PDA

View Full Version : kelabang edan


rianfish
07-09-2003, 08:42 AM
Halo rekan2, pasti ada yg pernah kasih makan aro nya dgn kelabang medan yg merah dan besar2. Saya pingin tau, di antara forumner disini, siapa saja yg pernah atau berani pegang langsung kelabang itu hidup2. Sharing pengalamannya, apa tdk digigit, kalo digigit bahaya tdk, apa obatnya kalo kena bisanya dll. Atau mungkin ada jimatnya, anti bisa kelabang, hehe...Saya sendiri, masih ogah megang langsung...O.k, ditunggu ya sharingnya, thanks.

h3ndr0676
07-09-2003, 09:13 AM
Ogud memberi klabang Medan seminggu sekali..2 biji pd aro. Potong kepala dan ekornya...jaga2 aja. tapi skrng ini mo nya yg idup. Megang klabangnya jgn ditekan. Biasa aja...biar jln ditngan...setelah sampe di tank lepas...cemplung. HAP..di sambar si aro. udah gitu tuch aro bisa di e lus dagunya dan di angkat di atas air.....he he he nurut kan. Asyik..tenan.

AWAS...!!!..ketagihan, susah kembali makan ke kodok/ikan.
Sperti hal nya KECOA...ketagihan banget....ati2 aja ...........

aromanic
07-09-2003, 09:23 AM
Yang namanya lipan itu saya lihat kakinya saja geli.
Aro saja kayaknya ngak doyan makan lipan. Kalaupun saya selingin lipan biasanya saya tangkap pakai gunting dengan posisi menjepit. Setelah mau dimasukkan ke dalam aquarium saya gunting (maksudnya untuk melumpuhkan dulu agar di dalam perut aro nantinya sudah setengah mati).

Kalau pegang lansung yah emoh...

OPAL
07-09-2003, 10:35 AM
kalau saya... jepit dulu pake penjepit, potong dua, lalu lempar ke aro...dan ....hap...lalu ditangkap....
pegang kelabang http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif?, ih emang kita cowok apaan...gengsi lah ya...!!! http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif

OPAL http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/shades_smile.gif

solarcoaster
07-09-2003, 11:43 AM
kalo kelabang medan yang dijual di toko toko ikan biasanya bisanya/ capit paling ujung dekat mulut udah digunting jadi nga perlu takut kena gigit. yach tangkap aja pake tangan.

JD Winata
07-09-2003, 11:55 AM
Kelabang medan (giant red centipede) seperti serangga berbisa lainnya memiliki racun yg cukup berbahaya dan menimbulkan rasa sakit yg kuat pada korbannya ( mamalia kecil) dan melumpuhkannya, pada mamalia besar dapat juga berakibat fatal jika ada reaksi alergi yg menyebabkan gagal syaraf dan jantung.
Bisa kelabang sama seperti laba2 dikeluarkan lewat sepasang taring bisanya (bukan gigi pengunyah makanan) taring ini adalah gigi yg berlubang dan berfungsi menyuntikkan bisa ke dalam daging korban, Taring ini sangat peka dan penuh dgn syaraf2 pengendali, jika di penjual kelabang sdh dipotong, yg saya pertanyakan:
1.Bagaimana cara memotongnya dan apa alatnya.
2.Bagaimana kelabang dapat bertahan hidup lama setelah luka pemotongan taring.
3.Perhitungan efisiensi si penjual kelabang utk memotong setiap pasang taring kelabang setiap hari dgn resiko digigit atau salah potong dan kelabangnya mati (rugi)
Mohon maaf, saya juga hobbyist serangga (piara tarantula dan rhinno bug) jadi mau tahu ajaaa....

cung
07-09-2003, 03:14 PM
Kalau pedagangnya bilang jangan piara lebih dari 1 minggu karena giginya akan muncul dalam waktu tersebut.

rianfish
07-09-2003, 04:11 PM
Jadi boleh pegang langsung? ada yg pengalaman pernah di gigit/kena racunnya? Sebab saya beli, kadang 10 ekor, saya perhatikan, pasti ada yg bertaring.

aromanic
07-09-2003, 05:48 PM
Karena rumah I cukup dekat dengan penjual lipan kadang-kadang saya hanya membeli dua ekor untuk konsumsi sekali. Saya suruh yang jual putuskan dulu kakinya semua (yang dosa siapa ya dia atau saya yang menjadi pembeli http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/dozingoff.gif ).

Lipan itu cukup tahan banting. Pernah saya potong kepalanya sampai satu hari tuh lipan masih lincah ...memang luar biasa ketahanannya. Maka dari ini saya cenderung menghindari lipan untuk pakan aro saya takut di perut aro lipannya berontak...akibatnya bisa fatal.

ridzal
07-10-2003, 02:10 AM
Bung rianfish,
Aro saya sudah ogah makan cacing tanah, sebagai gantinya saya kasih kelabang ukuran 15 cm 2-4 ekor/hari. Waktu saya beli kata pedagangnya udah ga berbisa jadi boleh dikasihkan langsung ke aronya. Tapi tetap aja saya ga percaya, sebelum kasih ke aro kepalanya pasti saya potong dulu. Kira2 kalau aro hanya makan kelabang saja (2-4 e/hari) bagus ga yach untuk pertumbuhan aro? Trus kelabang bagus ga untuk perkembangan warna aro? bagus mana dibanding udang/jangkrik??

STEPHEN
07-10-2003, 08:59 AM
teman teman,.....
pengalaman saja, saya kapok beli kelabang....masalahnya satu saya sendir geli sama yang namanya kelabang. waktu itu saya pernah nyoba beli kelabang dua ekor untuk aro saya, pas saya perjalanan pulang entah itu plastiknya gimana di mobil lepas dan pas saya lagi nyetir tau tau saya lihat kelabang di dashboard mobil saya, kontan saja saya oleng nyetirnya sampe minggir di jalanan dan saya keluar dari mobil http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/hehe.gif akhirnya dua duanya keluar dari mobil dan jadi mubazir http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/hehe.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/hehe.gif

rianfish
07-10-2003, 09:06 AM
Hehe...bung steve, gawat juga, kalo saya pernah beli jangkrik alam, 5rb kan dpt 100 ekor, dibungkus kantong kertas putih dan plastik kresek...pikir aman, jd taruh saja dimobil dan pergi ke undangan. Pas pulang malam, buka mobil, wah, bunyi jangkrik udah rame di dlm, ada dimana2, ternyata jgkrik alam bisa makanin kantong kertasnya dan pd escape from alcatraz deh..Ngga kebayang kalo kelabang 10 ekor lepas...

JD Winata
07-10-2003, 09:32 AM
Ha ha ha ha, Kebayang dah serunya, gue sich cuma nimbrung aja sambil nimpalin kalo kita2 jgn terlalu percaya kata tukang penjual lipan bilang bisa/ taringnya udah dibuang, coba kalo pagi liat mereka dikirimin satu bakul penuh lipan, apa mereka (atau suppliernya) cukup rajin mau motongin taringnya satu demi satu? he he he kalo sehari motong 200ekor, anggaplah ada 1% aja insiden tergigit, 2X digigit lipan, seminggu 14X digigit, kalo ga jadi kebal yaa jadi HULK ya?

STEPHEN
07-10-2003, 09:32 AM
bung rianfish, ngomong ngomong soal jangkrik sampe saat ini kalau saya beli jangkrik saya pilih. yang gede gede alias jangkrik kalung saya lepas di halaman rumah. jadi di rumah saya kalau sudah malam rame sekali bunyi jangkrik...enak rasanya...suaranya merdu http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif

r1za
07-10-2003, 09:37 AM
Klau ane sih beli kelabang & jangkrik selalu bawa tempatnya so jadi kita mau seharianpun utk jalan2 dulu juga tdk apa2 yg penting utk kandang jangkrik di kasih sayuran dan utk kandang kelabang bentuk sama dg seperti kandang jangkrik cuma penutupnya yg pasti rapet (yg bagus dikit,cari di pramuka pasar burung)


---------------
Siluk_ http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/lightbulb.gif

JD Winata
07-10-2003, 10:26 AM
nambah info, ada input dari literatur, ulat Hk dan jangkrik ada baiknya diberi makan Wortel (betacarrothene) sblm diberi ke aro, ga ada salahnya di jajal.
Plus inputan dari saya ttg kelabang , maksudnya jgn sampe rekan2 tertipu false info, merasa aman megan kelabang, taunya digigit ,bisa runyam gara2 info salah. Yg penting hati hati semua ya?

cung
07-10-2003, 10:44 AM
Waktu aro masih ada. Kelabang pernah lepas dari kandangnya waduh kelabakan juga tuh waktu. Tahu ajakan jalannya cepet banget, untung waktu itu masih ketemu.

Ada yang tahu kandang untuk kelabang enakan beli yg gimana? Karena waktu itu beli kandang jangkrik dan ada rongga antara kawat nyamuk dan tripleks yg menyebabka dia bisa kabur

r1za
07-10-2003, 10:48 AM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">Plus inputan dari saya ttg kelabang , maksudnya jgn sampe rekan2 tertipu false info, merasa aman megan kelabang, taunya digigit ,bisa runyam gara2 info salah. Yg penting hati hati semua ya?[/QUOTE]<span id='postcolor'> SETUJU......sebab kita cuma penggemar arwana bukan pdg kelabang...kan so selama ini saya ambil kelabang selalu menggunakan gunting langsung,...sambil mengintai pas kepalanye...langsung kreees.....lalu ekornya.

BTW itu wortel apakah pengaruh utk mata arwana yah...?

---------------
Siluk_

JD Winata
07-10-2003, 11:02 AM
Warna ikan dipengaruhi pigmen yg dihasilkan dari metabolisme antara enzym dari ikan tsb dan makanan, makanan yg kaya kan betacarotene dan turunannya akan menghasilkan pigmen warna pada ikan,
BetaCARROTen , banyak berasal dari wortel (carrot) tapi benar memang betacaroten dan astaxanthin itu bahan dasar provitamin A, tapi fungsinya dalam kasus ikan adalah memacu pigmen warna mereka.
Penelitian kalo betacaroten masuk ke pencernaan insect lalu apakah digesting enzym dari insect itu akan mengubah atau tidak kandungan betacarotennya, saya belum tahu pasti.
goodluck!

r1za
07-10-2003, 11:19 AM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">Karena waktu itu beli kandang jangkrik dan ada rongga antara kawat nyamuk dan tripleks yg menyebabka dia bisa kabur[/QUOTE]<span id='postcolor'> Cari di pramuka pasar burung sama tukang pembuat kandang burung minta yg bagus/rapet tutup dari atas serta kawat yg bagus.

</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">BetaCARROTen , banyak berasal dari wortel (carrot) [/QUOTE]<span id='postcolor'>Ok, I try

BTW klau astaxanthin itu bisa berasal dr tumbuhan/sayuran ngak ? or bahan kimia murni ?


---------------
Siluk_ http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/lightbulb.gif

masteguh
07-10-2003, 11:42 AM
Wah nimbrung juga deh ,kalo saya nggak bakalan deh beli kelabang lagi soalnya dulu pernah beli saya kasih aro malah aronya ketakutan saya juga takut....malah ngerepotin.kalo masalah beli umpan dulu saya beli kodok di kartini pake bungkus kertas dan bawa di kantor,pas lagi asik liat pc tau2 ada kodok kecil pada lompat,..ternyata kertasnya sobek karena basah,,udah 30 ekor kodok pada lompat,untung di bantuin rekanrekan, janitor dan satpam untuk nangkepin lagi....

tapi itulah nikmatnya piara aro..

OPAL
07-10-2003, 11:49 AM
jangkrik...siapa takut !
kodok...ah biasa itu...
ulat hongkong?, anak ikan Mas...kecil... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/thumbs_down.gif

Kelabang...kaga' dah... kelaut aja loe sono (gaya Mandra)

OPAL

JD Winata
07-10-2003, 11:50 AM
Astaxhantin saya ga tahu pasti diextract dari mana, tapi itu turunan betacarotene juga, jadi kata Dr.Erna dari BrataChemical kalo tiap produsen mengekstract dari bahan2 yg berbeda dan konsentratenya pun beda2 ada yg 1% s.d.10% , harganya memang lumayan mahal

rianfish
07-10-2003, 11:52 AM
Hahaha...ternyata banyak cerita kocak jg ttg makanan aro ini....kebayang mas teguh, lg kerja..ada kodok kecil lompat, untung ngga nempel di monitor...dikira background bgs. Kandang jangkrik, saya pernah beli yg kawat nyamuk aluminium, bgs, tp dijebol jg sama jangkrik alam yg guede...itu di dlm rmh, kawat nyamuk aluminium bolong di 2 tempat and escape...Kalo kelabang, saya taruh di topless saja, tutup dibolongin, atau plastik di doble2, lalu pasang selang kecil yg keras, dikaretin, biar ada udaranya. Aman, mau kasih, tinggal transfer 1 ke plastik lain.

h3ndr0676
07-10-2003, 12:01 PM
lagian e lo, kodok di bwa ke kantor. sekalian aja klabang juga.....he he he.

guh...gw titip umpan aro dong seminggu sekali...kodok,klbang,kadal,ca cing dll ; nanti gw ambil ke rumh ( e lo kan deket); Ogud dach kgk sempet, maklum seminggu sekali blik ke JKT. Kalo "setoran" doannnkkkkk....

Gw ucapin makacih, kalo MAU di titip pin.

masteguh
07-10-2003, 12:18 PM
Wah Pesennya lumayan banyak yaaa...tapi kalo kelabang gue takut bawanya,nanti kalo gw di kartini gw call deh.....
ayooo siapa yang mau nitip umpan Aro lagi....untuk daerah bekasi timuuur??? http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/notify.gif
harusnya di Bekasi udah ada agen umpan Aro yang lengkap ni...ada yang mau investasi??? http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif

h3ndr0676
07-10-2003, 03:22 PM
Crita umpan arowana.
Suatu kisah...para umpan arowana berkumpul. Ada kodok,kadal,cacing,kecoa,udang ,ikan mas,ulat dan Kelabang.
Semuanya berkumpul...dan ingin berpesta ria sblm di umpankan ke AROWANA. Pd saat itu sang kodok ingin sekali merokok.
kodok : "Ada yg punya rokok ?"
semua umpan : " Wach kita semua kgk punya rokok ".
kodok : "Ada yg mau beli in rokok di warung sebrang jln itu ?"
udang&ikan : "wach kalo sy kgk bisa kan idup di air, Anda saja bisa melompat cepat kpd sang kodok ?"
Cacing&ulat : "Apalagi sy jlnnya pelan merambat".
Kadal :"sy juga..itu tuch Mas klbang yg KAKINYA BANYAK"
Klabang : "Okeh dech" Mana duitnya ?".
Stlah di beri duit ama sang kodok, Klabang pergi u/ membeli rokok. Ditunggu 1 jam, 2 jam, 3 jam .....tdk dtng juga. Beramai-ramai..semua Umpan mencari nya. Ahirnya ketmu juga..................
.
.
.
Ternyata klabang.....lagi SIBUK memakai SEPATU..pd semua kaki. Makanya lama. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/sad_smile.gif

sungkono
07-10-2003, 03:57 PM
http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/thumbs_up.gif

rianfish
07-10-2003, 04:29 PM
apalagi yg motongin kakinya sebelum kasih aro, kaga kebayang 1000 kaki......

07-10-2003, 11:07 PM
Pernah sekali, kelabangnya lepas...semuanya pada lari (kelabang + orang nya).
Kalo gue megangnya pake kantung plastik, tangan kiri dibungkus plastik megang kelabang, tangan kanan megang gunting. Gunting kepala, kaki, buntut, trus cemplungin ke aquarium...aronya kabur...Ya sutra lah, akhirnya yg. bener kasih udang, jangkrik ama ulet. Aman dan terkendali.


-GSP-

STEPHEN
07-11-2003, 08:22 AM
http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif kebayang dunk kayak saya dulu lepas di mobil http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/hehe.gif

r1za
07-11-2003, 10:29 AM
wah lebih kebayang lagi tuh klau itu kelabang masuk kedalam celana yah b.Stephen..... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif

h3ndro676 wrote :
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">AWAS...!!!..ketagihan, susah kembali makan ke kodok/ikan.
Sperti hal nya KECOA...ketagihan banget....ati2 aja ...........
[/QUOTE]<span id='postcolor'> menurutku ada benarnya nih sebab aro yg besar biasa dikasih kelabang ngak mau di kasih yg lain tapi setelah di puasain hampir 1 minggu baru mau makan jangkrik lagi...


---------------
Siluk_ http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif

r1za
07-11-2003, 10:31 AM
wah lebih kebayang lagi tuh klau itu kelabang masuk kedalam celana yah b.Stephen..... http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif

h3ndro676 wrote :
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">AWAS...!!!..ketagihan, susah kembali makan ke kodok/ikan.
Sperti hal nya KECOA...ketagihan banget....ati2 aja ...........
[/QUOTE]<span id='postcolor'> menurutku ada benarnya nih sebab aro yg besar biasa dikasih kelabang ngak mau di kasih yg lain tapi setelah di puasain hampir 1 minggu baru mau makan jangkrik lagi......wow edan


---------------
Siluk_ http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif