PDA

View Full Version : Stop Kontak /Colokan Heater Terbakar


Tony 168
08-15-2004, 09:25 AM
Semalam colokan heater & listrik kami terbakar , sampai timbul api , kami jadi takut rumah kebakaran
Heater yang kami gunakan adalah Rena , 150 Watt, dipakai sepanjang hari siang malam , sudah 4 bulan , sambungan heater ke listrik colokan tunggal tidak di tumpuk
Apa ada saran untuk menghindarkan terbakarnya colokan heater &colokan listrik ? :mad: :mad: :eek:

baian
08-15-2004, 03:21 PM
cari stop kontak yg terminalnya kuningan....kalo bikin sendiri cari kabel lidi diameter 1,5mm....kmdn pemasangan kabel harus benar2 terpasang baik. coba periksa waktu mencolok kabel dg menggerakkan sedikit kabel colokkan.......biasanya kalo longgar akan bunyi atau peralatan listrik jd mati/hidup.

philwira
08-16-2004, 08:00 AM
SETUJU ........
cuma mao nambahin ........
pastikan colokan tidak bergoyang,ato tidak dapat bergoyang. dari celah tersebut bisa timbul percikan api. jangan pernah beli strker yg murah,(keliatan dari finishing yg amburadul).resikonya ga imbang ama akibatnya.kalao bisa hindari juga juga kabel serabut.

rianfish
08-16-2004, 08:21 AM
ya..kualitas alat listrik, sekarang banyak jg yg murah tp asal-asalan, jd hati2, merk bgs pun bnyk palsunya. Mengenai heater, ada jg kelalaian bagi yg baru pakai, yaitu saat kuras air, tdk dimatikan,sebgn dr heater menjd tdk terendam, nah saat diisi lg, bisa langsung pecah, bahaya banget..jd waspadalah...waspadalah.... :)

JD Winata
08-16-2004, 08:57 AM
Pasang sekering extra di port2 listrik aquarium , jika perlu tambahkan LCB leakage circuit breaker , aquarium juga di beri grounding wire biar aman.
Selalu pakai peralatan listrik terbaik , (the best is always the cheapest , trust me !)

hendri
08-16-2004, 09:22 AM
heater kalau dinyalakan 4 bulan siang malam ya kasihan heaternya juga, lama lama juga jebol.. harusnya di istirahatkan selang 2-3 jam setiap hari baru dinyalakan lagi.. namanya elektronik ya... kita kan ga tahu.. nasib2an kadang dapat bagus kadang jelek.. ya hati-hati saja jangan sampe ikannya kesetrum... :)

Julius
08-16-2004, 10:54 AM
heater kalau dinyalakan 4 bulan siang malam ya kasihan heaternya juga, lama lama juga jebol.. harusnya di istirahatkan selang 2-3 jam setiap hari baru dinyalakan lagi.. namanya elektronik ya... kita kan ga tahu.. nasib2an kadang dapat bagus kadang jelek.. ya hati-hati saja jangan sampe ikannya kesetrum... :)

Kalau menurut saya, heater itu di design untuk di hidukan nonstop (continuous), kalau mesti di-mati-hidup untuk istirahat ya repot lah kita yg pakai heater.... :) :)

Kalau saya lihat kayanya masalah bukan di heater, tapi colokan listrik (stopkontak) yg kendor, lalu menyebakan panas dan terbakar....

JD Winata
08-16-2004, 05:18 PM
Ada kemungkinan heaternya pecah kena reiki ?

RuKun
08-18-2004, 03:36 PM
Kalau saya lihat kayanya masalah bukan di heater, tapi colokan listrik (stopkontak) yg kendor, lalu menyebakan panas dan terbakar....[/QUOTE]

Kayaknya begitu istilahnya "ngefong". Stop kontak yang kendor bisa karena steker sering dicabut-dimasukkin lama-lama jepitannya kendor (jangan ngeres ya) atau biasa dipakai steker dengan ujung yang gemuk kemudian ganti steker yang ujungnya kurus (heh lagi bayangin apa lu!!).
Untuk menghindari bahaya mati karena kesetrum dan bahaya kebakaran dari listrik konslet pasang ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) di panel MCB setelah MCB PLN. Jadi seluruh rumah terlindungi, aman deh jadinya.
:D :D :D