N1wan, kemarin sore saya berkunjung ke teman hobbyist aro dan melihat ada seekor aro yg diberi nama GOLDEN SUPER RED. Merah siripnya ngejreng, sisiknya seperti Malaysian Golden dengan warna keemasan lebih dalam dibanding RTG umumnya. Sisik di punggung agak gelap, ya seperti foto yang N1wan lampiri di topik ini, katanya dari Riau. Apakah yg dimaksud golden super red ini kira2 masih = golden red atau RTG ? Kalo Golden Red yang sisiknya dominan kuning itu dari mana ya ? Sumatera juga ?
http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif

N1WAN
11-12-2002, 03:44 PM
Hernandi,
Berikut contoh photo aro HASIL SILANGAN SUPER RED DENGAN RTG:

http://www.n1wan.com/images/supergolden.jpg
(Sumber photo: THE DRAGON FISH, John D .... )
http://www.n1wan.com/images/supergolden1.jpg

Perbedaan antara Indonesian Golden atau Sumatra Golden atau Golden Red atau Red Tail Golden (RTG) dengan Malaysian Golden atau Crossback :
- bagian ekor atas Malaysian Golden ada ring keemasan, sedangkan pada Indonesian Golden tidak ada
http://www.n1wan.com/images/rtgxback.jpg

- warna ring keemasan pada Malaysian Golden sampai sisik ke enamnya (punggung) karena itu sering disebut Crossback, sedang Indonesian Golden tidak, punggung/sisik keenamnya berwana gelap
http://www.n1wan.com/images/xbackrtg.jpg

Memang ada Indonesian Golden High Quality sisi ring emasnya sampai ke level ke 6, sering disebut HIGH BACK RTG

- warna base colour pada Malaysian Golden lebih kentara dan menonjol, Â*hijau toska, biru toska dan ini di karenakan bering tipis.

Â* Sedangkan Indonesian Golden berbased colournyateredam atau tertutupin ringnya karena bering tebal .. bisa di lihat pada posisi renang tertentu, misal pada saat berenang berbelok

Indonesian Golden diketahui berhabitat asli di Sungai Pekanbaru, Riau, saat ini sudah banyak yang berhasil menangkarkannya di luar Pekanbaru, Riau seperti di Pontianak, Jakarta, Singapore, Malaysia bahkan di Jepang di aquarium.


Semoga bisa membantu, bila ada penjelasan yang kurang atau salah bisa ditambahkan dan dikoreksi.

Hernandi
11-12-2002, 04:21 PM
N1wan, TK sekali atas penjelasannya yg sangat deskriptif. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif Berarti nama GOLDEN SUPER RED yg dipertahankan teman saya perlu dipertanyakan ya, karena saya pun baru dengar.

arwan
11-12-2002, 05:10 PM
Suatu "nama" sangat penting untuk strategi bisnis dan marketing. Orang Jepang senang memberi nama-nama tertentu pada barang-barang atau hewan peliharaan.
Lihat aja mobil corrola punya banyak nama: all new corolla, Altis, great corolla dll.
Apalagi ikan hias, lebih banyak nama karena lebih beraneka ragam ikannya walaupun dalam satu varian.
Anyway jangan terlalu terpaku pada nama. Focus harus tetap pada tampilan fisik/ visual.

N1WAN
11-13-2002, 03:17 PM
Hernandi,
GOLDEN SUPER RED memang ada yaitu arowana hasil silangan Indonesian Red dengan Indonesian Golden. Ekornya super red, ringnya sampai level 6 (punggung) tapi warna ringnya kuning emas atau kuning keorange-orangean. Seperti contoh photo di mesage ini.

Supaya rekan-rekan yang lain bisa sama-sama belajar juga, lebih baik lagi bila ada photonya, nanti kita lihat dan diskusiiin sama-sama .

Hernandi
11-13-2002, 03:44 PM
http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/wow.gif N1wan, pengennya sih begitu (difoto), tapi barusan saya telepon ke temen saya tersebut untuk minta difoto, ternyata aronya telah dibeli orang, harga 4,5 juta untuk uk. hampir 25 cm. Secara fisik, saya amati lebih dekat ke Malaysia Golden tapi merah di siripnya lebih dominan. Ring sisiknya orange kemerahan. Tadinya saya pun minat beli, soalnya badannya bagus sekali (gagah), sayang lagi konsultasi di forum ini ternyata ada yg sudah beli....yaacchh tinggal nunggu yg dari N1wan deh... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif

N1WAN
12-01-2002, 03:12 AM
(Golden Red, Red Tail Golden)
http://www.n1wan.com/images/rtg15cm.jpg

h3ndr0676
12-01-2002, 03:40 AM
Liat, ekornya !!!..Badannya kagak keliatan...terlalu kecil (kalo di poto).

r1za
05-22-2003, 12:20 PM
MAAF YAH PENONTON buka2 file lama lagi nih....soalnya lagi pengen tahu lagi tentang RTG.

Dilihat dr tanggapan B.N1wan diatas terlihat adanya Indonesia/Sumatera Golden & Malaysian Golden serta ada juga silangan SR x RTG, so belakangan ini ada nuansa RTG Sumatera dan RTG Kalimantan.....nah ada yg tahu ngak mengenai ini, serta perbedaannya ?
(sebelumnya thks yah atas pencerahannya)


</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">Sepengetahuan saya untuk pasar lokal dan pasar export harga INDONESIA GOLDEN/RTG/SUMATERA GOLDEN/GOLDEN RED, lebih murah dibandingkan harga SUPER RED,:
- RTG Â* Â* Â* Â* Â*8-10cm : Rp Â* 900.000 - Rp1,500,000
- SUPER RED 8-10cm : Rp4.000.000 - Rp5.000.000
[/QUOTE]<span id='postcolor'> nah utk harga RTGnya pasti sudah berubah disebabkan krn stock berkurang/langkah....kok gitu sih..!!!


---------------
Siluk_ http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/cry_smile.gif

dOels
05-22-2003, 09:58 PM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">MAAF YAH PENONTON buka2 file lama lagi nih....soalnya lagi pengen tahu lagi tentang RTG.
[/QUOTE]<span id='postcolor'>Kayaknya Bang ArBeLo paling rajin buka2 arsip, gimana nih kalo bantuin Oom Niwan nyusun artikel ? http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif

Salah seorang pedagang bilang Golden Red di Sumatera ada dua sumber : Medan dan Pekanbaru. Yg Medan lebih coklat kehitaman. Foto :Yang jualnya ngotot ini Golden Red Riau.
ZOOM : http://gallery.o-fish.com/goldred/aax ; http://gallery.o-fish.com/goldred?&page=3
http://gallery.o-fish.com/albums/goldred/aax.thumb.jpg http://gallery.o-fish.com/albums/goldred/abc.thumb.jpg http://gallery.o-fish.com/albums/goldred/abd.thumb.jpg

r1za
05-23-2003, 08:55 AM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">Kayaknya Bang ArBeLo paling rajin buka2 arsip, gimana nih kalo bantuin Oom Niwan nyusun artikel ? [/QUOTE]<span id='postcolor'>
wah kayanya aku tdk bisa ni Mas (dg sangat.....mohon maaf) klau diperhatikan aku pasti terbentur dg pekerjaanku deh dan juga hobbie ku tdk di jenis ikan ArBeLo saja tapi juga burung berkicau. jadi aku lebih enjoy dg begini ajah....Oke Boss




So kembali lagi ke topik klau RTg Medan coklat agak ke hitaman dan tentunya Rtg Riau coklat agak kemudaan yah...? & Rtg Kalimantannya gimana warnanya..?
Oh yah tahu tdk dimana pedgn dari jenis Rtg Medan, Riau & Kalimantan.........Thks


----------
Siluk_ http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif

Hasan
07-23-2003, 02:40 PM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote (N1WAN @ Nov. 12 2002,15:44)</td></tr><tr><td id="QUOTE">Hernandi,
Berikut contoh photo aro HASIL SILANGAN SUPER RED DENGAN RTG:

http://www.n1wan.com/images/supergolden.jpg
(Sumber photo: THE DRAGON FISH, John D .... )
http://www.n1wan.com/images/supergolden1.jpg

Perbedaan antara Indonesian Golden atau Sumatra Golden atau Golden Red atau Red Tail Golden (RTG) dengan Malaysian Golden atau Crossback :
- bagian ekor atas Malaysian Golden ada ring keemasan, sedangkan pada Indonesian Golden tidak ada
http://www.n1wan.com/images/rtgxback.jpg

- warna ring keemasan pada Malaysian Golden sampai sisik ke enamnya (punggung) karena itu sering disebut Crossback, sedang Indonesian Golden tidak, punggung/sisik keenamnya berwana gelap
http://www.n1wan.com/images/xbackrtg.jpg

Memang ada Indonesian Golden High Quality sisi ring emasnya sampai ke level ke 6, sering disebut HIGH BACK RTG

- warna base colour pada Malaysian Golden lebih kentara dan menonjol, Â*hijau toska, biru toska dan ini di karenakan bering tipis.

Â* Sedangkan Indonesian Golden berbased colournyateredam atau tertutupin ringnya karena bering tebal .. bisa di lihat pada posisi renang tertentu, misal pada saat berenang berbelok

Indonesian Golden diketahui berhabitat asli di Sungai Pekanbaru, Riau, saat ini sudah banyak yang berhasil menangkarkannya di luar Pekanbaru, Riau seperti di Pontianak, Jakarta, Singapore, Malaysia bahkan di Jepang di aquarium.


Semoga bisa membantu, bila ada penjelasan yang kurang atau salah bisa ditambahkan dan dikoreksi.[/QUOTE]<span id='postcolor'>
Bung N1wan, saya baru saja buka file ini dan saya sangat tertarik akan aro jenis ini, apakah jenis silangan seperti ini harganya lebih mahal dari super Red, and dimana bisa didapatnya? http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/devil.gif

Ajie F
08-15-2003, 03:43 PM
Nyambung file lama lagi nich , untuk masalah RTG silangan dengan SR .. Dua hari yang lalu saya sempat ke Medan ,dan coba coba hunting Aro di sana , dan saya di tawari Silangan RTG & SR uk 12 Cm ( Yang menurut penjualnya hasilnya akan menjadi SR ) , Gimana pendapat ini menurut Rekan Rekan Di Forum khususnya Bos N1wan dan Bang Doels ? , dan yang kedua saya lihat di salah satu Toko Aq di Jln Thamrin MDN , saya memperhatikan sekelompak Aro SR Kecil Ukuran 12-15 CM , warna Pipinya sudah merah Orange , dan badannya juga sudah merah , tapi anehnya Merahnya tidak merata ( sebagian/di bag tubuh tertentu seperti tinta merah luber ) , kata penjualnya itu memang anakan indukan yang bagus . pertanyaan saya mungkin gak aro kecil di treat pake Asta / CR yg biasa di pake untuk memerahkan ikan Discus , atau memang ada yg kecil sudah ngejreng begitu ? Mohon pencerahannya . Terima kasih .

salam

Ajie F

N1WAN
08-16-2003, 01:28 AM
ARO SILANGAN
Menghasilkan variant dari kedua induknya secara acak, tergantung gen mana yang kuat mempengarungi, dan ini tidak dipengaruhi oleh jenis aronya ataupun jenis kelaminnya, acak. Dalam kasus diatas aro silangan RTG dan SR, akan menghasilkan :
- variant dominan SR
- variant dominan RTG

WARNA ARO

Dibawah ini adalah aro ukuran 12cm,

http://www.n1wan.com/images/rtg15cm.jpg

ukuran 15cm bisa kita kira-kiralah .....

Sepengalaman saya aro ukuran 12 -15, kalaupun sudah developt warnanya ... biasanya baru warnanya samar-samar ...di pipi dan ring sisiknya, bintik-bintik semu kekuningan atau orange muda atau semu pinkis ... samar-samar tidak terlalu jelas.

Saya belum pernah melihat yang ukuran 12-15cm warna developtnya sudah jelas ... orange kemerahan, ukuran 18-20cm sudah jelas orange kemerahan saya sering lihat. Seperti photo berikut :

http://www.n1wan.com/images/n1wanred-078.jpg

Apakah karena pengaruh makanan tertentu, saya kurang begitu tau mengenai hal ini, karena saya belum pernah menggunakannya. Rekan-rekan yang lain barangkali lebih mengetahuinya.
Semoga membantu .. koreksi dan tambahan dari rekan yang lain ... dipersilahkan

Ajie F
08-19-2003, 11:48 AM
apalagi saya orang baru belajar ,juga tambah bingung kok pak N1wan ,say lihat di Trend Aq di Jln . Thamrin Medan , mungkin pak N1wan kenal juga . Dan mengenai Cross Breed RTG Dng SR biasanya di jual dengan Nama RTG atau SR di pasaran , dan gimana penjaminan dari Penjual atau Farm yg ngeluarin silangan ini , Mohon pencerahannya dari Bos N1wan atau rekan rekan lainnya http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/lightbulb.gif .

salam

Ajie F

arwanadaemon
04-12-2006, 01:07 PM
emang aro sumatra ada yang gold?:confuse: :confuse:

KoKo
04-12-2006, 02:35 PM
emang aro sumatra ada yang gold?:confuse: :confuse:

Golden Red dr pekanbaru juga ada selain kalimantan

arwanadaemon
04-12-2006, 02:47 PM
hehehehe kreatif juga :D :D

arwanadaemon
04-12-2006, 02:51 PM
waduh salah posting jadi gak nyambung :o
ada fotonya mungkin bro?

koem-koem
04-12-2006, 04:58 PM
apalagi saya orang baru belajar ,juga tambah bingung kok pak N1wan ,say lihat di Trend Aq di Jln . Thamrin Medan , mungkin pak N1wan kenal juga . Dan mengenai Cross Breed RTG Dng SR biasanya di jual dengan Nama RTG atau SR di pasaran , dan gimana penjaminan dari Penjual atau Farm yg ngeluarin silangan ini , Mohon pencerahannya dari Bos N1wan atau rekan rekan lainnya http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/lightbulb.gif .

salam

Ajie F
Nama pemilik Trend Aq itu A-Cun ( juragan aro & discus ) gw kenal banget tuh sama dia, emang kalo gw perhatiin utk penjual aro area Medan doilah yg paling selektif dlm pemberian pakan serta perawatan menurut gw paling banyak punya SR di Medan ( Spesialis SR ) tapi doi tahunya golden red kalo RTG doi gak tahu.
Mungkin saya bisa menambahkan Pak Komandan utk silangan RTG dgn SR menurut ilmu biologi menghasilkan 3 varian :
1. Varian dominan SR
2. Varian dominan RTG
3. Carier ( ditengah SR or RTG )
Sorry kalo pendapat saya ada yg salah.
Mohon pencerahannya dari para senior.

Horas,:suer:
koem-koem
Aromania Medan

adityapurnomo
05-27-2007, 02:13 PM
siiip infonya

richardtan
07-12-2007, 10:28 AM
Kepada sobat2 sekalian, saya ingin menayakan letak perbedaan rtg biasa dgn rtg mahato. Apakah sobat2 sekalian ada yg punya pic rtg mahato? Tq

eko
09-03-2008, 12:35 AM
bos numpang nanya ane punya silver bengkok.1/4 badannya naik keatas tu termasuk golongan unik apa biasa ya...panjang sekitar 60cm.soalnya ane baru awam soal aro....trs ane jg punya irian kok tutup insangnya melipat keluar??tu knp ya???apa karena airnya yg jelek ato kenapa??panjangnya sekitar 50cm..mohon bantuannya thanks...:suer:

yudi-cool
09-03-2008, 10:40 AM
bos numpang nanya ane punya silver bengkok.1/4 badannya naik keatas tu termasuk golongan unik apa biasa ya...panjang sekitar 60cm.soalnya ane baru awam soal aro....trs ane jg punya irian kok tutup insangnya melipat keluar??tu knp ya???apa karena airnya yg jelek ato kenapa??panjangnya sekitar 50cm..mohon bantuannya thanks...:suer:
bro, tanyain di masalah penyakit aja tuh iriannya....or cari aja di forum2 lama, udah banyak koq di bahas..wellcome to aro zone

genno_st
09-03-2008, 10:58 AM
bos numpang nanya ane punya silver bengkok.1/4 badannya naik keatas tu termasuk golongan unik apa biasa ya...panjang sekitar 60cm.soalnya ane baru awam soal aro....trs ane jg punya irian kok tutup insangnya melipat keluar??tu knp ya???apa karena airnya yg jelek ato kenapa??panjangnya sekitar 50cm..mohon bantuannya thanks...:suer:

Aro Brazilnya di posting ajah fotonya biar bisa dinilai sama member yg lain...:top:

Insang kelipat lebih besar kemungkinan diakibatkan air yg kurang oksigen ( penggantian air yg belum tua / tdk di aerasi ) sehingga ikan harus bernafas extra yg mengakibatkan insang lunak terlipat ke luar / ke dalam.....
Bisa juga karena suhu air yg terlalu panas...buka2X aja di thread2X lama.....:suer:

SatoeGairah
10-22-2008, 01:43 PM
kan bukannya enak bro klo pake air yg msh muda kek daun muda gitu... ekekek kidding bro

naruki
02-04-2009, 10:05 AM
Mau tanya donk, jika di lihat dari segi kualitas/harga nya, jenis aro yang berada di antara Banjar Red dengan RTG nama jenisnya apa ya??? Golden bukan? kira2 harga pasarannya brp ya???
Thanks...:)

SatoeGairah
08-17-2009, 10:16 AM
Mau tanya donk, jika di lihat dari segi kualitas/harga nya, jenis aro yang berada di antara Banjar Red dengan RTG nama jenisnya apa ya??? Golden bukan? kira2 harga pasarannya brp ya???
Thanks...:)

RTG = Golden sama aja bro, RTG itu di atas Banjar tapi di bawah SR. Kecuali yang Crossback Malaysia

(CMIIW)

podol
10-24-2009, 11:10 AM
allo tmn2... RTG peliharanya susah ga yh?
apa bisa tahan banting seperti jardini?
soalnya suhu aqua saya 33 drajat, air sih bagus...
maaf banyak tanya lg nih, pertanyaan sebelumnya ga ada yg jawab +_+

arofanatics
10-24-2009, 11:34 AM
allo tmn2... RTG peliharanya susah ga yh?
apa bisa tahan banting seperti jardini?
soalnya suhu aqua saya 33 drajat, air sih bagus...
maaf banyak tanya lg nih, pertanyaan sebelumnya ga ada yg jawab +_+

coba deh klo mo tanya2, enakan bikin thread sendiri dulu aja boss...soale nanya di semua tempat, yg mo jawab jd bingung:confused: :eek: hihihihiii :D :D
lagian pertanyaan2nya bbrp uda ada reply ko...tp km nanya lg dgn pertanyaan yg sama???:p xixixixii:D

podol
10-24-2009, 05:24 PM
ok boss...
abis blm ngerti, jadi nanya lagi hehehe...

andhara
10-24-2009, 09:52 PM
ok boss...
abis blm ngerti, jadi nanya lagi hehehe...

Itu normal Boss...namanya juga nggak tau, jadi nanya terus...;)

arofanatics
10-24-2009, 09:56 PM
Itu normal Boss...namanya juga nggak tau, jadi nanya terus...;)

klo yang ga normal...pst kerjaannya mara2 molo...kaya ada tuu...kaburr ahh :D :D :D ;) :top: :suer:

SatoeGairah
10-31-2009, 04:05 PM
ok boss...
abis blm ngerti, jadi nanya lagi hehehe...

Ini podol yang dulu sering nongkrong di O-Fish ya? Hehehe....

Berasa familiar nicknya :D

podol
10-31-2009, 05:00 PM
iya betul ^^
pask satoe d o-fish nicknya apa yah?

Bdul
01-02-2010, 08:42 AM
Sepengetahuan saya untuk pasar lokal dan pasar export harga INDONESIA GOLDEN/RTG/SUMATERA GOLDEN/GOLDEN RED, lebih murah dibandingkan harga SUPER RED,:
- RTG 8-10cm : Rp 900.000 - Rp1,500,000
- SUPER RED 8-10cm : Rp4.000.000 - Rp5.000.000

Hal ini di karenakan:
- RTG lebih relatif mudah ditangkarkan, sehingga supply di
pasaran melebihi demand yang ada.
- Penggemar Aro secara umum lebih banyak yang menyukai
SUPER RED dibandingkan jenis GOLDEN

Sedangkan untuk MALAYSIA GOLDEN, secara "umum" untuk pasar Export lebih mahal dibandingkan harga SUPER RED, akan tetapi tidak untuk pasar lokal, harga rata-rata kurang lebih sama dengan jenis RTG.

Photo saya di www.arofanatics.com (http://www.arofanatics.com) yang mana ya Bung Hengky ?

pak N1wan harga diatas bisa di dapat dimana??
atau ada di tempat bpk????

salam kenal,

bdul:congrats:

nunoazzura
03-26-2010, 01:01 PM
apa perbedaan RTG sama SR secara fisik?

buchere78
07-27-2010, 03:48 PM
wah bingung juga bedainnya bro

mbah panpan
01-12-2011, 08:53 PM
Bung Cung2 benar,
Golden Red atau istilah internationalnya RTG (Red Tail Golden) atau juga Indonesian Golden atau Sumatran Golden sebenarnya sama saja

saya sudah lama tidak memelihara arowana (8 tahun lalu sempet piara golden red).
setelah mau beli ternyata tidak ada yang punya golden red, adanya red tail golden.
Sempet putus asa n bingun...hehehe ternyata golden red = rtg....