PDA

View Full Version : Aro tidak mau berenang


imported_aromanic
02-01-2004, 12:35 AM
Belakangan ini aro saya tidak mau berenang dan lebih suka berdiam diri di dasar atau diam saja di atas permukaan air. Kelakuan ini baru terlihat tiga hari belakangan ini. Nafsu makannya kelihatan juga menurun (sebelumnya sangat rakus dan aronya kelihatan gemuk). Sekali-kali aro suka menyentakkan tubuh dan sirip digoyangkan secara cepat.

Saya pikir penyebabnya apa mungkin parasit yang dibawa dari tumbuhan yang baru saya tanamkan di dalam aquarium seminggu yang lalu. Gimana ya solusinya? Sementara ini saya telah memberikan obat anti parasit, garam dan suhu dinaikkan 30,5 tentunya setelah air saya ganti 30%. Semua tanaman telah saya singkirkan juga saat ini.

Mohon dong teman-teman share pengalaman. Arigato.

Luke
02-02-2004, 12:18 PM
bisa macam2 penyebabnya sih... pertama kualitas air (kadar Oksigen, amonia, nitrit, nitrat).... bisa juga aronya stress... apakah aro sempat lompat2... bisa juga kena parasit internal... coba perhatikan bentuk kotoran... apakah normal?

akuariumnya pake tanaman dan pasir ya?

rianfish
02-03-2004, 08:24 AM
jika kita pegang, aronya pasrah saja ato tdk? lemas tdk? air pengganti bagus? jk air pengganti tdk stabil kualitasnya, kebiasaan sering ganti air menurut saya tdk baik. apakah bebas kaporit, ph normal? bisa jg pengaruh perubahan dekor aquarium, media tanam nya apa? jika ada, ukur PH, jika aro sering terlihat gatal, boleh gunakan anti bacteria/jamur, apakah perutnya kembung? mungkin tdk bisa buang kotoran? good luck, selama pengobatan,jk belum, media arang/carbon di filter harus diangkat.

imported_aromanic
02-04-2004, 08:30 PM
Ma kasih untuk penjelasannya. Dulu saya ini beli pengukur pH seharga Rp. 85.000 dan selama ini saya pakai alat ini untuk mengukur pH dan tentunya angka yang ditunjukkan selalu mendekati 7. Rupanya setelah saya tes pakai tes Tetra saya terkejut bukan main kalau pHnya mendekati sembilan. Tidak puas dengan tester yang demikian (karena saya tidak terlalu yakin dengan perbedaan warna hasil test) maka saya beli tester yang digital.

Sekarang problem saya ini bagaimana menurunkan pH sumber air yang saya gunakan. Air itu berasal dari sumur bor dan ketika baru ditampung pHnya mendekati 7.0 namun setelah dibiarkan (baik tanpa aerasi atau dengan aerasi) pH nya naik menjadi 8,6. Saya beli pH down (200 ml) seharga Rp. 15.000 dan satu botol ini belum cukup untuk menurunkan pH air sebanyak 250 liter untuk mendekati 7.

Pertanyaan saya apa sih yang menyebabkan pH air itu naik? Terus metoda/bahan apa yang paling murah untuk menurunkan pH air tersebut? Mohon sharing pengalamannya. Trims.

cung
02-04-2004, 09:35 PM
Pengalamannya sama nih http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/cry_smile.gif. Di tempat saja juga pH bisa mencapai 8, tapi saya tidak berusaha menurunkannya. Biarlah dibanding beresiko dengan pH down. Memang kadang2x dikasih aja daun ketapang treatment sekalian bisa menurunkan pH. Memang kalau air diberikan aerasi kecenderungan menaik kadar pHnya belum tahu penjelasan ilmiahnya mungkin ada masukan dari rekan2x yg lain.

hihihaha
02-04-2004, 11:28 PM
coba aja pakai pomate,kalo yg ph coba pake filter biologis, bisa dibuat sendiri.

Luke
02-06-2004, 01:51 PM
pH naik karena aerasi adlah biasa... krn CO2 yang larut dalam air jadi lepas ke udara... shg pH jadi naik... kalo menurut saya yg penting adalah kestabilan (asalkan masih dlm rentang yang wajar)...
hati2 menggunakan pH up atau pH down... banyak kasus aro kena pH shock krn perubahan pH yang drastis.... dan juga seringkali pH yang sudah sesuai, stlh dimasukkan ke akuarium berubah lagi.. krn banyak parameter yng menentukan pH spt kesadahan...

imported_aromanic
02-06-2004, 08:54 PM
Betul sekali. Dua hari ini saya kutak-katik terus tuh air dengan bermacam-macam tes dan experimen tapi terakhir pH yang telah turun naik juga dan saya harus setuju dengan rekan luke kalau mungkin yang lebih penting ialah kestabilan. Terakhir saya cek kayaknya pH itu sangat stabil pada angka 8,8 (angka hoki pula nih).

Saya mulai piara aro lebih kurang setahun yang lalu dan saya yakin dari day 1 pH airnya juga sudah begitu cuman saya tidak tau. Setelah hampir setahun 3 ekor aro yang baru sekitar 12 cm dulu sekarang telah tumbuh dengan sehat dan gemuk dan mencapai panjang sekitar 35 cm http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif dan golden red yang dulu 20 cm sekarang juga sudah mungkin 40 cm. Jadi pikir-pikir mungkin pH tinggi ok juga.

Gimana rekan-rekan apa ada yang piara aro dengan pH setinggi pH air aquarium saya ataupun lebih tinggi? Terus efeknya apa ya kalau ada (mungkin ke warna?).