PDA

View Full Version : Transaksi Yang Jujur


kutabeach99
12-29-2002, 09:32 PM
Saya mencatat bahwa ternyata situs Pak Komandan cukup berhasil dalam menambah pengetahuan hobiis, sekaligus ajang transaksi yang efektif antar pedagang dan hobiis. Terima kasih atas inisiatif Pak Komandan.
Untuk melindungi kepentingan para hobiis yang membeli ikan melalui informasi yg ada di situs ini melalui pedagang atau hobiis lainnya, bagaimana ya caranya melindungi kepentingan hobiis yang bertindak sebagai pembeli apabila ia ternyata menderita kerugian akibat bujuk rayu penjual [baik pedagang maupun hobiis lain]. Prinsip kehati-hatian tentu jadi acuan bagi pembeli, namun setidaknya apakah dimungkinkan melalui situs ini kita para hobiis saling memberikan informasi seandainya ada pedagang atau hobiis yang jelas jelas dan benar benar [dapat dibuktikan] telah melakukan tindakan yang tidak terpuji [menipu misalnya].

Mohon tanggapan Pak Komandan.


Salam,
Eky

wow
12-30-2002, 01:01 AM
..saya sudah pernah bicarakan ini dgn seorg teman/pdg. Pada dasarnya, saya percaya kalau soal harga, di mana si pembeli bayar kemahalan, itu adalah kesalahan si pembeli sendiri (baik karena kurang sabar, kurang nyari informasi, dsb), seperti yg saya sudah pernah ngalam'in sendiri, yaitu bayar kemahalan waktu beli aro saya yg pertama http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/cry_smile.gif. Walau saya kesal, tapi yah memang salah saya juga koq, yah gigit jari aja deh.

Tapi...., kalau sampai ada pdg yang jual'an super red, ternyata aro itu tipe lain (misalnya banjar red, dll), nah pdg seperti ini boleh di-lapor'in, baik via forum, atau di-kerja'in aja sekalian, karena jelas-jelas TUKANG TIPU http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/angry_smile.gif

Saya ga tau pandangan forumner lain... saya sendiri percaya orang dagang wajar kalau untung, bahkan boleh untung sebanyak-banyak-nya, kalau dia bisa dengan cara yg masih dalam batas wajar (misalnya, pintar ngomong, yah itu hebat-nya dia sbg pdg, acung jempol&#33http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/wink.gif.

Pengecualian hanya kalau pedagang yang jual barang B, tapi bilang A, itu namanya tukang tipu. Yg namanya tukang tipu, kalau sang korban yang di-tipu mau kerja'in si pdg tsb, yah sah sah saja... Tapi mungkin ga usah terlalu ekstrim, pada jaman sekarang ini, pdg yang tidak jujur cepat atau lambat akan ter-expose, baik melalui internet/media lain, yang juga baik utk kita lakukan/sharing (bila ada pengalaman dgn tukang tipu, bukan dgn pdg yang pintar jualan), untuk mencegah kerugian orang lain.

Selebih dan sekurangnya mohon maaf dan maklum.

dOels
12-30-2002, 02:03 AM
Diharapkan dengan adanya forum ini, hobiis banyak mendapatkan manfaat, menjadi lebih pintar dan mendapatkan informasi yg cepat, dan bekal menghadapi PDG. Karena memang jual-beli itu penuh tipu daya.
Sependapat dg Bung Wow, PDG yg gemar menipu akan ketahuan juga dan namanya akan jatuh. Tidak hanya di mata hobiis juga sesama PDG. Untuk arwana kasusnya sudah banyak.
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">bagaimana ya caranya melindungi kepentingan hobiis yang bertindak sebagai pembeli apabila ia ternyata menderita kerugian akibat bujuk rayu penjual [baik pedagang maupun hobiis lain][/QUOTE]<span id='postcolor'>Selalu mempelajari apa yg akan dibeli dan minta pendapat rekan lain (second oppinion). Saya kadang kalo beli aro suka bawa rekan2 .

r1za
12-30-2002, 02:56 PM
Mari kita mencanangkan Bebas dari Penipuan bagi Aromania di forum ini pd Tahun 2003 http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif

Lam Aro

N1WAN
01-02-2003, 01:01 PM
Rekan-rekan,
Saya sebagai PDG (pedagang) mohon masukan, advice, dari rekan-rekan hobbist informasi lebih detail, contoh kasus, seorang PDG telah di katakan terbukti menipu pembelinya?

arwan
01-02-2003, 02:25 PM
Apakah sudah pernah ada yang tertipu atas transaksi yang sumbernya dari forum ini? Semoga tidak ada. Tuh Pak Komandan sudah minta data http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/wow.gif karena selain hobbyst dirugikan tentu nama baik website ini bisa terkena imbasnya gara-gara tindakan salah satu membernya (pedagang) yang tidak etis.

Paling tidak issue ini memang pantas dikemukakan, untuk melindungi semua member (baik hobbyst maupun pdg).

kutabeach99
01-02-2003, 03:01 PM
Yang saya cetuskan hanya wacana untuk kebaikan seluruh anggota forum terutama konsumen [apalagi udah ada UU Perlindungan Konsumen]. Ini baru ide, sekedar antisipasi untuk menjaga hal hal yang tidak diinginkan. Integritas web site ini harus dijaga dari penyalahgunaan pihak2 yang tidak bertanggungjawab.

Salam,