PDA

View Full Version : Aro kena penyakit stress


d4Rm4w4n
04-13-2004, 08:55 PM
Halo bos-bos aro ....

saya kebetulan punya masalah nih dengan sr di rumah, kebetulan si aro kelihatannya gampang stress kalo dilihat ... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/sad_smile.gif padahal liat aro kan asik tuh apalagi kalo lagi jalan-jalan di aq http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/notify.gif Nah sekarang masalahnya tuh tempat aquarium sudah mulai kotor alias harus dibersihin .... gimana ya apa yang saya harus lakukan, padahal menurut bos niwan air aqua untuk aro baiknya diganti tiap hari 10 % nah air si aro sekarang udah hampir 10 hari blm diganti karena pernah si aro saya coba untuk sedot kotoran di dasar akibatnya si aro ngamuk tabrak dinding kiri dan kanan dan hasil punya hasil sisik hilang 5 lembar (hik ... untuk ngga 10 ... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif ) dan kulit bagian kepala terkelupas .... tolong dong bos2 aro gimana nih .... caranya mau bersih-in aquarium tapi kawatir akan ngambek lagi .... bisa2 gundul tuh aro sisiknya lepas lagi plus tambah stress-an lagi tuh aro pastinya http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/sad_smile.gif
ditunggu ya masukannya ... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/cry_smile.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/cry_smile.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/cry_smile.gif

04-13-2004, 09:22 PM
coba pakai filter atas trus airnya dikeluarin dari situ aja (tapi awas listrik) atau coba pelan-pelan aja dan gerakan tidak menyentak srta ukuran selang yang kecil aja.

d4Rm4w4n
04-13-2004, 09:46 PM
Bung Kalesa ...

Gimana kalo mau bersih-in kotoran aro yang ada didasar .... ? Filter atas di tempat saya adanya dibagian pojok dan tidak mungkin untuk dipindah2 .... si sr ini bener2 sensitif .... lho.

TQ buat masukkannya .... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/wink.gif

imported_aromanic
04-17-2004, 11:33 PM
Kalau SR yang anda pelihara itu menempati aquariumnya sudah cukup lama menurut saya stress itu adalah indikasi kalau ikan itu sudah pada tahap awal terserang penyakit.

Pengalaman saya ikan yang paling sensitif itulah yang terserang penyakit dan sakit paling dulu.

Bisa jadi juga ikan anda terserang penyakit yang masih ringan sehingga ikan itu jadi sensitif. Lalu anda pikir untuk tidak mau mengganggu ikan tersebut karena takut ikannya stress sehingga kondisi air menjadi tambah buruk dan penyakit yang diderita ikan kita jadi tambah parah.

Hal ini yang sekarang ini terjadi pada RTG saya. Kondisinya belum juga membaik sampai sekarang dan sudah hampir tiga bulan tidak makan apa-apa. Ikan ini cukup sensitif dan gampang sekali terkejut sebelumnya.

Saya bukan mau takutin. Saya pikir anda harus aja prepare for the worst outcome.