PDA

View Full Version : Cacing Putih


imported_danny
04-02-2004, 12:25 PM
Salam kenal rekan2 semua, saya masih pemula, memiliki aro rtg. Belakangan ini di aquarium terdapat cacing putih setebal rambut dan panjangnya kira-kira 0.5cm berenang-renang di permukaan air. Apakah cacing putih itu berbahaya utk aro dan dari mana asalnya. Aquarium memakai filter & bioball dan terkena sinar matahari sebentar.

Terima kasih sebelumnya.

baian
04-07-2004, 09:42 AM
soal bahaya atau tidak saya sendiri masih bingung....ada yg bilang gak apa2 ada yg bilang bahaya (bersarang di insang atau di usus ikan). asalnya dari telur cacing yg terbawa melalui air rumah...biasanya kalo masih kecil akan terlihat dipermukaan kaca dan kalo mendapat pasokan makanan akan cepat menjadi cacing putih panjang. kalo saya air nya di sterilizer dg uv-c sebelum masuk aq...sekalian membasmi bakteri dll .

STEPHEN
04-07-2004, 10:39 AM
benar, air bisa di strilkan dulu lalu penggunaan garam ikan juga baik untuk mencegah bakteri

imported_danny
04-08-2004, 12:35 PM
Terima kasih utk replynya bos-bos, akuariumnya sudah saya kuras, ganti kapas filter & bersihin bioball, terus saya tambahin garam ikan. Sekarang cacing2x tersebut sudah tdk terlihat lagi.

04-08-2004, 03:01 PM
Cacing tsb tidak berbahaya buat ikan, cacing timbul karena banyak sisa kotoran ikan atau pakan ikan yang tidak terfiltrasi. Untuk membasminya sebetulnya tidak cukup hanya menguras air, karena telurnya masih bisa terselip si ujung-ujung AQ dll. Kalau mau bersih sampai telur-telurnya dengan motede perendaman dg dicampur PK atau formalin dan aktivkan filter (supaya semuanya yang terkontaminasi telur cacing ikut mati), dan ikannya dipindah dulu.

imported_danny
04-13-2004, 11:08 AM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote (Ayala @ April 08 2004,15:01)</td></tr><tr><td id="QUOTE">Cacing tsb tidak berbahaya buat ikan, cacing timbul karena banyak sisa kotoran ikan atau pakan ikan yang tidak terfiltrasi. Untuk membasminya sebetulnya tidak cukup hanya menguras air, karena telurnya masih bisa terselip si ujung-ujung AQ dll. Kalau mau bersih sampai telur-telurnya dengan motede perendaman dg dicampur PK atau formalin dan aktivkan filter (supaya semuanya yang terkontaminasi telur cacing ikut mati), dan ikannya dipindah dulu.[/QUOTE]<span id='postcolor'>
Terima kasih atas sarannya bos Ayala Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/thumbs_up.gif Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif
cara ngasih PK gimana? takarannya brapa banyak, brapa lama, terus cara bilas aquariumnya gimana?
Maaf terlalu banyak nanya Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/hehe.gif terima kasih sebelumnya.

04-20-2004, 02:28 PM
Takarannya makin banyak makin mematikan, tergantung ukuran AQ nya, pokoknya sampai airnya berwarna merah gelap (pekat). Ikan dipindah dulu di tempat lain terus penuhin AQ dengan air dan taburin AQ dengan PK sampai air berwarna gelap, jalankan filter +- 15 menit lalu matikan. Semua komponen (termasuk komponen filter) harus terendam larutan PK. Biarin selama 24 jam dan kuras bersih AQ, bilas dengan air sampai benar2 bersih.
Untuk memastikan telur dan cacing mati, rebus semua komponen filter dengan air mendidih dan biarkan sampai airnya dingin sendiri, cuci dan jemur, kalau enggak mau repot ganti semua komponen filter dengan yang baru.