PDA

View Full Version : aro ngak mau makan kelabang


mpusendok
02-22-2003, 07:05 AM
saya beli aro udah agak gede, pas pertama saya coba-coba kasih kelabang, dia makan , tapi setelah itu dia saya kasih lagi ngak pernah mau makan, kenapa yach???
pertama mau makan 2 ekor, udha itu saya kasih sekitar 12 ekor ngak pernah dimakan???
bagaimana cara biar mau makan kelabang?

gober
02-23-2003, 09:03 PM
Tenang-tenang ada "Dr. Doels" disini. Aro saya juga rewel, makannya dikunyah (betina http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif?), sekarang hanya lagi mau ikan mas.

Ngomong-ngomong Aronya sudah berapa besar Pak & sudah berapa lama waktunya dari pemberian kelabang ke udang, itu kasih 12 ekor udang, maksudnya langsung dicemplungin semua ??!!!.

Kelabang itu bagi Aro adalah makan besar (apalagi kalau kelabangnya besar, lebih berat daripada kodok). Setelah makan kelabang biarin aja puasa dulu 2/3 hari.

Coba semua makanan & kotoran diangkut dulu, ganti air 25-30% kasih 'black water/ ketapang' tunggu hingga setengah hari baru coba kasih ikan mas/jangkrik/Ulat Hongkong/. Setiap ngasih 1 jenis makanan, jika Aronya tidak mau langsung diangkat makanannya dan tunggu hingga 5-6 jam baru coba lagi yang lain.

Ohh yacht, makan didepan Aro adalah salah satu metoda yang perlu dicoba http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif

ridzal
02-23-2003, 11:37 PM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote (gober @ Feb. 23 2003,21:03)</td></tr><tr><td id="QUOTE">Ohh yacht, makan didepan Aro adalah salah satu metoda yang perlu dicoba Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif[/QUOTE]<span id='postcolor'>
Hahaha.. asal inget aja, lauknya jangan goreng ikan. Bisa stress aro nya ketakutan digoreng http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif

mpusendok
02-24-2003, 07:42 AM
Wah makasih masukannya, itu 12 maksudnya 12 kelabang saya kasih berapa hari buat coba-coba tapi dibiarin mati melulu.
aro dibawah 30 cm

gober
02-24-2003, 07:53 AM
Ohh, salah baca saya.

Kelabang 2 ekor, cukup untuk puasa 1 minggu. Sudah puasa aja & jangan kasih kelabang dulu.

Dulu saya pernah kasih Jardini saya, setelah tidak makan seminggu karena sibuk (alasan yang dibuat-buat http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif ), 2 ekor kelabang langsung dimakan, 1 jam kemudian muntah (untung kaga lewat tuch Aro). Setelah itu dia kapok makan kelabang, hanya mau udang & ikan mas selama 1 bulan.

good luck

gober
02-24-2003, 08:01 AM
Sorry, ada yang lupa lagi.

berarti kasih kelabangnya dalam keadaan hidup donk http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/wow.gif

kalau memang "ya", jangan pak, gundulin aja itu kelabang sampai tinggal "body only". Bahaya!!!, Pak Komandan telah memberikan banyak masukan yang logis mengenai pemberian kelabang hidup.

imported_Yanuar
02-24-2003, 10:56 AM
http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif Bung Gober . . kayaknya murid kesayangan P Komandan & bang dOels nih. . . . . http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif Semua pelajaran sudah dikuasai. Jangan marah lo, cuma joke aja & salam kenal ya. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/wink.gif

Nambahin, kalo mau coba makan didepan aro mesti pake cabe rawit merah, biar tar mukanya merah bisa nular ke arowana nya http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif

Salam,
Yanuar

r1za
02-26-2003, 01:35 PM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">Yang namanya mengubah suatu kebiasaan/kecanduan emang nggak gampang, diperluin kesabaran, apalagi bila emang dari sananya si Aro bukan tipe doyan makan, dan udah kecanduaan/kebiasaan lama, bertahun-tahun.

Cara saya, seperti halnya rekan-rekan yang lain juga:
- puasin, coba kasih makan, nggak mau dimakan, diambil, coba
Â*lagi
- bila dia mau makan, kasih hadiah makanan kesukaanya,
Â*nantinya akan kita kurangi dan kita stop
- rutin ganti air setiap 2-3 hari , 30 % (ganti air baru yang
udah di endapkan dan diareasi merangsang aro buang kotoran
akibatnya jadi laaaapar
- banyakin aerasi ..naikin PH (mesti dibuktiin lebih lanjut,
hubungan PH air dengan nafsu makan aro)
- naikin suhu jadi 29-30celcius

Tambahan lagi berdasar pengalaman rekan yang lain, memakai cara:
- diberi hobby (obat nafsu makan ikan)
- disandingkan dengan cara di sekat dengan aro yang nafsu
makannya rakus

Semoga membantu. [/QUOTE]<span id='postcolor'>
Sumber : N1WAN/Topik Eating Habit

Lam Aro

dOels
02-27-2003, 10:13 AM
Arwana kurang/tidak nafsu mau makan
Juga SMS yg saya terima dari salah satu rekan kita :
".....Kurus bgt bdnya sekarang hiks,jadi sedi ngeliatnya. ...."

1. Posting2 yang lalu pernah kita diskusikan (lihat di Feed atau Disease).
2. Sebuah rangkuman pemecahan masalah :
- Arwana tidak mau makan tentu ada sebabnya. Tentu ada "apa2nya" yang melatarbelakangi. Kemungkinan2annya sangat banyak, dari hal yang normal/wajar sampai terkena suatu gangguan baik mental maupun fisik.
- Respons terhadap keadaan ini dimulai dari hal yg rutin dan sederhana sampai penanganan khusus VIP dan ICU.
- Secara sederhana : tidak diberikan makanan apapun selama 2 hari. Baru diberikan makanan apa saja.
- Bila hal ini tidak ada respons. Mulailah tindakan mengamati tingkah laku arwana, kondisi dll. Sembari itu lakukan perbaikan secara umum (air, alat2, filter, tank, suhu,dll)
- Bila ditemukan tanda2 keadaan yg kurang fit (kurus, kurang bersemangat dalam berenang, ada tanda2 penyakit, dll gangguan) mulailah memberikan terapi dan membuat keadaan khusus (antara lain penggunaan tabir gelap).

Kalau di daftar deretan penyebab kurang/tidak mau makan, akan banyak sekali,karena Arwana memliki badan langsing, dan biasa berpuasa bila mengerami telur :
- arus yg terlalu kencang
- adaptasi silaunya lampu rendam
- suhu yg berfluktuasi
- bahan kimia cemaran
- stress (mental)
- benturan
- kebanyakan makan
- ukuran makanan yg terlalu besar dan tertelan
- sakit
- ...
- ...
- ...
- dll
Salam,

r1za
02-27-2003, 11:39 AM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">Kalau di daftar deretan penyebab kurang/tidak mau makan, akan banyak sekali,karena Arwana memliki badan langsing, dan biasa berpuasa bila mengerami telur :
- arus yg terlalu kencang
- adaptasi silaunya lampu rendam
- suhu yg berfluktuasi
- bahan kimia cemaran
- stress (mental)
- benturan
- kebanyakan makan
- ukuran makanan yg terlalu besar dan tertelan
- sakit
- ...
- ...
- ...
- dll
Salam,[/QUOTE]<span id='postcolor'>
B.dOels kelihatannya ada beberapa Aro yg rewel juga yah tdk bandel seperti di habitat aslinya, lebih baik Aro tsb ditukar ajah kali yah.....boleh/tdk...? http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/wink.gif

Lam Aro

dOels
02-27-2003, 09:09 PM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">B.dOels kelihatannya ada beberapa Aro yg rewel juga yah tdk bandel seperti di habitat aslinya, lebih baik Aro tsb ditukar ajah kali yah.....boleh/tdk...? Â*
[/QUOTE]<span id='postcolor'>Saya beberapa kali pernah mendapatkan aro rewel, tetapi setelah saya lakukan hal2 di atas, malah makannya rakus, bahkan pemiliknya kena gigit, aro sambil lompat mau nangkep kodok yg dipegang pemiliknya. Itulah salah satu seni rawat aro http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif
Update :
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">Juga SMS yg saya terima dari salah satu rekan kita :
".....Kurus bgt bdnya sekarang hiks,jadi sedi ngeliatnya. ...."
[/QUOTE]<span id='postcolor'>Saya terima SMS lagi bahwa aronya mulai lahap setelah power head dimatikan.

Salam,
dOels