PDA

View Full Version : PROSES AKLIMASI


N1WAN
02-03-2003, 12:20 PM
Sering kali kita menganggap remeh atau salah mengerti mengenai proses aklimasi untuk aro yang baru di beli atau dipindahkan.

TUJUAN
Mengurangi resiko akibat perubahan lingkungan yang extrim, suhu, PH air, berat jenis air karena banyak sedikitnya kandungan garam terlarut.

RESIKO MENGABAIKAN PROSES AKLIMASI
- Aro kemasukan udara, gelembung renang pecah, aro kehilangan keseimbangan, jadi berenang nungging kepala dibawah ekor keatas, terbalik ngambang, kematian

AKLIMASI PROSEDURE
- Matikan lampu aquarium, gunakan lampu ruangan, matikan powerhead arus, bilas plastik bungkus aro, dan letakan plastik bungkus aro sejajar di permukaan air aquarium selama kurang lebih 30 menit, tujuannya untuk menyamakan suhu air di plastik dengan suhu air di aquarium. Lama tidaknya, tergantung seberapa extrimnya kemungkinan perbedaan suhu.

- Buka ikan plastik pembungkus aro perlahan-lahan dalam posisi sejajar permukaan air aquarium, biarkan air aquarium masuk kedalam kantong pembungkus secukupnya (5 gelas minum), dan ulangi lagi setiap 5 menit, sampai penuh. Tujuannya untuk mengurangi perubahan PH, suhu dan berat jenis air secara extrim.

- Setelah penuh, lepaskan aro dari kantong plastik secara perlahan ke aquarium

- Tambahkan garam secukupnya 1/2-1gram per litter air dan black water atau rendaman air daun ketapang. Tujuan membantu menenangkan aro dalam proses penyesuaian lingkungannya yang baru

- Pastikan tutup aquarium tertutup rapat dan nyalakan lampu aquarium, amati aro dan pastikan keadaan aro 1/2 - 1 jam.

Martin
02-04-2003, 08:59 AM
Info yg sangat berguna,
selama ini kalau dapat aro baru, langsung saya masukin ke aquarium, untung saja nggak apa2 ...
tapi mengingat aro yg adalah ikan mahal kayaknya mesti lakukan proses aklimasi, dari pada menyesal nanti ..

h3ndr0676
02-04-2003, 12:23 PM
ternyata bukan hanya suhu aja yg di sesuaikan.....tapi....berlahan 2 airnya dikit demi dikit di campur......OOooohh ...gitu toch http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/wow.gif .