PDA

View Full Version : Cara Operasi Ekor Arwana


imported_aromanic
02-29-2004, 11:08 PM
Mohon bantuan teman-teman.

Aro golden red saya ukuran 38 cm dan kira-kira sepuluh hari yang lalu saya perhatikan ekornya mulai punya problem. Saya kasih bermacam obat untuk tail rot tapi tidak ada yang membantu. Terus dua hari lalu karena kondisi ekornya sudah makin parah ikan itu saya bius dan saya aplikasi langsung ekornya dengan obat betadin dan obat "hijau". Saya punya pengalaman bagus obat betadin buat ikan koi saya dimana yang kelihatan seperti ulcer ditubuh koi dapat sembuh dengan sangat cepat ketika saya oleskan betadin.

Kondisi sekarang ikan kelihatan lebih stabil dan tidak mudah terkejut. Nafsu makan masih tidak ada sama sekali. Konsidi ekornya sebagian telah hilang khususnya bagian tengah. Pertanyaan saya apa ikan itu sebaiknya saya potong ekornya atau saya biarkan nature take its course. Kalau tidak saya potong apa ekornya dapat tumbuh dengan normal kembali?

Mohon advisnya teman-teman. Kalau yang sarankan operasi dan memang punya pengalaman gimana dong caranya. Saya sudah membawa dari buku "57 permasalahan aro dan solusinya." Namun saya pingin lebih banyak advis dari teman-teman sebelum saya take the bold step.

Thank you ya.

Luke
03-01-2004, 10:03 AM
menurut saya... sebaiknya kondisi ikan di-stabilkan dulu sampai nafsu makannya ok dan dilihat perilakunya apakah gejala tail rot itu masih muncul... usahakan masalah tail rotnya hilang dulu... masalah "salon" untuk memperbaiki ekor yang rusak belakangan lah...

dari forum negara tetangga... sering dipakai obat yang namanya Melafix untuk mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan sirip2 yang sobek... tapi saya sendiri tidak pernah pakai....

semoga membantu

siluk
03-03-2004, 12:15 AM
maaf ikut komentar, ttg melafix memang ok banget untuk fin , pengalaman gua untuk sirip ekor kira kira 1 bulan udah paten kayak semula, untuk sisik copot juga bagus ,cuma baunya yang ngak gitu enak...... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif

SmellyCat
03-03-2004, 10:51 AM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote (MEDANKIA @ Mar. 03 2004,00:15)</td></tr><tr><td id="QUOTE">maaf ikut komentar, ttg melafix memang ok banget untuk fin , pengalaman gua untuk sirip ekor kira kira 1 bulan udah paten kayak semula, untuk sisik copot juga bagus ,cuma baunya yang ngak gitu enak...... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif[/QUOTE]<span id='postcolor'>
Bos, gimana pemakaiannya trus dosis yg dipakai bagaimana? terima kasih..

siluk
03-04-2004, 12:30 AM
gua kasih 25 ml utk aq isi +- 400 lt, tiap minggu ganti air 25 %
dan tambah 5 ml gitu. nafsu makanpun jadi bagus cuma itu loh baunya kayak minyak kayu putih, apa mungkin itu minyak kayu putih?http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif??

imported_aromanic
03-04-2004, 08:07 PM
Trims untuk informasinya.

Asumsi saya Medankia apa orang Medan. Kalau kebetulan orang medan dimana tuh toko yang jual melafix di medan.

Kondisi ikan saya sekarang masih belum mau makan tapi kayaknya ekornya sudah bebas dari tail rot itu. Sekarang cuman menunggu tumbuhnya ekor.

Kebetulan juga hari ini saya baca di Trubus edisi terbaru ada diuraikan secara lengkap cara-cara pemotongan ekor aro.
Beruntung deh gua.

siluk
03-05-2004, 12:08 AM
salam kenal juga aromanic, kalau boleh kenal anda tinggal dimana? kan enak kalau ada temen diajak hunting dan sharing kalau ada masalah. gua dapetin obat itu waktu ke penang , kayaknya di toko ikan bonafit ada tuh....., cuma harganya gua ngak taulah.