PDA

View Full Version : Sirip Luka & Bercak merah di beberap sisik perut ?


Ajie F
07-26-2004, 04:32 PM
Mohon Pencerahan dari teman teman di forum , Rtg saya uk 22 Cm , lagi bermasalah ,uraiannya sbb :

- Tengah Tulang sirip sebelah Kiri ada Luka bulat Memerah ( seperti luka borok ( Merah )
- Beberapi lingkaran luar sisik Perut ,seperti luka Berdarah ( merah )
- Tidak mau Makan +/- sudah 5 harian ( makannya sebelumnay Rakus dan semakin sedikit dan akhirnya ,tdak Mau Makan ( Makanan Jangkrik,udang beku , Ulat Bambu )

Pertama saya pikir adanya luka tersebut karena Loncat , tapi setelah saya treat pake daun ketapang belum juga sembuh , malah di sisi Perut sebelahnya juga ada sisik yg memerah , serta , sekarang lebih suka berdiam di bawah pancuran filter ( dan msh cukup aktif berenang mendekat kaca ), dan sesekali mengantuk antukan kepala ke dasar AQ , dan badannya bergidik , seperti Gatal , sehingga Sungutnya patah tinggal 1/2 . Sekarang saya Tambahkan Acriflavin dan Garam serta Temperatur saya naikan 31 Derajat . ( baru kemarin ), mohon bantuan teman teman dan para Suhu , Aro saya kena Jamur , Bakteri , atau ada maslah Tenggorokan Dst ?

Terima Kaih

Salam

Ajie F

STEPHEN
07-26-2004, 04:56 PM
merah seperti bentol bentol yah... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/butbut.gif seperti gejala salmonela gitu?...dulu saya waktu belajar pernah tuh punya aro bentol bentol merah seperti borok...akhirnya lewat juga http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/cry_smile.gif

Ajie F
07-26-2004, 05:27 PM
Thank,s Responnya Phen , tapi merahnya kayak bekas pendarahan, sisiknya tetap rapat gak terbuka , kalau yg di sirip ,seperti cekungan oval ( tapi merah dan gak terlalu dalam ) ?. gimana nich saran saran teman yg lain . http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/dozingoff.gif ,terima Kasih .

Salam ]

Ajie F

rianfish
07-27-2004, 08:42 AM
selama pengobatan, arang filter ada tdk? harus diangkat lo spy efektif, kalo berdarah, sebaiknya garam tdk diberikan, coba gunakan obat antibacterial dgn dosis tepat (awas obt keras, merk bisa Otto atau Oceanfree), atau gunakan antibiotic spt tertracycline, kalo ada tempat karantina, dipindah dulu, aquarium lama+alat2 cuci/rendam dgn larutan pk. makan, coba suap dpn mulutnya, kadang aro jd tertarik mkn jg, jangkrik saja.
o.k, goodluck ya, lebih lengkap, coba lihat di topik disease.

Ajie F
07-27-2004, 10:10 AM
Thank,s Rian , Hari ini kondisi ikan belum berubah, walau sudah saya beri Daun Ketapang + Acriflavin en Garam ( sdah +/- 3 Hr Treatment ) , sirip luka masih merah dan bercak di beberapa sisik di bawah perut masih memerah , dan sungut sudah rontok semua karena kepala terantuk dasar aq saat bergidik ( mngkn sakit Ya ), DAN BELUM MAU MAKAN ( RESPON MASIH DATANG KETIKA DI KASIH MAKAN ) dan tadi pagi saya lakukan ganti air 40 % , saya tambah sedikit Aq dan 1 sendok garam , serta 3 capsul Chlorampenicol @ 250 Mg untuk +/- 80 ltr air . ada saran saran lain dar rekan rekan ,yg mungkin punya masalh yg sama .

Salam

Ajie F

rianfish
07-27-2004, 10:21 AM
dulu rtg pernah timbul mirip (mgkin tahap awal) sisik spt berkarat, kemerah2an, akan menyebar, lalu saya pisahkan, kasih obat pomate, dicampur otto antibacteria, garam sedikit, tp kasus ajie sudah ada luka, jd menurut saya, garam jgn. Heater jg nyalakan.

Ajie F
07-27-2004, 10:28 AM
Maksudnya tidak boleh pake Garam dan Heater tidak Boleh Di nyalakan begitu Ya Rian ( Soalnya Heater saya Panteng ke 31 Derajat C) ?, en mo tanya Otto Antibacteria Beli dimana ya ?

salam

Ajie F

rianfish
07-27-2004, 12:04 PM
no, heather pasang, beli di grogol.

Ajie F
07-29-2004, 11:46 AM
Aro Rtg , yg sakit setelah pengobatan di atas , tadi malam sudah mo makan jangkrik ( sesuai Saran Mr Stephen , tapi yg saya mau tanya pengobatan ikan biasanya butuh berapa hari ( atau di ulang dgn dosis yg sama kurun berapa hari dan berapa kali ) , serta sungut yg putus biasanya tumbuh kembali dalam berapa lama atau tidak Numbuh Lagi , karena tersisa hampir ke pangkalnya ( akibat kepala di antuk antukkan ke dasar Aq ) , mohon pencerahan para Pakar dan rekan 2 forum . Terima kasih .

Salam

Ajie F

I_T_L
11-25-2006, 03:15 PM
Sakit nya parah bgt pak RTG nya.
Penyakit nya serem2 lagi...air nya mungkin jelek.
Gmn nasip aro nya pak?