PDA

View Full Version : TOLONG AROKU RENANGNYA VERTICAL!!!!


ickey
10-01-2002, 04:39 PM
tolong bro...aku baru liat aroku 20mnt yang lalu berenangnya vertical(kepala dibawah).
sebelumnya aroku aku karantina(karena ada kutu jarumnya)dengan pengobatan sesuai dengan anjuran di post "Kutu Jarum"
apa yang harus aku lakukuin neh?
TOLONG DONG DI REPLY SEGERA!!!!

nb:jujur ajah, aku lagi panik neh http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/sad.gif

ickey
10-01-2002, 06:53 PM
setelah 2 jam aku melihat perkembangan aroku...ternyata tidak ada tanda² membaik....
kejadiannya +/- 2jam yang lalu....aku baru liat aro yang aku karantina karena masalah kutu jarum berenang vertical.

keterangan:
1.dalam masa karantina air aku beri 0.3% garam ikan,air yang digunakan sudah diinapkan selama 1 minggu dan sudah memalui alat penyaringan merk Elextrolux(Aqua Guard).
2.ikan muali dikarantina 2 hari yang lalu dan tadi pagi kondisi ikan baik² saja sampai 2,5 jam yang lalu aku ngeliat dia udah vertical...langsung saja aku tambahkan aerator(3 output)
3.suhu air 29 derajat celcius

keadaan sekarang: aro masih tidak stabil....malahan sekarang dia mengambang tapi masih bernafas(posisinya tidak terbalik ataupun vertical tapi "nyamping" badan bagian kiri menghadap keatas)
aku perlu bantuan ama bro semua,apa yang aku harus lakukan untuk menyelamatkannya

NB:ini aro kesayanganku karena aku belinya setelah jual baju dan celana(belum sampe jual diri sich http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif )

N1WAN
10-01-2002, 07:24 PM
Ickey,
Beberapa cara mengatasi aro yang nungging bisa Ickey lihat di posting forum "Arowana Nungging (http://www.n1wan.com/forums/cgi-bin/ikonboard.cgi?act=ST;f=4;t=7)

Yang mesti dicari tau adalah penyebabnya kenapa tiba-tiba nungging, :
- apa karena airnya tercemar, tanpa kita kethaui baik itu dari filter atau benda-benda di sekelilingnya, atau mungkin dari garamnya, mesti check ph, kadar amonianya
- mungkin juga aronya muntah nggak ketahuan
- bisa juga pemberian garam terlalu banyak dan terlalu drastis tidak setahap-demi setahap

Kecurigaan sementara air karantinanya nggak bener, dengan asumsi Ickey menggunakan aquarium karantina tersendiri, saran saya aronya dipindahin ke akuarium yang lama, yang selama ini tidak ada masalah (sebelum dipindahin ke aquarium karantina), dan lakukan langkah seperti di forum "Arowana Nungging (http://www.n1wan.com/forums/cgi-bin/ikonboard.cgi?act=ST;f=4;t=7), bila parah sekali baru di jepit, nunging dan terbalik "floating like sandal"

Semoga bisa membantu, cepat sembuh Â*dan kabari perkembangannya, coba diingat-ingat kemungkinan penyebabnya ...

dOels
10-01-2002, 07:57 PM
Bentar ya ketik dulu http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif

dOels
10-01-2002, 08:21 PM
Udah banyak diketik eh.... ilang semua... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/sad.gif

dOels
10-01-2002, 08:30 PM
Artikel tentang aro nungging yg ditulis Bung Niwan lumayan lengkap. Saya cuma komentar dikit aja...
Usahankan terus, tapi jangan terlalu berharap banyak, karena salah satu buah harapan adalah kekecewaan.

- Gunakan air mineral (Gallon) yg diaerasi.
- Suhu stabil 30* C (gunakan termometer)
- garam 0,1 % aja atau kurang.
- black water sepertiga dosis.
- aerator.
- saat ini mungkin arus di hentikan dulu, kecuali untuk penyembuhan jangka panjang.
- bahan kimia lain stop dulu.
- makanan stop
- siapkan antibiotik amoxycillin.
- inget2 kronolog kejadian
.............................. chat Â*messenger yahoo : ikanhiasku
.............................. .............

dOels
10-01-2002, 08:55 PM
Kalo bisa bertahan cukup lama, siapkan tindakan pengobatan dg antibiotika diharapkan menanggulangi penyebab dari kuman2 yg meyerang alat dalam. Bisa gunakan cara perendaman sbb:
Antibiotik (http://www.geocities.com/arwanaindonesia/ab.htm) , coba juga anda tanyakan ke P'Wahyu (O-fish.com)

dOels
10-01-2002, 08:57 PM
Yg penting sekarang adalah live support dulu, nggak usah dipikirin nungging tidaknya.

angel_death
10-01-2002, 09:08 PM
bro yang penting adalah JANGAN DIKASIH MAKAN DULU !!!!!! aro super red pertama yang aku punya mati karena kasus ini , mau share my exp saja :
aro gua nungging sekitar 2 malam gak sembuh sembuh , semula aku gak berani kasih makan tapi lama lama karena ketidak tahuanku aku kasih makan dan dalam 2 jam ikan ku langsung mati ! lalu aku dan boss LFS gua melakukan pembedahan ditemukan plastic dekor didalam perut yang sudah rusak ! bro mungkin masalahnya berbeda tapi aku camu mau share exp ku saja semoga berharga .

ada kemungkinan juga alat penyeimbang dalan tubuh ikan tersebut terganggu kerjanya ?

regards

N1WAN
10-01-2002, 10:02 PM
Rekan-rekan semua,

Baru saja dapat kabar terakhir "aro kesayangan Ickey" telah menghembuskan nafas terakhirnya.

Ikut berduka cita, semoga Ickey tabah dan nggak kapok memelihara aro, semoga dapat penggantinya yang lebih baik lagi.

Saya dan rekan-rekan yang lain mohon maaf bila tidak berhasil membantu menyelamatkan aro kamu. Kita udah berusaha ...tapi yang punya nyawa berkehendak lain.

Sebagai pelajaran buat yang lain, mungkin Ickey bisa cari tau sebabnya apa, atau seperti yang dilakukan Angel_Death, diotopsi, dengan demikian matinya tak sia-sia, memberi suatu pelajaran yang berarti

Kemarin ... merasa lega, dapat membantu rekan yang lain yang dalam kesusahan, hari ini mengelus dada/bersedih karena tidak berhasil menolong ...

angel_death
10-01-2002, 10:16 PM
bro Ickey sorry telat sekali aku replynya http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/sad.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/sad.gif semoga sedihnya tidak berlarut larut http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/sad.gif

ickey
10-01-2002, 11:55 PM
sedih bgt emang rasanya ngeliat saat² dia sekarat.... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/sad.gif
kematiannya justru membuat aku makin penasaran pengen punya aro banyak http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/wink.gif tapi ada gak yach yang mau jual aro 3x bayar? http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif Â*maklumlah...dompet nipis buat bikin akuarium baru n beli alm. RTG(hiks....hiks.....sekarang sedang aku taruh di freezer buat kenang²an walau kenangan itu pahit)

tadi sempet aku meriksa insangnya warnanya merah pucat dan terdapat potongan kecil bagian dari ulat hongkong lalu ditenggorokannya ada jangkrik(udah ancur), apa karena itu yach?tapi aku belum sempet mengotopsinya,gak tega bro... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/sad.gif

NB:cita-citaku pengen punya community aro dari semua jenis aro asia

dOels
10-02-2002, 01:12 AM
Ok, selesai,
Nggak masalah, saya juga biasa punya aro yg pengen cepet2 ke ahirat . Sekarang agenda selanjutnya dari forum ini untuk menyikapi kejadian2 semacam itu?

Mungkin diharapkan para arowanaist menyumbangkan saran2 untuk sebuah ruang/kolom "WARNING ! " dari FAQ, "EMERGENCY CARE" ,"AVOID", "RESTRICT" atau semacamnyalah.

Salam,

Martin
10-02-2002, 09:45 AM
To ickey,
Sebenarnya kita semua tidak mengharapkan ada kejadian seperti ini yg menimpa rekan aromania. Kejadiannya begitu cepat sekali, shg kita2 nggak bisa membantu banyak. Ikut prihatin dengan kematian aronya. Kalau menurut dugaan saya, aronya mati bukan disebabkan kutu jarum, ada kemungkinan keracunan "sesuatu", seperti yg disebutkan Niwan - mungkin airnya tercemar? Mungkin perlu dicurigai air hasil sulingan Elekrolux?
Saran Doels utk Emergency atau pertolongan pertama perlu ditindaklanjuti, kalau lewat forum ini kadang2 nggak bisa cepat di-respon - karena tidak setiap saat aromania bisa Online internet. Saran saya sebaiknya setiap aromania mesti mempunyai teman atau sesama hobyist yg bisa dibuhungi setiap saat utk konsultasi. Karena umumnya kalau ada masalah biasanya panik duluan, nah yg sering terjadi adalah "treatment" yg dilakukan justru membuat aronya cepat pergi.

Salam,
martin

dOels
10-02-2002, 11:57 AM
Usulan,
Gimana mengatasi masalah kasus2 gawat darurat? kalo boleh usul, bagaimana selain HPnya Bung Niwan sebagai emergency, juga sebagai terminal untuk koneksi ke member lain sebagai second oppinion. Jadi Bung Niwan sebagai operator nih? http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif .
Kopi darat juga sebaiknya digalang kembali. Kapan nih kumpul2 lagi? Gimana Mr.R12al ?

Salam,

r12al
10-02-2002, 07:27 PM
TURUT BERDUKA CITA......
untuk meramu suatu mekanisme EMEREGENCY, perlu Copy darat, selain itu guna mempererat silatuhrahmi....
Selain itu, guna mengantisipasi penyalahgunaan no HP, dipandang perlu untuk membuat mekanisme (menghindari TEROR nich,,,,,) dan hal lainnya.....

Gemana Nich P'Komandan, bersedia gak Rumahnya untuk dijadikan tempat pertemuan selanjutnya......? saya harap bersedia dech....krn udah banyak juga korban berjatuhan dan tragisnya lagi si Aro mati sia-sia, yg notabene, mungkin para dewan pakar lebih bisa proaktif membantu......

Sekali lagi P'Komandan, minta kesediaan waktu & tempatnya nich.....guna merealisasikan hal ini, Kalau bersedia dan sudah ketemu hari baik, bisa JAPRI dulu ke aku, krn aku terlahirkan di forum ini, sbg PROVOKATOR ACARA, biar nanti saya perovokatori.....
Thanks aku tunggu konvirmasinya......!!!


salam
r12al

ickey
10-03-2002, 12:18 AM
thx all bro....atas simpatinya,tetapi biarlah kesedihan menjadi kenangan dalam hidup dan tidak sepatutnya untuk terus larut dalam kesedihan karena masih ada kesenangan yang akan dijalani kelak.

tentang EMERGENCY CALL aku setuju bgt...mungkin para member ada yang bersedia menyumbangkan nomer hpnya untuk dipakai sebagai terminal penghubung?yang jelas dalam kepanikanku kemaren...aku langsung refleks nelpon bro n1wan(thx a lot bro atas bantuannya).
Usulan kopdar kayaknya emang sangat amat perlu sekali diselenggarakan dan aku sangat amat mendukung usulan itu,tapi mungkin aku bakal ada kesulitan kalo kopdar itu dilaksanakan di jakarta ato di daerah lainnya di jawa karena aku berdomisili di bali.Mungkin ada rencana ngadain kopdar dibali(sambil liat bule http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif )?

N1WAN
10-03-2002, 10:20 PM
Saya bersedia dan setuju dengan usul Pak Doel :
Nomer handphone saya : 0812-96-80-145

Saya menyadari bahwa saya masih baru juga dalam hal perarowanaan, masih "buuanyak sekali" yang saya tidak tau, oleh karena itu saya harapkan dukungan rekan-rekan yang lain, bagi saya "pengalaman" jauh lebih penting dari teori-teori yang ada, karena tiap kasus yang berbeda-beda, diharapkan dengan banyaknya masukan advice pengalaman rekan-rekan yang lain, kejadian yang seperti ini tak terulang kembali.

Saya sengaja membuat kapling-kapling mesage secara specific, perpenyakit dan permasalah, diharapkan posting, replynya terfokus dan komplit dengan pernak-perniknya, sehingga bila ada rekan-rekan yang lain mengalami masalah yang sama bisa di jadikan suatu acuan ...pertolongan pertama, tanpa harus susah payah searching di forum. Atau mengulangi posting mesage yang sama.

R12al,
Tempat saya boleh untuk pertemuan, mau silaturahmi, baca buku dan majalah arowana ...persilahkan pintu rumah saya selalu terbuka dengan senang hati, tidak "diharuskan" membeli aro saya ko' he he he.

Sekalian kita nanti sowan ke tempat Pak Jimmy Dinamika Kapuas, karena banyak rekan-rekan pula yang belum sempat kesana karena kesibukan masing-masing, datang rame-rame itu lebih ....."indah" istilah saya he he, pernah lihat iklan geng ijo ....ijo .., kebersamaan dalam perbedaan itu ..indah dan damai .. geng "Arowana" ...aro ..aro ..aro http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/wink.gif

r12al
10-04-2002, 01:20 PM
Thanks...Rekan n1wan atas kesediaannya.....

"Sekalian kita nanti sowan ke tempat Pak Jimmy Dinamika Kapuas, karena banyak rekan-rekan pula yang belum sempat kesana karena kesibukan masing-masing, datang rame-rame itu lebih ....."indah" istilah saya he he, pernah lihat iklan geng ijo ....ijo .., kebersamaan dalam perbedaan itu ..indah dan damai .. Â*geng "Arowana" ...aro ..aro ..aro"[B]

Saya yakin, Tentunya kita sepaham.......
Dengan Keterbukaan dan "kebersamaan dalam perbedaan", Insya Allah kita wujudkan pertemuan ini.....
Tinggal tunggu hari baiknya aja......
Mungkin dr rekan-rekan mempunyai pandangan, mengenai waktu pelaksanaan......?
kita tunggu Responnya...!!!

max_crivil
09-28-2006, 04:24 PM
Bos macam mana cara memberikan antibiotik amoxilin ke arwana...?
apa di campur di air atau dimasukkan ke mulut...?
amoxilin khusus ikan atau nggak...?TQ
- inget2 kronolog kejadian
.............................. chat *messenger yahoo : ikanhiasku
.............................. .............[/quote]

ADE
09-29-2006, 09:20 AM
to Bro Ickey :
Dari Pekanbaru gw jg turut prihatin atas kepergian Aro nya dan moga smua ini jadi pengalaman dan cambuk bagi kt smua penggemar aro utk lebih mempelajari setiap kasus2 berbeda yg terjadi pada aro..Dan saran gw alm diotopsi aja utk pengetahuan dan tambahan ilmu. Mudah2an bisa dapat petunjuk penyebab kematian aro dg kasus tsb..
Tks buat Bung Niwan yg bersedia memberi no hp nya, ini sangat membantu terutama buat pengemar aro yg msih awam dan jauh dari kediaman bung Niwan yg kami nilai sudah berpengalaman dalam pemeliharaan Aro..
Salam kenal dari saya ( Ade, Pekanbaru)

adipurwanto
09-29-2006, 09:29 AM
Ini postingan lama banget bos. Udah dari taun 2002 :D :D :D

RudolF
10-01-2006, 02:27 AM
Si bro ickey nya masih ada gak yah....:D !

paladin1
10-25-2006, 08:49 PM
halah ... gue gak sadar waktu baca euy... gue kira kejadiannya baru ..... :D

herukuntoadji
11-10-2006, 05:46 PM
:idea: Aku jg punya 2 yg nungging. Ttp sehat-sehat saja n mo dilihat sampai kpn dia cape nunggingnya.