PDA

View Full Version : Cara Paling Aman Pindahkan Aquarium


aromanic
11-26-2004, 10:00 PM
Rekan-rekan gimana cara yang paling aman untuk memindahkan tiga ekor arwana dari lantai 3 ke lantai 5. Panjang arwana antara 35-45 cm. Besar aquarium 150 x 65 x 65 jadi ada tiga buah.

Saya sih udah punya planning sendiri namun pingin tau pengalaman rekan-rekan.

Terima kasih saya ucapkan sebelumnya untuk saran yang ada.

JD Winata
11-27-2004, 05:40 AM
Plastik besar atau trash bag lapis 3 atau 4 lalu lsg stlh ditangkap, plastiknya ditaruh di bucket platik besar agar mudah ngangkat turun ke lantai bawah.
Yang penting di lt bawah aquaria dan airnya udah siap tinggal taruh lagi ikan tsb.
kalo pindah sekalian aquariumnya di waktu yg bersamaan ,mungkin persiapan mesti dilakukan cepat saat aronya didiamkan di bucket plastik.

rianfish
11-27-2004, 01:36 PM
bung JD, sepertinya aquariumnya sama, ikutan pindah jg nih..repot jg ya, apalg persiapan air. Mungkin gini,
1. Aqrm A,B,C . sekat aquarm B jd 2, 2 aro masuk ke 1 aqrm itu.
2. Kosongkan aqrm C, turunkan ke lt3, dgn selang pjg, turunkan air dr aqrm B atau tadi air aqrm C ditampung di ember, isi Aqrm C di lt3. sekat jd 2.
3.Turunkan 2 aro td, tangkap aro dgn cara digiring ke plastik(2-3 lapis plastik), air jgn penuh2 krn berat, tadah plastik dgn ember. Hati2 wkt giring aro, krn bisa lompat melejit tinggi. sesudah masuk, ikat rapat dgn karet, krn bisa lompat.
4. 2 aro uda turun, Aqrm B kosongkan ke lt3. , isi air Aqrm A ke Aqrm B.
5. turunkan aro Aqrm A ke aqrm B, jk air kurang, tambahkan saja dgn air baru (siapkan dulu)
6. Aqrm A kosongkan dan turun ke lt 3. Campurkan air B dan C sebgn ke Aqrm A, biar ngga semua air baru.
7. pindahin deh aronya..filter/aerator jalan terus.../....
8. Setelah selesai, beres......................... .eh,baru sadar ternyata ini lantai dua....harusnya ke lantai 3...:D :D :D hahaha...
Semoga membantu..

cung
11-27-2004, 07:14 PM
Yang pasti sediakan tampungan air dulu yang bagus di lantai 5. Kemudian pindahkan aquarium A ke lt 5. Isi dengan air tua tersebut masukkan aronya. Saya rasa tiap 2 hari sekali deh oom aromanic aronya dipindahkan biar airnya cukup tua dulu.

aromanic
11-28-2004, 11:34 PM
Saya masih ada spare kaca untuk membuat satu lagi aquarium ukuran yang 150 cm. Jadi saya pikir aquarium baru ini harus saya buat dulu dan diletakkan ke posisi yang saya mau di tingkat 5. Terus air dari aquarium yang lama akan saya pompa dari lantai 3 ke lantai 5. Setelah airnya cukup rendah (sebatas punggung aro) baru ikannya saya tangkap. Cara menangkapnya pun masih menjadi pikiran. Saya takut kalau tangkap langsung ikan saya berontak. Terlebih superred saya yang masih 30 an cm yang kayaknya agak buas. Pikirnya mau saya bius aja ikan itu biar aman. Kalau sudah bobok cepat-cepat saya masukkan ke plastik dan langsung lari ke bawah ....eh...eh...ke atas lantai 5.

Ngos-ngosan sampai lantai 5 baru ikan itu saya masukkan ke aquarium. Tentunya air yang mengandung obat bius itu dibuang total termasuk yang tersisa di aquarium. Nah terakhir setelah ikan siuman di rumah baru airnya ditambah bertahap tentunya dengan air yang udah diendapkan sebelumnnya. Tidak banyak-banyak mungkin 10 % per hari sampai level air kembali pada tinggi biasanya.

Tentunya filter biologi segera juga dipindah bersamaan dengan ikannya tersebut.

Terakhir aquarium yang udah kosong itu baru dibersihkan total dan dipindahkan ke lantai 5 dan prosesnya berulang lagi.

Gimana ya cara di atas? Ada yang kurang pas ngak ya.

Pikir saya untuk memindahkan mereka-mereka itu saya mau take my time dan mungkin makan waktu 2 minggu. Tapi setelah siap saya pasti akan puas dengan satu lantai 5 penuh ikan kesayangan saya mulai dari aro, koi, sampai nemo ...iya....nemo.

Ok thanks ya.

cung
11-29-2004, 06:52 AM
oom aromanic, jg dibius untuk nangkap ikan. Pakai aja plastik besar dan ikannya digiring masuk ke sono.

rianfish
11-29-2004, 07:49 AM
salah baca, pindahnya dr lt3. ke lt.5 ya, malah naik ke atas,..jd salah prosedur tuang air, perlu pompa buat naek ke atas. Tangkap ikan, bisa pake plastik, kalo blm biasa bius, hati2, konsultasi dgn yg biasa bius ikan, daya berontak aro cukup dahsyat, jd hati2 saja, plastik ikat rapat dan cukup besar, sudut di lem/dikaret.

KoKo
11-29-2004, 10:16 AM
hehehehe jadi inget wkt mindahin aro...yg pasti masukan rekan2 di sini sgt2 berguna!krn gak biasa pake bius, pake plastik gede yg pinggirnya dikasih selang kecil(biar lebar bukanya...dan aro gampang masuk)...hehehehe selamet....tp tetep aja ada sisik yg copot! :D :D :D...btw aro saya puasain dulu seblom dipindahin,dan air di aquarium yg baru udah saya endapkan dan aerasi terlbh dahulu!!!
Pokoknya Top dah pendpt2 dr rekan2 forum!!!!i love this forum!!!
Salam.....

rianfish
11-29-2004, 12:49 PM
Puasa!!! itu penting sekali, hampir lupa, biasakan dipuasakan 1-2hr sebelm dipindahkan, kalo hbs makan, aro bisa muntah, lalu kena gelembung renang...nungging deh berenangnya...kalo udah gini, biar yg punya puasa, tetap susah sembuh..

aromanic
11-30-2004, 10:57 PM
Ok thank you semuanya. Saya ngak teringat sama sekali yang namanya puasa.
Mungkin pindahnya baru bisa dimulai paling cepat senin depan. Kalau teringat hal-hal yang perlu mendapat perhatian khusus tolong ya post lagi.

Terima kasih lagi...arigato...

hendri
12-01-2004, 08:33 AM
puasa 2 hari tangkap pake plastik besar saja, tidak perlu bius.. karna masih dalam rumah...