PDA

View Full Version : Mata Arwana bengkak dan berawan


miming_t
06-14-2003, 01:59 PM
Teman teman ,
Mohon advise , Arwana saya setelah sembuh dari white spot tiba tiba dalam sehari lapisan mata kanannya berawan dan menonjol .
Apakah mungkin arawana terkena "pop eye" ?
Kalau rekan rekan pernah ada pengalaman seperti diatas tolong informasinya yah ?
Thanks berat.

N1WAN
06-14-2003, 08:45 PM
CLOUDY EYES

Disebabkan :
- pengaruh garam, kebayakan atau untuk pertama kalinya
- luka karena terbentur benda keras (nabrak, loncat) atau akibat luka perkelahian dengan ikan hias lain atau aro lain
- air aquarium yang tercemar, karena obat-obatan atau bahan kimia lain atau karena lama tidak diganti

Pengobatan:
- ganti air 30% dengan air yang telah diinapkan dan diaerasi 2 hari, setiap 3 hari sekali,
- garam 0.5% (tidak untuk kasus karena kebanyakan garam atau pertama kalinya)
- rendaman air daun ketapang atau black water
- naikan suhunya secara bertahap 31C
- bila tidak juga ada perkembangan baik, berikan acriflavine

Semoga membantu ...

miming_t
06-15-2003, 11:20 AM
Terima Kasih atas nasehatnya ,saya udah bingung dan panik .
Dengan adanya informasi dari n1wan saya rasa penyebabnya adalah air tercemar oleh obat-obatan dan sudah 5 hari tidak saya ganti airnya.
Oke ,akan saya coba dengan blackwater dan sedikit garam dan menaikkan suhu 31C.
Thank you n1wan.

aromanic
06-16-2003, 11:49 AM
TUOOOOOOOOLOOOOOOOG.

Suhu N1wan, ikan saya kayaknya juga mengalami problem yang sama. Mata sebelah kanan agak membengkak keluar sementara yang kiri kayaknya normal saja. Penyebabnya kayaknya habis lompat tiga kali membentur penutup sewaktu saya kasih makan jangkrik. Ceritanya tuh jangkrik jatuh diatas tutup aquarium jadi si aro yang ngebet mau makan terus melompat dan mencoba menerkam jangkrik tsb sampai tiga kali membentur tutup dari jaring yang dilapisi kawat (tapi sisi jaring dibawah). Kejadiannya hari Sabtu.

Ukuran ikan saya kira-kira 15 cm jenis super red. Saya coba saran dari suhu N1wan dulu. Moga-moga bengkaknya tidak permanen dan bisa cepat sembuh. Soalnya saya lagi stress piara aro nih karena super red saya baru RIP (Rest in Peace pas seminggu yang lalu) tanpa alasan yang jelas dan tanpa permisi-permisi. Padahal ukurannya sudah 25 cm dan kayaknya ring-ring warna sudah mulai ada dan saya senang bangat ama perkembangannya. Ternyata.....wah sedih deh kalau diingat-ingat.

Masih coba tegar dan maju terus moga-moga tidak ada masalah lagi.

Kalau sekalian boleh tanya mengenai masalah mata. Ikan RTG saya ukuran 28 cm mengalami mata bengkak juga. Apa ada cara untuk mengobatinya. Apakah penyakit ini disebut dropsy eyes disease? Mohon dong nasehatnya. Trims.

imported_Yanuar
06-17-2003, 11:58 AM
http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/cry_smile.gif Â*wah waaah. . . . . kayaknya gejala sakit mata sedang mewabah pada aro nih.

Aro rtg saya ukuran 25 cm up juga semalam saya perhatikan dimata kanan ada titik putih seperti jamur http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/angry_smile.gif Â*Langsung saya kasih garam tadi pagi saya perhatikan masih ada.
Aro tsb hari minggu baru dipindahkan lokasinya. Apa mungkin matanya tergesek oleh plastik pada waktu memindahkan ?

Saya mencurigai kondisi air pam yg beberapa hari terakhir kualitasnya buruk.

Untuk rekan miming & super red apakah anda juga mengunakan air pam ??

N1wan</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">- bila tidak juga ada perkembangan baik, berikan acriflavine [/QUOTE]<span id='postcolor'>

Mohon penjelasan yg lebih detailnya boss : Bentuk obat, kemasan, dosis, cara penggunaan. Terima kasih sebelumnya.

Salam,
Yanuar.

miming_t
06-20-2003, 12:36 AM
Pertama -tama ,saya ucapkan terima kasih banyak kepada n1wan.Aro super red saya berangsur angsur membaik setelah saya ikuti anjurannya yaitu meningkatkan suhu air sampai 30 c saya berikan black water 10ml untuk 120 liter air dan saya perkecil cahaya lampunya dari 30 watt menjadi 15 watt.
Selain itu saya siapkan air pengganti di akuarium lain dengan menggunakan heater agar suhu airnya sama 30c.Saya ganti 60% air nya setiap hari dengan air yang sudah dipersiapkan .
Kenapa saya kecilkan cahaya lampunya sebab setelah saya awasi mata aro yang bengkak selalu mengenai kaca dan tergesek terus.Setiap saya ganti airnya saya tambahkan black waternya juga 10 ml.
Semoga pengalaman saya berguna bagi rekan rekan yang lain .

Kepada Yanuar, Saya informasikan saya tidak memakai air PAM tetapi air Artesis.

Demikian ,sampai disini dulu dan akan saya informasikan lagi perkembangannya.

Salam,
Miming

Sutanto
06-21-2003, 10:28 PM
Aro yg pada sakit, belinya dulu dimana? atau apa ada baru beli ikan baru sebagai teman yg digabung dg aro tsb.

miming_t
06-22-2003, 12:22 AM
Pak Sutanto ,

Saya rasa tidak ada penggabungan seperti yang bapak maksud . Berhubung saya tinggal di Bandung, saya membelinya di salah satu toko ikan hias di daerah Karapitan Bandung. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif

Begitu ceritanya pak .

Salam ,
Miming

Hernandi
06-23-2003, 08:00 AM
kang miming_t, jika belum sembuh juga, saran N1wan dengan menggunakan acriflavin layak dicoba. Saya sudah 4 tahun memanfaatkan acriflafin sebagai salah satu bahan obat luar, terutama untuk disease yg berbasis jamur; hasilnya tidak mengecewakan, termasuk ketika mata aro SR saya mengalami hal yg sama dengan aro anda.

rianfish
06-23-2003, 08:10 AM
Halo, kira2 peyebabnya apa ya Pop Eye, kalo menurut saya qualitas air, dulu pernah pelihara Festae, sudah bgs, tiba2 kena pop eye, jd buta. Kalo sembuh, jd radial masih mending :-)

miming_t
06-23-2003, 08:48 AM
Terima Kasih mas Hernandi atas sarannya ,aro saya sudah 90% pulih dan semalam sudah mau makan udang yang kepalanya sudah dibuang. Mas, by the way ACRYFLAVIN itu apakah Merk obatnya atau bahan dasar obatnya tapi bisa bermacam macam Merk ? Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/dozingoff.gif .

Mas Rianfish saya setuju dengan pendapat anda dan saya informasikan saya mengunakan akuarium ukuran 100 cm X 50cm X 45 cm dan pinggirnya di sekat 15 cm untuk filtrasi dengan menggunakan power head sp 1200 .Hasilnya tidak memuaskan air cepat kotor dan kandungan oksigen kurang.
Saya rasa canister filter sejenis Eheim 2217 masih tetap the best untuk mempertahankan qualitas air.

Salam ,
Miming.

Hernandi
06-24-2003, 08:04 AM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote (miming_t @ June 23 2003,08:48)</td></tr><tr><td id="QUOTE">Mas, by the way ACRYFLAVIN itu apakah Merk obatnya atau bahan dasar obatnya tapi bisa bermacam macam Merk ?
[/QUOTE]<span id='postcolor'>
Setahu saya itu nama bahannya. Bentuknya bisa bubuk, bisa yg sudah dicairkan (dikemas dalam botol), dijual dibeberapa toko aquarium yg kelengkapan obat2an aquariumnya cukup memadai.

06-25-2003, 12:00 AM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote (Hernandi @ June 24 2003,08:04)</td></tr><tr><td id="QUOTE">dijual dibeberapa toko aquarium yg kelengkapan obat2an aquariumnya cukup memadai.[/QUOTE]<span id='postcolor'>
Dimana ya tepatnya?

Thanks

-GSP-

Hernandi
06-25-2003, 07:57 AM
Untuk di Jakarta/bekasi, setahu saya (bukan promosi) toko Sumber Alam Candra menyediakannya; dalam kemasan botol aqua. Untuk toko lain, mungkin rekan lain bisa menambahkan.

miming_t
06-28-2003, 09:48 AM
Terima Kasih mas Hernandi atas informasinya. Saya mau coba cari di toko ikan hias.
Juga untuk n1wan dan semua rekan rekan terima kasih Aro saya sudah pulih dan normal kembali .
Dalam pengalaman ini saya rasakan , kualitas air sangat berperan dalam penyembuhan dan tidak disangka Black Water
pun salah satu yang perlu dipertimbangkan untuk pemeliharaan Aro.

Sekali lagi Thank You. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/beer_yum.gif