PDA

View Full Version : Arowana Trouble !


r12al
08-10-2002, 04:42 PM
Komentarin dong temen-temen, sebab akibat arowana dgn kasus seperti ini....!!
Distar gallery (http://arofanatics.com/members/distar/aro_in_trouble/?return=/members/distar/)

N1WAN
10-01-2002, 04:53 PM
Penyakit/cacat aro berenang posisi kepala dibawah ekor di atas (nungging/helikopter http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/wink.gif ).

Penyakit/cacat ini setau saya hanya menyerang jenis arowana asian (red, Golden, green dan banjar), tidak untuk jardini dan silver atau jenis aro selain asian arowana.

Biasa menyerang pada aro ukuran 15-30cm.

PENYEBAB:
- tidak begitu jelas penyebabnya apa, ada kemungkinan karena shock perbedaan lingkungan yang extrim, dari ph tinggi dari air aquarium dingin dan hangat, dari yang berkadar garam tinggi ke kadar garam rendah, dan sebaliknya, bisa juga di karena penggunaan PH down dan Up yang berlebihan, penaikan suhu yang dramatis

- ikan baru beli dan baru datang, langsung di kasih makan full, akibatnya muntah dan nungging. Ikan lama tidak mau makan sekali mau makan di kasih porsi full.

- Pembiusan aro atau pemindahan aro dalam kondisi aro kenyang, aro muntah dan nungging

PENCEGAHAN
- Selalu lakukan proses equalize saat baru beli aro atau pemindahan aro, buka kantong pembungkusnya, lalu isi dengan air aquarium yang baru sedikit-sedikit, ulangi tiap berapa menit sampai penuh, kemudian lepaskan aro secara perlahan dan buang sisa air di kantong pembungkusnya. Tujuan agar si aro mengalami proses penyesuaian dengan lingkungannya yang baru, secara perlahan sehingga tidak stress. INGAT "MENARUH ARO DENGAN PLASTIKNYA" di air aquarium yang baru, ITU cara yang SALAH, BUKAN process equalize yang benar, bagaimana bisa terequalize bila terhalang plastik pembungkus ...

- Menaikkan suhu sebaiknya tidak terlalu drastis, tiap 1 jam 1 tingkat lebih panas yang dianjur.

- Puasain aro sebelum pembiusan dan tranportasi secukupnya, 2-3 hari.

_ Jangan terlalu kenyang memberi makan aro, rutin sedikit-sedikit, lebih baik daripada jarang sekali ngasih makan sekali banyak. Ajuran beri makan aro 75% dari kapasitas kenyangnya.

PENYEMBUHAN
- Kurangi tinggi air aquarium, setinggi lebar badan aro lebihin 1-2cm
- Naikkan suhunya 32C secara perlahan, beri garam ikan atau garam inggris secukupnya
- berikan arus secukupnya,
- Jepit aro menggunakan kaca pembatas bila perlu dan parah

Salah dan kurangnya, harap dikoreksi dan ditambahkan.
Semoga bisa membantu