PDA

View Full Version : Meditasi ZHEN QI YUN XING


Emil
12-04-2006, 03:33 PM
Saya merasa ikut terpanggil untuk menulis ini, siapa tahu ada manfaat dan bisa berjodoh dengan anda atau untuk siapapun yang mendengar berita ini. Ini bukan iklan atau promosi untuk yayasan Zhen Qi Yun Xing, tapi anggaplah sebagai balas budi saya dimana saya banyak sekali mendapat manfaat dari belajar ini.
Bermula dari obrolan disela2 makan siang kantor, dimana boss saya yang melemparkan topic ini :” Wah.. gua ikut latihan senam pernapasan…gila betul hasilnya..gua gak nyangka secepat ini hasilnya…tekanan darah gua jadi stabil…( boss punya penyakit darah tinggi )...lu pada ikut latihan deh…hasilnya sangat bagus…”. Hari2 selanjutnya selalu saja dibicarakan soal ini, dengan cerita si anu sembuh dari penyakit ini, si anu sembuh dari penyakit itu dll, Pada saat itu saya masih cuek saja, gak ambil peduli, sampai akhirnya boss bilang, untuk yang punya penyakit akut diharapkan ikut, begitupun yang umur sudah agak lanjut diharapakan ikut senam ini, dengan biaya pribadi boss…Grup pertama dari kantor dikirim 3 orang, 1 sakit strook ringan, dimuka mati sebelah, mulut dan bibir miring sebelah, mata tidak bisa dipejamkan sebelah, 1 orang ada kista, dan 1 orang lagi suka tiba2 pingsan…, dari pengalaman yang ikut tampaknya seru banget, tapi saya masih belum tertarik meski boss sudah suruh ikut..Grup II dikirim 3 orang dengan berbagai kasus…Seorang kawan kantor bilang ke saya :” Mil, lu ikut deh, gua jamin seumur hidup lu gak bakalan nyesel ..” Akhirnya saya ikut grup III dari kantor terdiri 3 orang…Dan… ternyata memang saya bersyukur bisa bertemu (berjodoh) dan ikut senam Zhen Qi ini, dan saya rasa ini adalah hadiah yang sangat2 berharga yang saya terima dari boss saya selama ini…
Ini pengalaman saya mengikuti senam Zhen Qi selama 13 hari full ..: Saya ikut di kelas Angkatan 29 tgl 6 Nov lalu, mulai latihan jam 18 s/d jam 22, tiap hari tanpa henti… Di hari ke 1, saya merasa agak boring, banyak teori2nya, hanya sedikit praktek..Hari ke 2 mulai ada yang terasa di tubuh saya, perut mules, pungung sakit2.. Hari ke 3 semakin terasa sakit dipunggung dan kaki mulai dari paha kiri hingga telapak sering ada rasa seperti semut2 berjalan. Hari ke 4 ada sesuatu yang aneh ditubuh saya, perasaan seperti bergetar tangan dan kaki kalau sedang konsentrasi latihan…Dihari ke 5, sesuatu yang spektakuler terjadi, dan tidak akan saya lupakan seumur hidup saya, ketika sedang dalam latihan, tiba2 saya merasa aliran darah diseluruh tubuh bergerak cepat, tubuh bergetar, kemudian terasa ke 2 tangan saya menjadi beku, terasa seperti membatu keras, dan tiba2 saya merasa suasana menajdi gelap sekali dan dibagian punggung terasa ada sesuatu yang bergerak keatas, melalui tengkuk, saya merasa ada suatu berkas sinar yang lewat cepat seperti peluru ke kepala dan tiba2 menjadi sangat terang sekali…setelah itu sedikit demi sedikit tangan yang beku seperti mencair dan terjadi kesemutan dan ketika semua rasa tadi menghilang saya merasa tubuh ini ringan sekali dan ada perasaan enak sekali yang sulit saya ceritakan…ketika saya buka mata, dikiri kanan saya sudah berdiri instruktur saya, dan mereka menyalami memberi selamat : “ Selamat pak, anda sudah “Thung Kuan”… Thung Kuan adalah istilah dimana “chi”(energi) sudah tembus keseluruh tubuh, dan emang inilah tujuan kami latihan senam pernapasan…
Bagi orang yang punya penyakit, biasanya setelah Thung Kuan, barulah kemudian terjadi proses pengobatan, karena memang semua aliran chi yang tersumbat sudah terbuka… Hari2 selanjutnya dilatihan banyak hal2 yang saya alami, sakit2 dipunggung, dada, kaki berpindah2, dan hal ini menurut instruktur adalah wajar, dimana kekuatan chi sedang dalam proses pengobatan…
Aneh memang, yang saya tidak habis pikir kok bisa yah, yang mana kita hanya duduk saja dikursi ( sekali lagi : hanya duduk ) dan bernafas dengan cara2 tertentu kok bisa mengasilkan penyembuhan yang benar2 ajaib….
Sekali lagi kalau anda berjodoh, maka bisa ikut latihan ini.. Menurut instruktur Thung Kuan hanya sekali terjadi dalam hidup kita…, maka pastaslah dipertimbangkan kalau kita ingin tetap sehat, apalagi kalau kita punya penyakit… :) ...

vankough
12-04-2006, 05:37 PM
Bro Emil, aku tertarik tuh latihan gituan. apakah 13 hr itu semuanya mencapai thung kuan ?

apakah mirip dengan tenaga dalam SN, kalimasada atau pun Reiki ?

Emil
12-05-2006, 11:51 AM
Pada umumnya akan terjadi Thun Kuan dalam masa 13 hari... jika tidak, maka anda dipersilahkan untuk ngulang ikut kelas berikutnya untuk 2 periode tanpa dipungut bayaran...Dulu pada mula pertama, latihan selama 1 bulan, kemudian dengan pengalaman dari kelas ke kelas dan riset bahwa thung kuan bisa didapat paling lama 13 hari... Kemarin dikelas saya angkatan ke 29 ada 21 peserta, yang tidak thung kuan hanya 2 orang, yang 1 orang sakit strook berat, badan mati sebelah, dan istri saya yang badannya lemah... Kemudian istri saya bisa thung kuan di hari ke 4 grup selanjutnya...
Pada dasarnya intinya sama dengan latihan lain sejenisnya, hanya ini dikhususkan untuk kesehatan...:) ...

vankough
12-05-2006, 11:56 AM
thank you atas infonya. will check it out kalo lagi di jkt.

Gaga
12-05-2006, 01:09 PM
Pak Emil saya mau ikut dong, gimana caranya? Bisa ngga kita bikin kelas di Mabes aja? Pasti banyak yg mau ikut ...

Wang_sen
12-05-2006, 05:04 PM
Biaya per sesi-nya berapa Pak?

Emil
12-05-2006, 05:50 PM
Pusat latihan Zhen Qi ini ada di Sunter, terkadang buka kelas juga di Paku Buwono Residence, juga ada cabangnya di Surabaya..., saya dengar untuk kelas Januari nanti di Sunter instrukturnya didatangkan langsung dari Lanzhou-China dan ada penterjemahnya... Untuk bikin kelas sendiri sebenarnya bisa dengan mengundang guru datang ketempat , tentu dengan syarat2 jumlah peserta tertentu pula....
Biaya per sesi sewaktu saya ikut di sunter 1,5 juta, termasuk snack dan T.shirt Zhen Qi Yun Xing...

vankough
12-05-2006, 06:02 PM
1 sesi = 1 kali latihan atau 13 kali latihan ?

Emil
12-05-2006, 06:12 PM
1 sesi itu 13 hari... mereka memberi jaminan thung kuan, jika tidak, bisa mengulang disesi selanjutnya gratis....

RudolF
12-05-2006, 06:24 PM
Pak emil,saya tertarik bgt nih untuk orangtua (ibu) saya yg ada kolesterol,darah tinggi,batu ginjal 2x,liver nya juga pernah sakit.Cara senam nya gimana pak...kata nya cuma duduk aja?Apa semua penyakit pasti akan sembuh klo udah dapat Thun Kuan?Pak klo saya mau liat2 dulu disana boleh gak?Meditasi ZQYX ini bisa ga untuk orang muda seperti saya?Thanks banget.

Emil
12-05-2006, 07:50 PM
Latihan ini memang dengan posisi duduk dikursi yang sering dipakai, tapi bisa juga dengan duduk bersila atau sambil tiduran bagi yang tidak bisa bangun... Proses penyembuhan memang tidak bisa seperti orang sim sala bim langsung sembuh, ini membutuhkan waktu, apalagi kalau punya penyakit berat... Sewaktu di angkatan saya, ada 3 orang yang sangat yang nyata terlihat sakit ketika pertama kali datang, 1 yang strook berat, 1 yang sakit liver sampai tidak kuat berdiri dan ketika datang selalu di tuntun sambil bawa2 bantal untuk duduk dan sandaran ditembok, 1 orang lagi pejabat dari pemerintahan sakit diabetes yang sudah divonis untuk segera diamputasi sebelah kakinya serta tidak bisa mengangkat sebelah tangannya. Saya merasa sangat surprise menyaksikan yang sakit liver dihari ke 5 langsung berdiri tegap dan bisa duduk dikursi tanpa perlu kasur lagi, dan yang diabetes setelah thung kuan langsung bisa mengangkat kedua tangannya keatas sambil berteriak2 karena senangnya... Sayang yang strook berat belum thung kuan ketika latihan sesi saya selesai, hingga saya tidak tahu kelanjutannya.
Latihan ini bisa diikuti oleh semua umur, semakin muda semakin cepat kita mencapai thung kuan...
Anda boleh datang kapan saja untuk melihat2 sebagai visitor, sambil baca2 tulisan kesaksian orang2 yang sudah sembuh setelah latihan ZQYX...:) ..

claudio88
12-05-2006, 11:33 PM
Bos, mana, katanya mao ngada'in sesi baru nih di Mabes :confused:

agustrn
12-06-2006, 09:14 AM
Bos, mana, katanya mao ngada'in sesi baru nih di Mabes :confused:
iya nih pak emil dari pada entar bro claudio pergi ke tempat2 lain, soalnya nanti kalo bisa mungkin akan praktek lsg ya nggak bro claudio :top::p

Emil
12-06-2006, 11:38 AM
Hari sabtu besok kita kumpul2 di mabes untuk diskusikan ini lagi....
Puaskan dulu yah sekarang sebelum puasa...hehehehe....:D ...

Ajie F
12-07-2006, 10:17 AM
Hari sabtu besok kita kumpul2 di mabes untuk diskusikan ini lagi....
Puaskan dulu yah sekarang sebelum puasa...hehehehe....:D ...

Master zhen qi Emil ,begitu panggilannya sekarang , gimana kalau master yg ngajar kita kita ( pan udah thung kuan he he he ) , khan duitnya bisa buat cicilan arisan ,gito lho , pan jadinya badan sehat di tambah hobby sehat :top: :D

salam

Ajie F

Emil
12-07-2006, 01:30 PM
Master zhen qi Emil ,begitu panggilannya sekarang , gimana kalau master yg ngajar kita kita ( pan udah thung kuan he he he ) , khan duitnya bisa buat cicilan arisan ,gito lho , pan jadinya badan sehat di tambah hobby sehat :top: :D

salam

Ajie F

Wah... suheng jangan gitu dong...., malu nih ilmunya masih dibawah suheng beberapa tingkat...hehehehe....:D ....

vankough
12-07-2006, 11:35 PM
entar kalo zen chinya kebanyakan bisa disalurkan ke arowana. he he he he entar Nacers bisa seminar Zen Chi for Arowana.

dulu saya latihan kalimasada pernah dikasih tahu kalo kelebihan energy bisa disalurkan ke pet kesayangan he he he he.

Emil
12-08-2006, 05:36 PM
Ini ada link sangat bagus dan ada hubungan soal "Chi" yang sering disebut2.. http://youtube.com/watch?v=HFzitJzlwYQ ... :) ...

amkri
12-17-2006, 02:46 PM
sorry kemarin gak sempet ngobrol banyak soal ini pak emil...........jadinya gmn?jd bikin kelas di mabes?

jason9
05-02-2007, 11:54 AM
Latihan ini memang dengan posisi duduk dikursi yang sering dipakai, tapi bisa juga dengan duduk bersila atau sambil tiduran bagi yang tidak bisa bangun... Proses penyembuhan memang tidak bisa seperti orang sim sala bim langsung sembuh, ini membutuhkan waktu, apalagi kalau punya penyakit berat... Sewaktu di angkatan saya, ada 3 orang yang sangat yang nyata terlihat sakit ketika pertama kali datang, 1 yang strook berat, 1 yang sakit liver sampai tidak kuat berdiri dan ketika datang selalu di tuntun sambil bawa2 bantal untuk duduk dan sandaran ditembok, 1 orang lagi pejabat dari pemerintahan sakit diabetes yang sudah divonis untuk segera diamputasi sebelah kakinya serta tidak bisa mengangkat sebelah tangannya. Saya merasa sangat surprise menyaksikan yang sakit liver dihari ke 5 langsung berdiri tegap dan bisa duduk dikursi tanpa perlu kasur lagi, dan yang diabetes setelah thung kuan langsung bisa mengangkat kedua tangannya keatas sambil berteriak2 karena senangnya... Sayang yang strook berat belum thung kuan ketika latihan sesi saya selesai, hingga saya tidak tahu kelanjutannya.
Latihan ini bisa diikuti oleh semua umur, semakin muda semakin cepat kita mencapai thung kuan...
Anda boleh datang kapan saja untuk melihat2 sebagai visitor, sambil baca2 tulisan kesaksian orang2 yang sudah sembuh setelah latihan ZQYX...:) ..

Ya!Latihan ini memang bagusdan berfaedah, posisi duduk dikursi cuma salah satu daripada posisi, posisi berdiri, berjalan, berbaring juga adalah posisi yang sesuai untuk berlatih.

http://images.blog.tom.com/pic/7/4/24/p_230274_49688.jpg

Bisanya berlatih 12hari x 3 jam dah boleh mencapai tahap ke-4 -- Thung Kuan, iaitu Qi(Tenaga batin/Tenaga dalaman) boleh mengeliling 2 meridian utama, yakni ren dan du/tu. seperti gambar berikut:
http://www.qgren.com/bbs/attachments/rSRS_Ren-Du.jpg[/img]

Saya orang Malaysia yang dilantik sebagai jurulatih di negeri China dalam forum bahasia Inggeris & bahasa Melayu/Indonesia, mengalu-alukan saudara-saudari untuk berinteleksi di :

http://www.zqyxf.com/zfbbs/dispbbs.asp?boardID=117&ID=5976&page=1

Atau saya juga akan selalu mengunjungi forum ini untuk mengadakan sesi soal-jawab.:congrats:

jason9
05-02-2007, 12:07 PM
MEDITASI ZHEN QI SIRKULASI 5 TAHAP


Meditasi adalah suatu proses yang dilakukan secara sadar untuk memusatkan banyak titik perhatian ke satu titik perhatian. Salah satu teknik meditasi yang terkait dengan pernapasan adalah meditasi sirkulasi temuan DR. Li Shao Bo, seorang profesor asal Lanzhou, China. Meditasi ini disebut Zhen Qi. Zhen artinya asli, dan Qi artinya energi. Zhen qi atau energi asli/murni manusia sebenarnya sangat potensial untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan dan stamina. Sayangnya hanya sedikit orang yang paham mengenai hal ini.

Zhen qi adalah ilmu yang mengajarkan orang supaya panjang umur dengan cara mengoptimalkan energi vital yang sudah ada dalam tubuh kita sendiri, yaitu dengan teknik pernapasan yang terkonsentrasi pada embusan napas (napas buang).

Awalnya, DR. Li merasakan keprihatinan yang mendalam melihat pasiennya bolak-balik datang. Buat Li, hal itu merupakan pemborosan dan menurunkan kredibilitasnya sebagai dokter. Lalu dengan mendalami kitab induk dari berbagai ilmu pengobatan tradisional Cina yang berusia 3000 tahun, Li mulai merumuskan zhen qi dan cara mempraktekkannya.

Kitab Kaisar Kuning sebagai kitab induk mengajarkan bahwa panjang umur dengan kualitas tubuh yang sehat itu penting. Namun untuk merumuskan kitab yang disebut yellow emperor ini, selain bahasanya sangat kuno, sistematikanya juga tidak bagus, bahkan para ahlipun belum tentu paham dengan tulisan yang tersuguhkan, akhirnya DR. Li berhasil dapat merumuskan dan menemukan cara mempraktekkan zhen qi (bernapas yang benar).

Zhen Qi Sirkulasi mengajarkan bahwa pernapasan dalam itu sangat penting, akan tetapi justru kita tidak pernah melakukannya. Kita terbiasa menggunakan pernapasan luar yang berlangsung antara 16-20 kali per menit. Menurut isi Kitab Kaisar Kuning, zhen qi akan efektif bila kita melakukan pernapasan dalam yang berlangsung antara 9-10 kali per menit. Hitungan 9-10 kali per menit menunjukkan kita diharapkan bisa bernapas dalam dan lambat.

Sebenarnya pernapasan dalam yang dimaksud adalah konsentrasi pada saat kita menghembuskan napas (napas buang). Kita tidak perlu berupaya supaya napas kita panjang dan lama. Bernapas normal saja serta rileks. Lama-lama setelah kita rileks, pernapasan kita akan berlangsung seperti saat kita tidur, dan itu terasa nyaman sekali.

Menurut DR. Li dalam bukunya "Treatise on Zhen Zhen-Qi Circulation" yang dicetak masih dalam bahasa Mandarin, konsentrasi pada embusan napas ini memiliki arti sangat penting. Saat kita menghembuskan napas, saraf parasimpatik akan bekerja dan saraf simpatik terhalangi. Akibatnya, tubuh menjadi rileks. Saat rileks, dengan sendirinya tekanan darah menurun dan segala nyeri akan hilang.

Saat kita menghembuskan napas, oksigen menjadi sebuah kristal energi. Tidak heran bila kita melihat peragaan bela diri karate, silat, maupun kung-fu; saat memukul entah itu benda keras atau lawan, kebanyakan dari mereka mengeluarkan napas lewat teriakan.

Selain beberapa hal itu, hembusan napas menyebabkan energi di jantung turun ke ulu hati, membuat sistem pencernaan bekerja sempurna. Lalu turun ke dan tian bawah (pusat energi di bawah pusar).

Sembari mencapai pernapasan ideal ini, kita diajari menggerakkan zhen qi supaya membuka 8 meridian yang kita miliki, yaitu yang qiao, yin qiao, yang wei, yin wei, chong, dai, ren, dan du. Namun dalam prakteknya, kita hanya berkonsentrasi supaya zhen qi membuka 2 meridian utama, yakni ren dan du/tu.
Setelah 2 meridian utama atau gerbang energi terbuka, dengan mengatur supaya zhen qi melewati jalurnya, ke 6 meridian lainnya secara otomatis akan terbuka. Jalur energi pun menjadi lancar. Selanjutnya berakibat 12 meridian umum lainnya juga ikut terbuka, sehingga efeknya seluruh tubuh akan sehat karena seluruh jalur energi atau meridian tidak terhambat. Sakit itu adalah gejala adanya jalur meridian yang tertutup sehingga energi zhen qi tidak berjalan lancar.

Latihan Meditasi Zhen Qi Sirkulasi dikatakan berhasil bila kita mampu membawa zhen qi kembali ke dan tian bawah. Pada dasarnya ada 5 tahap latihan. Pertama, konsentrasikan zhen qi di dan tian tengah (ulu hati). Kedua, turunkan zhen qi ke dan tian bawah (tiga jari di bawah pusar). Ketiga, konsentrasi pada dan tian bawah. Keempat, konsentrasikan zhen qi untuk dibawa memutar menuju meridian du dan berhenti di dan tian atas (di antara alis mata). Kelima, konsentrasikan zhen qi untuk dibawa ke dan tian bawah lagi.

Pemusatan pikiran berlangsung bersamaan, yakni saat menghembuskan napas dan menggerakkan zhen qi. Setelah berhasil membuka jalur meridian, biasanya saat latihan kita hanya akan konsentrasi di dan tian bawah.

Teknik pelatihan Meditasi Zhen Qi ini berlaku untuk semua umur. Walaupun sangat sederhana, namun efek latihan ini luar biasa. Setelah jalur meridian terbuka, tubuh akan terasa segar, sehat, dan tidak mudah sakit.

Teori dan Pelatihan Zhen Qi Sirkulasi ini telah diuji coba oleh DR. Li Shao Bo di Lanzhou Chinese Medicine Hospital, tempat prakteknya sejak usia 30 tahun hingga saat ini. Banyak penyakit kronis tersembuhkan, misalnya: stroke, kanker, tumor, gangguan lambung, maag, jantung koroner, hepatitis, gagal ginjal, diabetes, ashma, darah tinggi, rematik, saraf terjepit, penglihatan menurun, penyembuhan pasca operasi, ketergantungan obat tidur, alergi, stress, dan masih banyak lagi.

Dibutuhkan waktu tersendiri dan ketekunan untuk berlatih sampai zhen qi bisa menembus jalur meridian ren dan du. Untuk dapat 'dung' atau tembus dibutuhkan waktu satu bulan latihan. Namun ada anak kecil yang hanya butuh waktu beberapa hari saja sudah langsung bisa tembus. Mungkin anak kecil belum banyak pikiran sehingga mudah berkonsentrasi.

Proses pencapaian hingga menembus jalur ren dan du memang beraneka ragam, tergantung kondisi fisik masing-masing orang. Ada yang bisa melakukannya dalam waktu seminggu, ada pula yang butuh waktu satu bulan, bahkan ada yang berbulan-bulan. Yang membuat lama biasanya karena orang sulit mengendalikan pikiran, atau penyakit yang begitu banyak dan beragam, atau kurang tekun berlatih. Untuk pemula sebaiknya berlatih minimal 4 jam sehari.


PROSES PELATIHAN MEDITASI ZHEN QI SIRKULASI
1. Anda boleh duduk di kursi atau berdiri. Usahakan mencari posisi yang nyaman dengan punggung tegak, yang memungkinkan peredaran darah lancar. Lebih baik tidak bersila atau berlutut. Anda boleh berbaring, tetapi jangan terlentang, melainkan berbaring menyamping. Lebih baik menyamping ke kanan, tangan kanan letakkan di depan kepala (pelipis kanan) dan tangan kiri menutupi bagian bawah pusar. Area dan tian mesti ditutup supaya aman dari energi luar tubuh.

2. Buatlah seluruh tubuh anda rileks. Telapak tangan dalam posisi menelungkup. Bernapaslah seperti biasa. Tekuk lidah ke langit-langit di rongga mulut, supaya jalur meridian du dan ren tersambung. Mulailah dengan menarik napas lewat hidung, keluarkan lewat hidung. Jangan sengaja membuat panjang atau lama, karena proses ini akan anda capai dengan sendirinya.

3. Pusatkan perhatian (konsentrasi) setiap kali menghembus napas. Setelah beberapa detik perhatian dipusatkan pada dan tian tengah di ulu hati, setiap kali menghembuskan napas. Rasakan sensasi yang ada. Beberapa macam sensasi yang berlainan antara orang yang satu dengan yang lain biasa terjadi. Ada yang merasa hangat, dingin, tertekan, atau ada sesuatu seperti angin berputar di ulu hati. Itulah zhen qi yang dimaksud.

4. Bawalah zhen qi turun ke bawah, tiga jari di bawah pusar (dan tian bawah) dan konsentrasikan di bagian itu. Proses menurunkan zhen qi untuk setiap orang berbeda. Ada yang mudah, ada yang sulit. Ada yang turun, naik, turun lagi. Ada yang turun terus sampai ke kaki. Biarkan saja dan ikuti alirannya. Ada yang bisa sekali latihan, ada yang butuh beberapa kali latihan. Biasanya pada tahap ini ada beragam sensasi yang muncul. Yang terutama adalah angin kentut, karena banyak gas yang bergerak di sistem pencernaan. Kalau sudah demikian, keluarkan saja. Itu artinya zhen qi mulai memperbaiki fungsi pencernaan.

Sensasi lain yang biasa terasa antara lain rasa sakit atau gatal, terutama yang pernah menjalani operasi di perut. Ini pertanda zhen qi sedang membuka meridian yang putus akibat operasi.

Setelah latihan pada tahap ini biasanya orang sering buang air besar. Ini karena zhen qi mendorong kuat kotoran yang ada di pencernaan supaya bersih. Buang air bisa berlangsung 3-5 kali sehari. Bahkan ada yang lebih 10 kali atau belasan kali sehari. Ini adalah gejala yang normal. Biasanya gejala ini akan berlangsung dalam waktu satu sampai dua hari. Warna tinja juga akan beragam. Ada yang hijau, gelap, cokelat sekali. Itu merupakan gejala yang wajar. Anda tidak perlu ke dokter bila mengalami hal ini.

5. Latihan diteruskan dengan membawa zhen qi ke bagian belakang tubuh sepanjang meridian du, berhenti di dan tian atas (di antara alis mata). Proses tahap ini biasanya lebih sulit. Butuh waktu lama untuk kebanyakan orang.

Perjalanan zhen qi tergantung kondisi masing-masing orang. Bila ada bagian tubuh yang bermasalah, akan terasa sakit sepanjang jalur meredian yang dilewati dan perjalanan akan lambat. Sensasi gatal, panas, rasa seperti digigit semut, dan lain-lain akan terasa. Zhen qi bisa berjalan lancar, bisa bolak-balik. Bila zhen qi melewati meredian di area organ reproduksi, orang bisa bersemangat, vitalitas semakin tinggi, bahkan bisa jadi gairah seksual meningkat. Itu efek yang wajar.

Yang paling sulit bila zhen qi sudah mencapai leher dan mau menembus ke atas kepala. Terkadang proses ini disertai rasa sakit. Ini terjadi karena di bagian leher, sendi-sendi tulang leher begitu padat dan kuat, akibat menyangga kepala yang berbeban berat. Namun kalau sudah menembus leher dan naik ke kepala, sensasi hangat dan dingin akan terasa. Bahkan bisa terasa seperti cahaya melintas di atas kepala.

6. Setelah semua sensasi terasa, teruskan membawa zhen qi turun ke dan tian bawah lagi. Proses dan sensasi yang mirip akan anda temui seperti pada awal latihan, tetapi biasanya tidak sedahsyat yang pertama. Ini karena jalur energi sudah terbuka. Biasanya proses ini akan lebih mudah. Konsentrasikan zhen qi di dan tian bawah, biasanya akan dilakukan terus menerus bila anda sudah menembus jalur ren dan du. Anda tidak perlu latihan memutar jalur ren dan du tiap kali latihan. Dengan sendirinya, lama kelamaan energi akan semakin membesar di dan tian bawah dan mempengaruhi keseluruhan meridian. Ini berakibat positif, anda akan sehat dan panjang umur. Bila sudah sering latihan, biasanya zhen qi justru akan bergerak sendiri membersihkan jalur-jalur meridian dan menyeimbangkan energi tubuh anda.

7. Ingat, untuk bisa menembus zhen qi dari meridian ren ke du butuh latihan yang tekun. Paling tidak setiap hari dibutuhkan waktu empat jam. Bisa dipecah-pecah waktunya, minimal 20 menit untuk setiap kali latihan. Pada awal penemuan teknik ini, DR. Li Shao Bo malah meminta murid-muridnya latihan sampai berjam-jam sehari. Bisa anda lakukan setelah mandi pagi, sebelum sarapan, dan berangkat kerja. Selanjutnya latihan bisa dilakukan siang hari saat istirahat dan sore sepulang kerja. Malam hari sebelum tidur, baik juga bila berlatih lagi.

8. Yang jelas saat latihan anda harus dalam keadaan rileks dan tenang. Jangan terburu-buru. Nikmati seluruh proses dengan gembira dan tanpa tekanan. Buatlah kegelisahan, kecemasan, kesedihan, atau apa saja akrab dengan anda dengan menyadari dan menikmatinya. Dengan sendirinya semua akan hilang.

9. Bila ada obat dokter atau ramuan tertentu yang mesti diminum, minum saja. Makanan apapun tidak perlu dipantang, kecuali untuk mereka yang mengidap penyakit tertentu. Seiring perkembangan latihan, anda akan melihat hasilnya. Latihan ini tidak memiliki efek samping yang membahayakan tubuh. Justru sebaliknya, yang terjadi adalah efek penyembuhan.

10. Yang penting, anda butuh pembimbing untuk menjalani proses ini. Bisa juga anda melakukannya bersama teman dalam satu kelompok. Ini akan membantu proses, karena bisa saling menceritakan hasilnya. Masing-masing orang akan dikuatkan satu sama lain.



Dengan bermeditasi, kita dapat lebih menyadari kebesaran Sang Pencipta akan kehebatan dan kesempurnaan alam semesta ini, dimana kita dapat memanfaatkan segala sesuatu dari alam yang tersedia di sekitar kita untuk mencapai kenikmatan hidup (sehat, sejuk, tenang, dan bahagia). Dengan demikian kita dapat lebih bersyukur kepada Sang Pencipta yang telah memberikan segala sesuatu baik adanya.

jason9
05-02-2007, 12:14 PM
Ya!Posisi duduk memang salah satu daripada posisi latihan ini, sebenarnya terdapat posisi berdiri, berjalan dan berbaring juga seperti :

http://www.wulinjj.com/bbs/UPLOADFILE/2005-12/200512123352489801.jpg

http://images.blog.tom.com/pic/7/4/24/p_230274_49690.jpg

http://images.blog.tom.com/pic/7/4/24/p_230274_49688.jpg

Ajie F
05-02-2007, 02:51 PM
Nice info bro Jason :top: :idea:

salam

Ajie F

Emil
05-02-2007, 02:57 PM
Thanks for sharing bro... ulasan anda sungguh sangat berguna...:top: .:) ..

jason9
05-02-2007, 04:34 PM
Salam, bro sekalian.:congrats: I'm malaysian, tapi baru dilantik sebagai forum legand di website Lanzhou Zhen Qi Yun Xing HQ, my nick is "overseas chinese". B4, dah menjadi SuperMod di website QigongRen.

Lanzhou ZQYX webmaster menjemput I ke sana untuk menghasilkan forum untuk pelatih-pelatih yang tak fasih bahasa mandarin, asalnya hanyak terdapat forum bahasa Inggeris, saya telah mempamirkan artikel bahasa Indonesia karena didapati ramai pelatih dari Indonesia.:)lalu forum itu ditukar sebagai forum bahasa luar negeri :
http://www.zqyxf.com/zfbbs/index.asp?boardid=117

Semua saudara-saudari adalah di alu-alukan untuk mengunjungi forum berkenaan, kita boleh mengadakan sesi soal-jawab. Welcome:congrats:

jason9
05-02-2007, 04:44 PM
Thung Kuan cuma mencapai Tahap Ke-4, bro sekalian harus target untuk mencapai tahap ke-5 --- meditasi, dimana tahap ini boleh menyembuh kebanyakan penyakit organ dalaman dan awet mudah. Terdapat seorang Malaysia yang berumur 50an yang beruban, rambutnya yang baru timbul menjadi hitam selepas hari ke-10, lihat photonya:

http://www.qgren.com/bbs/attachments/Gpx7_Hair-1.jpg

Cewek ni pula tulang belakang nya sakit, selepas berlatih, boleh lakukan aksi seperti yoga(umurnya lah 40+) :

[http://www.qgren.com/bbs/attachments/sfLy_huipin3.jpg

jason9
05-02-2007, 04:57 PM
http://www.zqyxf.com/UploadFile/200702/DSC00437.jpg

Wanita ini pula dari LanZhou, Tiongkok, dia berpenyakit kebas & sakit kaki, penyakit keturunan, ibunya udah lumpuh semasa berumur 60+, dia bimbang akan seperti ibunya --- lumpuh pada usir 60+, lalu berlatih ZQYX, beliau berpendapat dia telah hidup semula. :)

evafish
05-02-2007, 07:33 PM
Hi Jason.:congrats: welcome to this big family...:suer: saya juga sangat berminat . ZHEN QI YUN XING juga ada di malaysia.....? kalau ada boleh beritahu saya alamatnya.....sebab kebelakang ni father in law saya tidak berapa sihat. Dia pernah mengalami stock ringan .sebelah kiri tangan sampai ke kakinya selalu rasa kebas..Dia ada mengambil obot dr hospital. Semasa makan obat boleh melakukan latihan ini.??Adakah ZHEN QI YUN XING juga melakukan aktiviti spt kuan ting ..?? Acupuncture dan juga obat traditional cina atau dalam pill aja..?? :congrats: :) :top:

andhara
05-02-2007, 08:00 PM
1 sesi itu 13 hari... mereka memberi jaminan thung kuan, jika tidak, bisa mengulang disesi selanjutnya gratis....

Latihannya setiap hari atau berapa kali seminggu Pak?

jason9
05-02-2007, 10:14 PM
ZQYX ada di Malaysia Barat sahaja, Malaysia Timor masih belum, negeri yang menjalankan kursus ini adalah Pulau Pinang, Kuala Lumpur. Johor(Muar & Johor Bahru) dan Seremban.

Tetapi sekiranya terdapat sambutan yang bagus, iaitu terdapat lebih daripada 12 orang pelajar, instruktor boleh dijemput untuk mengadakan kursus dimana-mana sahaja.

Latihan ZQYZ boleh dilakukan semasa makan ubat doktor, ia tidak perlu "kuan ting", Acupuncture atau obat traditional/pil, ia cuma mengumpul tenaga dalaman untuk membuka meridian yang terhambat,khasnya REN & DU meridian & Ren, dengan pembukaan 2 meridian utama berkenaan(Thung DU) dapat mengimbangkan Ying & Yang didalam badan pelatih, dan menyembuhkan penyakit secara berperingkat. Selepas itu, semua meridian yang lain akan terbuka sendiri sekiranya pelatih menjalankan latihan setiap hari sekurang-kurangnya 2 kali sehari. Sekiranya pelatih dah boleh meditasi, penyakit organ dalaman akan dapat pulih secara perlahan-lahan, wajarnya akan nampak lebih mudah dan awet muda. Konsep ini juga seragam dengan Acupunture yang pakai jarum, latihan ini cuma gunakan tanaga dalaman dan tidak perlu teknik atau kepakaran untuk mengenalpasti "acupunture point". Selepas menguasai kaedah meditasi ini, badan akan selalu sihat dan bertenaga. Penyakit deman batuk, flu barangkali tidak berulang lagi. Misalnya saya, dulunya sekurang-kurangnya demam 5-6 kali dan susah sembuh walaupun makan obat antibiotic yang kuat), sampai hari ini tidak pernag demam batuk lagi.:)

Anda semua jangan bimbang latihan lanjutan sebanyak dua kali sehari, sebenarnya ia merupakan tidur, malahan lebih bagus daripada tidur, semasa tidur, kita bermimpi bererti otak kita tidak berehat. tetapi meditasi otak kita betul-betul berehat!:)

Dan kita boleh berlatih lalu tidur terus, kemudian berlatih sekali lagi pada waktu pagi atau waktu senja. Dengan adanya teknik berlatih sambil berjalan/berdiri / tidur, janjil semua orang mempunyai waktu untuk berlatih. Khasnya latihan ini demi kesihatan dan panjang usir diri sendiri.

Saya amat berminat untuk menyembangkan pengetahuan /latihan ini kerana telah menikmati kelebihan teknik ini , walupun tidak mempunyai penyakit berat. Namum, batuk yang kerap menyebabkan sakit tekak & berdarah telah menyeksakan saya selama 5-6 tahun. Dan dinampak ramai pelajar yang telah sembuh dari penyakit yang dikata doktor "tak boleh diubati/susah diubati", rianglah hati ku.:)

jason9
05-02-2007, 10:32 PM
Kursus latihan ini cuma memerlukan 12-15 hari, setiap hari berlatih 2-3 jam, ini sesuai untuk para golongan pejabat/busines. Dan mamastikan semua orang dapat tamat berlatih.

Kalo tempoh kursus ini panjang sangat, mungkin setengah-tengah pelajar tidak dapat tamat kursus ini kerana sibuk dengan pekerjaan, kan? dan bagi sesiapa yang belum "Thung DU" (Tahap Ke-4), semuanya boleh bersambung kursus secara percuma pada kursus kemudian(tidak had berapa kali, sehingga mencapai kejayaan), atau boleh menerima ajaran melalui internet.

Kebanyakkan pelajar yang mencapai tahap ke-3, iaitu mengumpul tanaga dalaman di "TANTIAN", akan dapat mencapai tahap ke-4 jika berlatih sendiri di rumah, kerana caranya akan diberitahu.:) Bagi sesiapa yang rajin, iaitu berlatih sebanyak 3 jam sehari, pasti akan mencapai kejayaan。 Bagi sesiapa yang dapat menguasai teknik latihan semasa tidur, besar kemungkinan dapat mencapai tahap ke-5 dalam tempoh belasan hari.

ZQYX merupakan praktik yang mudah dan berfaedah, ia tidak perlukan acupunture, ubat atau makanan berkhiasat untuk mengkuatkan badan。

saya akan mempamirkan senarai penyakit yang pernah disembuhkan selepas menguasai teknik ZQYX kelak. Syabas! saudara saudari sekalian.

jason9
05-02-2007, 11:12 PM
http://www.qgren.com/bbs/attachments/oN4j_Yau-1.jpg

Pelajar ini berusia 63, sakit pinggang nya. Selepas dapat mengumpulkan tenaga dalam, Zhen Qi sedang membetulkan tulang & saraf nya. Nampak macam aksi YOGA, kan?

Yang berlainan, pelatih YOGA membuat aksi ini atas kemahuan sendiri, Pelatih ZQYX yang mempunyai kesakitan tulang & saraf hanya boleh lakukan setelah mengumpulkan tenaga dalam dan dipaksa oleh Qi untuk lakukan aksi tertentu untuk membetulkan tulang & saraf, bagi yang tidak berpenyakit tulang & saraf tidak akan membuat aksi seperti ini.

Principnya serupa dengan paip getah yang bergulung atau terlipat, bila disambung dengan pili air, air dialirkan, bahagian yang terlipat itu akan diluluskan supaya air dapat menerusinya.

http://www.qgren.com/bbs/attachments/2C4i_Yau-3.jpg

evafish
05-03-2007, 09:22 AM
salam..:congrats: eva pernah nampak ada orang bercakap-cakap dan senyum-senyum sendiri semasa melakukan meditasi.. adakah ini juga tanda-tanda yg diberikan semasa meditasi....normal atau tidak...??:)

jason9
05-03-2007, 03:01 PM
Semasa meditasi, setengah-tengah orang akan mengenang kembali kisah-kisah lamanya, diantaranya ada yang manis maka pelatih itu akan tersenyumlah! :) Kalo adalah yang pahit, mungkin pelatih itu akan menagis pula, hal itu semuanya normal.

Semua ini berlaku sebabnya semasa Qi melalui otak(semasa Thung Kuan), semua sel-sel otak, khasnya yang merupakan "memory' akan menjadi aktif (mengikut kajian sains, manusia cuma menggunakan 5%-8% sel-sel otak sahaja, yang lainnya dalam keadaan tertidur/tak aktif), kisah-kisah lama yang tersimpan didalam sel-sel yang tertidur itu jika menjadi aktif, akan timbul semula dan jadi teringatlah kisah-kisah lama pelatih berkenaan. ==> Yakni juga adalah sebab mengapa fikiran atau kepintaran pelatih ZQYX bertambah baik dan penyakit "stroke" boleh pulih.

Diantara kisah-kisah pelatih, ada seorang wanita nampak dia menyimpan barang kemas kesayangannya didalam begsinya, malahan dia dah lama hilang barang kemas itu. Selepas kembali ke rumahnya, dia mengeluarkan begsi itu dan dapat barang kemasnya yang telah "hilang" itu.

Juga ada seorang tua, dia kerap mengritik kaki judi , tetapi semasa keadaan meditasi, dia nampak corak-corak seperti "Majong", dia bertanya kenapa dan apa maksud ternampak benda itu. Bila ditanya adalahkah beliau pernah bermain "Majong" semasa muda, beliau mengaku pernah!:D

evafish
05-03-2007, 03:53 PM
eva juga mahu tanya satu lagi soalan....kenapa ada orang kata selepas ' kuan ting' ada ternampak juga bayang-2 dalam mata mereka. Ada yang cakap ada warna hitam dan putih laitu sebelah mata kiri hitam , mata kanan putih..Adakah ini juga bermaksud 'qi'tu sudah masuk badan orang itu..??:congrats:

jason9
05-03-2007, 05:04 PM
Salam! Pelatih ZQYX memang boleh nampak cahaya yang melambang 5 organ dalaman utama, iaitu hitam=buah pinggang, Putih=paru-paru, Merah=jantung, kuning =perut /usus, hijau=hati. Mereka yang nampak warna hitam selalunya mempunyai masalah buah pinggang, yang nampak warna hitam & hijau biasanya mempunyai masalah hati & buah pinggang. Cahaya berwarna ini biasanya bertimbul semasa "thung Kuan" dan bertutup mata.:)

Menurut Pengganut Buddha Tibet, "Kuan Ting" memang merupakan pemberian tenaga oleh mahaguru kepada pengikutnya, tetapi saya tidak tahu banyak mengenali bidang ini, maaf kerana tidak dapat memberi ulasan yang lebih lanjut.

jason9
05-03-2007, 10:09 PM
REN meridian
http://www.dharma.com.tw/X3LogoB/MagRen2.GIF

Dun Meridian
http://www.dharma.com.tw/X3LogoB/MagDo2.GIF

"Thung Kuan" bererti "Qi" boleh mengeliling meridian REN & DU, Istilah yang lebih tepat adalah "Thung REN DU" atau lebih ringkas "Thung DU"

jason9
05-03-2007, 10:16 PM
aliran "Qi" mengikut REN Meridian (Flash Player)
http://krsna.lamost.org/medi/classic/jingluo/jlflashset.htm

aliran "Qi" menikut DU Meridian (Flash Player)
http://krsna.lamost.org/medi/classic/jingluo/jlflashset.htm

jason9
05-03-2007, 10:30 PM
aliran "Qi" apabila mencapai ZQYX Tahap Ke-5(12 meridian utama) :

http://www.dharma.com.tw/X3LogoB/HandD11.jpg

http://www.dharma.com.tw/X3LogoB/HandYm1.GIF

http://www.dharma.com.tw/X3LogoB/FootYm1.GIF

http://www.dharma.com.tw/X3LogoB/FootTn1.GIF

http://www.dharma.com.tw/X3LogoB/HandSn1.GIF

http://www.dharma.com.tw/X3LogoB/HandTy1.GIF

http://www.dharma.com.tw/X3LogoB/FootTy1.GIF

http://www.dharma.com.tw/X3LogoB/FootSn1.GIF

http://www.dharma.com.tw/X3LogoB/HandJn1.GIF

http://www.dharma.com.tw/X3LogoB/HandSy1.GIF

http://www.dharma.com.tw/X3LogoB/FootSy1.GIF

http://www.dharma.com.tw/X3LogoB/FootJn1.JPG

Sekiranya terdapat sangkutan sesuatu "acccupanture point" disepanjangan 12 meridian ini, seseorang itu akan mendapat sesuatu penyakit yang tertentu tertentu. Apabila "Qi" dapat menbusi sangkutan tersebut, maka penyakit itu akan sembuh/pulih.

evafish
05-03-2007, 10:32 PM
terima kasih bro jason ..maaf eva masih ada soalan peluh tanya....kenapa banyak orang yang menjalankan aktiviti meditasi mempunyai satu masalah yang sama iaitu semasa mereka berhenti mengamalkan aktiviti tersebut mereka akan rasa lebih letih atau lebih lemah dari dulu ..adakah ini bermaksud 'qi' yang terdapat dalam tubuh mereka mula lari atau sendi-2 yang telah 'dibuka'oleh' qi' sudah sumbat semula....?atau ini adalah efectnya ..?? iaitu sekiranya sudah mula . tidak boleh berhenti atau akan menjadi lebih teruk lagi apabila mereka sudah sampai usia yang tinggi ..??:)

jason9
05-03-2007, 10:41 PM
Untuk menjadi pakar Acupunture, seseorang mesti hafal dimana meridian & acupunture point untuk menurunkan jarum。 Teknik ini susah dikuasai oleh seseorang dan juga mengambil masa beberapa tahun untuk belajar.

Tetapi dengan belajar ZQYX, pelajar cuma perlukan belasan hari dan tidak perlu menghafal dimana meridian & acupunture point, malah tidak perlu tahu apa dia meridian & acupunture points, karena Qi itu cukup bijaksana dan tahu jalannya.

Meridian itu lebih kurang seperti litar eletrik dan "Qi itu arus/karan eletrik, Qi akan mengalir mengikut litar saja.:)

jason9
05-03-2007, 11:33 PM
Soalan yang bagus Eva!
Dari pengalaman saya, menjadi lebih teruk jika berbanding dengan dulunya adalah berkaitan dengan umur seseorang dan bukannya oleh sebab dia berhenti berlatih.

Kita boleh ambil contoh ahli sukan, kalo dia berhenti berlatih dan umurnya semakin tua, apa akibatnya?

Mengikut teori daripada kitab "Yellow Emperor" - sebuah kitab perubatan traditianal Tionghua & Acupunture, semua meridian2 budak-budak dibawah usia 16 tahun yang sihat tidak tersumbat, tetapi akan menjadi semakin sempit mengikut usia, seseorang itu akan lemah sekiranya meridian semakin sempit, akan demam kalo beberapa meridian tersumbat, akan sakit tenat jika kebanyakan meridiannya tersumbat dan akan meninggal dunia jika kesemua meridiannya tersumbat. Buktinya :

1) Budak dibawah usia 16 tahun amat aktif, bertenaga, sihat(kecuali mereka yang lemah semasa dilahirkan)

2) warga pertengahan usia semakin lemah, senang dijangkit penyakit dan sebagainya.

3) setelah berlatih ZQYX, semua meridian yang semakin sempit akan menjadi lebar semula atau tidak tersumbat lagi, sebab itu pelatih yang tercapai tahap ke-3 (menebusi meridian REN) akan tidur lena(sekiranya tidur tak lena), penyakit gastik semakin pulih dan lain-lain lagi(dll).

4) bagi yang tercapai pertengahan tahap 3-4, masalah kencing, sakit puan/tuan, suara lemah dll akan nampak semakin pulih atau berkesan (Qi sedang menebusi meridian DU).

5) bagi mereka yang berjaya menebusi meridian REN & DU, penyakit letih akan pulih dan bertenaga semula. Dan akan menebusi 12 meridian utama & 6 meridian khas kemudian kelak secara otomatik jika terus berlatih.

6) bagi mereka yang masih tak boleh meditas(setengah-tengah nya boleh masuk meditasi pada tahap pertama atau ke-3), mungkin akan dapat meditas selepas mencapai tahap ke-4.

Sekiranya berhenti berlatih, meridian yang telah menjadi lebar akan semakin menjadi sempit mengikut usia ( = akan menjadi lemah) atau tersumbat semula(demam semula), sekiranya meridian menjadi lebih sempit jika dibanding dengan dulu(memang begitu mengikut usia yang bertambah) maka akan jadi lebih lemah berbanding dengan dulu.:)

Sebab itu, untuk menjaga kesihatan dan menjamin panjang usia pelatih digalakkan untuk terus berlatih. Misalnya Profesor Li, daripada seorang yang lemah (semasa umur 20'an) telah menjadi sihat dan dapat bekerja semula dan usianya sekarang adalah 98 tahun dan masih sihat, masih boleh bersilat, bergerak bebas, mengajar ZQYX.:)

jason9
05-03-2007, 11:54 PM
Meditasi ZQYX adalah berlainan daripada cara meditasi lain, meditasi ZQYX melebarkan meridian REN, DU & 12-meridian utama lalu mencapai keadaan meditas. Dengan kaedah ini, Qi dapat mengalir didalam meridian yang lebih luas/lebar, maka kesihatan pelajar adalah leih baik kjika berbanding dengan kaedah meditasi lain yang cuma bertumpu perhatian pada otak.

Semasa saya belajar, Qi yang mengalir didalam meridian REN & DU pada mulanya cuma seperti benang yang halus, kemudian sebesar telur ayam 2 hari kemudian dan menjadi seperi corak kain selebar badan, saya yakin jika berhenti berlatih, ia akan ambil masa panjang untuk menjadi sempit semula.:D:D:D

Kesan yang ketara sekali ialah berat badan turun daripada 86Kg menjadi 77Kg, ukuran pinggang kurang 100mm, tidak lagi demam batuk, rambut dan air muka menjadi lebih bersinar, semagat dan fikiran menjadi tinggi dan pintas, rakan2 & jiran2 pun hairan dan kata saya nampaknya lebih muda.:top::top::top:

muljono
05-29-2007, 09:09 AM
you can access my blog at http://www.muljono.web.id or http://www.sbe.co.id
i want to everyone "who like zhen-qi" can discuss at my blog
Bugar dengan Meditasi Zhen-Qi Yun Xing

jason9
06-22-2007, 11:40 PM
Thank you brother Muljono!

I have visited your blog, but it deem too slow to access (both).

I'll try to access next time. By the way, thanks for your info. and photo.

You are welcome to http://www.zqyxf.com/

the official website of Zhen Qi Yun Xing Fa of China, my nick there is Overseas Chn

Emil
02-06-2008, 05:54 PM
Dengar2 yayasan ZQYX yang di sunter akan buka kelas baru tgl 11 februari mendatang... ini ada link yang juga membahas soal ZQYX.. http://kaskus.us/showthread.php?t=657224 ..:)..