PDA

View Full Version : PENGARUH VIRUS/BAKTERI IKAN DGN MANUSIA


antonlucky
12-18-2002, 09:50 AM
Bung N1wan, Saya ingin tahu apakah ada dampak yg ditimbulkan oleh penyakit ikan yg disebabkan oleh virus/bakteri terhadap kesehatan manusia pada umumnya. Sebabnya kadang2 setelah menbersihkan aquarium saya merasakan ada sedikit gatal2 ditangan sejenis alergi sebab kasa filter yg saya gunakan katanya mengandung bakteri pengurai. Jadi tolong penjelasannya, jika ada website yg mendukung tolong dilampirkan sekalian. Sebelumnya Thank's atas penjelasannya

N1WAN
12-20-2002, 09:58 AM
antonlucky,
Bila ikan yang terjangkit penyakit kita konsumsi, sedikit banyak tentunya berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Seberapa besarnya tergantung juga seberapa besar bahaya penyakit tersebut bagi manusia, bisa saja, bahaya bagi ikan akan tetapi tidak bagi manusia, dan sebaliknya.

Dalam kasus alergi, tentunya hal ini tergantung individunya. Ada yang alergi makan udang atau ikan tertentu, begitu makan badan gatal dan bengkak berapa hari. ada yang lebih parah lagi, hidung sampai mimisan ..sedangkan bagi orang lain tidak ada pengaruhnya sama sekali. Yang mesti di waspadai adalah penyakit alerginya dan sebisa mungkin menghindarkan penyebab dari alerginya.

Ada suatu contoh :
Saya sering dapat kunjungan rekan dari Singapore atau dari negara lain, pertama kali saya suguhkan minumam air putih masakan dari air tanah (bukan air mineral aqua), malamnya mereka semua lalu sakit perut dan diare. Dua kali begitu juga, mereka lalu cerita, sejak saat itu saya tak pernah lagi menyungguhkan mereka air minum dari rebusan air tanah. Ya air mineral, botolan atau soft drink kalengan dech ...terpaksa, mau hemat jadi boros (he he becanda lagi) http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/wink.gif

Semoga bisa membantu, rekan lain mungkin ada informasi tambahan mengenai kasus ini

dOels
12-23-2002, 11:39 AM
Halo Rekan Antonlucky,
Kesehatan yg piara arwana juga malah lebih penting. Kalo yg piaranya sehat, tentu diharapkan bisa dapat menikmati perawatan aro. Dan jangan lupa yg rawat aropun mesti bersih untuk menjaga tertularnya aro.
Seperti medium2 di manapun sumber penyakit sih ada aja. Termasuk dari akuarium dan ikan. Bentuk penyebarannya bermacam-macam, biasanya sih dari kontak kulit atau terbawa dalam makanan (tangan kita nggak cuci bersih). Kalo aro sih nggak dimakan khan? http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif
Mudah2an sih bakteri pengurai di filter tidak berbahaya bagi manusia, tidak termasuk bakteri patogen (kuman yg menyebabkan sakit, kadang ada bakteri tertentu juga dijual buat diminum). Malah dengan dominasi bakteri tersebut bisa mengalahkan bakteri2 berbahaya lainnya. Kalao ada alergi mungkin bisa menggunakan sarung tangan karet (banyak dijual di toko2/supermarket). Kadang kulit saya juga agak alergi dg metabolit kodok. Jadi sebelum dan sesudah obok2 akuarium membersihkan tangan kita (hati2 cemaran/aroma sabun dll masuk dalam akuarium)
Untuk membasmi parasit/kuman lain di akuarium bisa menggunakan bahan kimia, tentunya bagian filter mesti diamankan dulu, agar bakteri filter tidak ikut mati.
Saya menggunakan pk cair, tapi mesti hati2 dan ditungguin, soalnya ada arwana yg sensitif terhadap dosis dan lamanya bahan kimia tersebut.
Kebersihan pangkal kesehatan,mencegah lebih baik daripada mengobati

Salam,

arwan
12-23-2002, 01:30 PM
Saya kira menjadi hobbyst arowana akan menjadi lebih nikmat kalau kita bisa memegang, merasakan dan menyentuh 'barang-barang piaraan'. Saya sering memegang makhluk hidup berikut dengan tangan kosong:
1) ikan arwana
2) kodok
3) jangkrik
4) cacing tanah dan berbagai jenis cacing
5) cicak
6) kelabang
Yah habis pegang langsung cuci tangan dengan sabun sebelum lupa.
Mulanya saya rasa geli, apalagi waktu mau pegang kodok dan cicak kayaknya geli gitu. Tapi itu hanya imajinasi dan bayangan di otak saja, setelah dipegang yah biasa-biasa aja tuh.