PDA

View Full Version : Make up foto aro via computer


defro
08-20-2004, 01:49 PM
Rekan2, saya mendapat kabar dari beberapa sumber (Maaf, saya gak sebut pihak2/toko2 mana,tapi ini terjadi di beberapa kota di Indonesia) kalo perdagangan aro lewat internet (dengan cara memperlihatkan foto aro-terutama untuk pembeli yang berbeda negara/kota), banyak terjadi penyimpangan, dimana setelah aro difoto pake kamera digital, file foto tersebut "DIPERBAGUS" dengan program komputer sehingga warna dll dari aro tersebut menjadi lebih bagus. Jadi pada saat transaksi disepakati, saat ikannya dikirim, ternyata tidak seperti digambar kualitasnya. :eek:

Beberapa pihak yg penasaran, pernah mencoba "Menguraikan" komposisi gambar foto tersebut, dan ternyata bisa terurai hingga persis seperti ikan aslinya. :eek:

Apakah hal seperti diatas bisa dilakukan? :confused: Maaf, jujur saja, saya agak "tertinggal" di bidang komputerisasi yg serba canggih.

Terima kasih atas responnya.... :)

kalesa
08-20-2004, 05:48 PM
aturan beli aro : lebih baik lihat barangnya langsung

hendri
08-20-2004, 07:23 PM
saya rasa tinggal cari program yang bisa menguraikan file foto. tapi kalau emang fotonya pake lampu kayak NAN gitu tetap tidak bisa diuraikan... kita kan tau kalau lampunya bagus ikannya juga ikut bagus hehe..

tapi biasa edit2 gambar pake adobe photoshop seh... pada umumnya...

paladin
08-21-2004, 12:41 AM
Yah memang bisa kok untuk memake-up gambar ikan dengan adobe photoshop, saya lumayan menguasai, tekniknya hanya dengan memakai layer...... Tapi jangan dipergunakan untuk kejahatan gitu dong, saya biasa hanya pake sebagai walpaper komputer saya......berhubung dengan mahalnya ikan bagus akhir akhir ini..... :) :) :) salam tyrandelf

JD Winata
08-21-2004, 06:34 AM
Laporkan lewat forum pelakunya , paling mereka bisa nipu sekali dua kali abis itu udah abis reputasinya.

ekared
08-21-2004, 11:57 AM
Kadang foto tak seindah aslinya ........... :( :mad:

RuKun
08-21-2004, 02:12 PM
Kalau untuk pribadi sih ok ok aja, tapi kalau untuk dijual dengan maksud menaikkan harga aro itu namanya nipu. Untung semua diforum ini termasuk bung Komandan sangat bisa dipercaya keasliannya.

Roy Genggam
08-21-2004, 03:30 PM
Hai friends, pa kabar semua? ;)
Wah klo saya pribadi sangat mengecam tindakan penipuan sprt itu dalam hal jual beli. Kita punya forum seperti ini sebaiknya klo ada rekan2 yg tau siapa2 pedagang yg berlaku curang gitu dan memang terbukti :mad: ya diumumkan aja di forum ini, supaya temen2 lain ga' kena tipu.
Dengan catatan benar2 terbukti lho, klo salah nanti jadinya fitnah :(
Memang sih paling bener klo beli barang apa pun sebaiknya lihat langsung, kecuali memang pedagangnya bisa dipercaya dan menjaga amanah seperti cara berdagangnya Rasul, smile2 smile2

N1WAN
08-21-2004, 04:56 PM
Kasus diatas memang bisa dilakukan dengan teknologi komputer. Terserah ke pedagangnya ingin keutungan sesaat atau kehormatan dan reputasi yg lebih penting. Cepat atau lambat pasti semua orang akan tau.

Sebagai pembeli, sebelum membeli ke seorang pedagang X, melalui internet atau lewat photo bisa mencari dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (ingat jangan hanya 1 sumber) bagaimana kredibilitas pedagang tersebut.

Ada juga kasus seperti ini dijadikan isu untuk menjatuhkan pesaing lainnya. Misalnya produk orang ini tidak sebaik produk pesaingnya, barangkali saat itu dia tidak mempunyai stock yg sebaik pesaingnya, lalu si pedagang ini bercerita tentang isu atau kasus di atas.

Terlepas dari teknik rekayasa dengan komputer, photography merupakan seni dan keahlian. Seorang photographer yg profesional, tau benar bagaimana setingan kamera (kecepatan film, diagframa, white balace dll), posisi lampu, pakai blizt atau tidak, sudut pengambilan gambar, agar didapatkan photo semenarik dan sebagus mungkin. Posisi arwana sat berenang gagah-gagahnya, ekor mengembang semua, semua warna nampak semua

Bandingkan dengan hasil photo orang awam, hasilnya buram tidak jelas, karena tidak pas setingan kecepatan film dan bukaan diafragmanya, juga kadang photo terang silau karena setingan lampu bliztnya ndak pas.

Photo xback bluebased paling bagus penempatan lampu dari bawah karena warna based colornya akan lebih nampak, photo super red bagusnya malam hari, pada malam hari warnanya paling intens, lampu dari atas, backround contras dengan warna biru, pengambilan photo tanpa lampu blizt .... teknik begini apakah diperbolehkan atau tidak ......?

Pendapat pribadi saya, photo KURANG bagus atau LEBIH bagus 10-15% dari aslinya, ndak masalah, asal jangan 50-100% berbeda dari aslinya. Bagaimana pendapat rekan-rekan, sebagai konsumen? sependapat dengan saya atau lebih prefer KURANG dibandingkan LEBIH walau itu cuma 10-15%.
Seperti aslinya yg bagaimana ? Penampilan tanpa lampu sama sekali dibawah sinar matahari atau boleh dengan lampu aquarium dengan warna tertentu ?

Bagaimana dengan kasus, arwana sebelum dikirim warnanya ok. Si pembeli juga sudah lihat baik dengan photo atau melihat langsung. Begitu dikirim sampai ketempat pembeli warnanya tidak seperti ditempat aslinya, tambah hari tambah pudar warnanya ? Apa pendapat rekan-rekan mengenai hal ini ?

hendri
08-21-2004, 07:15 PM
menurut saya seh.. kalau pake lampu keliatan bagus seh ok ok saja. yang penting si pembeli tahu.. dan kalau sudah bawa pulang makin lama makin pudar kan tergantung cara perawatannya dsb itu sudah resiko di pembeli.

Yang penting si pembeli sudah lihat barang langsung, harga cocok, besok2 ada problem sudah resiko si pembeli dong.. baru fair.. kalau semuanya disalahkan ke penjual.. wah bisa ga selesai2 kasusnya..

well, that's my opinion...

kalesa
08-21-2004, 07:21 PM
setuku ama om Hendri

Roy Genggam
08-22-2004, 08:58 PM
Klo ngomong photography jaman sekarang ini memang seru, terutama krn sekarang dimungkinkan memanipulasi photo dgn komputer.
Menurutku sih klo hasil photonya bagus krn kemampuan memotretnya (penguasaan kamera, penempatan lighting, ketepatan menangkap moment) itu sih OK dan sah2 aja klo digunakan utk memperkenalkan aro yg akan dijual. Karena perubahan yg ditangkap lensa kamera lebih kurangnya tdk terlalu banyak beda dgn aslinya.
Yg kurang etis klo melakukan manipulasi dng "digital imaging" (Photo Shop) dgn merubah kondisi aro aslinya menjadi lbh bagus, misal: merubah kontras ring spy lebih jelas, mematangkan warna yg aslinya pucat, memperbaiki sirip2 yg cacat, menghapus kutil2 yg ada di sirip/badan, memperbaiki kumis yg tdk sempurna, membentuk spoon head, mengkoreksi mata turun, benerin cakil, wah pokoknya banyak deh yg bisa dilakukan dgn Photo Shop untuk membuat aro jelek jadi cantik :p Nah ini dia yg harus diwaspadai. :cool:

Klo habis lihat photo, kemudian "lihat aslinya", dan terjadi transaksi artinyakan sdh suka sama suka. Kemudian ternyata setlh dirawat di tempat si pembeli lalu ber angsur2 jadi pucat, kondisi menurun, itu sih namanya harus belajar lagi ngerawat ikan :p :p hehehe, makanya banyak2 baca forum ini.
Wassalam :)

KoKo
08-22-2004, 11:19 PM
Salam Aro....setujuuuuuuu....apalg kl suhu-nya photography udah ikut sumbang saran :D :D :D

defro
08-23-2004, 07:49 AM
Kalo setelah dibeli, warna & kondisi ikan berubah, yah jelas tanggung jawab pembeli donk, kecuali kalo baru beli sehari, asalnya sisiknya merah darah semua, besok paginya jadi platinum putih semua, :D hehehehe.......itu juga tanggung jawab pembeli sih, tapi penjual punya tanggung jawab moral aja kalo sampe begitu. :D :D

Untuk membeli aro, emang sebaiknya melihat langsung ikannya dengan mata kita sendiri. Terlepas hebat tidaknya komputer, kalo lihat langsung kan lebih baik daripada lihat foto (kecuali ikannya udah disuntik hormon warna deh, dibawa pulang 3 hari warnanya drop, hehehehe.... :p ).

Untuk kasus penipuan foto diatas, itu terjadi dijakarta, tapi maaf saya tidak bisa memberitahu toko yg mana, karena saya juga tidak mengalami langsung, hanya saja, 5 teman saya dan 4 toko aro kenalan saya mengetahui kasus itu, jadi kita juga tidak bisa menganggap remeh.

Saran saya: berhati2lah dan lihatlah langsung sebelum membeli...........cuma itu pencegahan yg paling mudah dan murah........... ;)

paladin
08-23-2004, 08:18 AM
Beli dengan melihat sendiri juga susah karena tipuan dari lampu, background dan juga mungkin "pewarna" ikan sehingga setelah dibeli 2-3 hari kemudian warna jadi pucat, klo yang terjadi demikian apa ini termasuk tanggung jawab pembeli, klo saya rasa ini adalah "penipuan" dan masih merupakan tanggung jawab "moral" dari penjual...... :) :) :) Salam tyrandelf

defro
08-23-2004, 09:22 AM
Wah, kalo sampe pake pewarna segala (kaya sirop atau kerupuk aja pake pewarna...hehehe..... :D :D ), itu sih namanya nipu, mesti dimasukin ke forum, koran dan internet tuh tokonya. :mad:

kalesa
08-23-2004, 06:29 PM
lihat aslinya, kupas tuntas, puas..........bungkusssssss

defro
08-24-2004, 08:24 AM
Wah, kalesa, kalo ikannya di kupas, ya mati atuhhh......kaya batok kelapa aja dikupas.....hahahaha....... :D :D :D

STEPHEN
08-26-2004, 09:52 AM
:D :p :p :p :p :p

fishcopat
09-28-2004, 07:38 AM
salam aro...
kalo menurut pengalaman saya foto yang mengiklankan ikan sebagai barang dagangannya hanya saya jadikan sebagai contoh gambaran ikan yang dijualnya (sama seperti catalog toko mebel) dan bukan sebagai patokan bahwa ikan yang ditawarkan oleh pedagang sama seperti pada gambar...jadi jika pada foto ada ikan yang membuat kita tertarik kita tetap harus dan wajib melihat langsung barang yang akan kita beli
mengenai ikan yang diberi pewarna ikan itu resiko kita dan seharusnya tanggung jawab moral bagi pedagang...
btw kira² bapak² disini ada yang tau bagaimana membedakan antara aro yang diberi pewarna dengan aro yang warnanya natural?ato paling tidak tanda² apa yang dpt menunjukan bahwa ikan tsb diberi pewarna....mungkin pak komandan bisa memberi sedikit tipsnya....

ical
09-28-2004, 02:09 PM
Untuk kasus penipuan foto diatas, itu terjadi dijakarta, tapi maaf saya tidak bisa memberitahu toko yg mana, karena saya juga tidak mengalami langsung, hanya saja, 5 teman saya dan 4 toko aro kenalan saya mengetahui kasus itu, jadi kita juga tidak bisa menganggap remeh.

Kalau gitu temennya bund Defro yang 5 orang itu diminta untuk register di Forum ini!!! setelah jadi member segera beberkan toko2 mana saja yang melakukan penipuan seperti itu.

Karena sebagian besar member disini lokasinya di jakarta dan penjual yang melakukan penipuan itu juga dijakarta. Dari pada kita2 kena tipu kan mendingan dibeberkan sekalian, setuju tidak rekan2?

defro
09-28-2004, 02:34 PM
Kalau gitu temennya bund Defro yang 5 orang itu diminta untuk register di Forum ini!!! setelah jadi member segera beberkan toko2 mana saja yang melakukan penipuan seperti itu.

Karena sebagian besar member disini lokasinya di jakarta dan penjual yang melakukan penipuan itu juga dijakarta. Dari pada kita2 kena tipu kan mendingan dibeberkan sekalian, setuju tidak rekan2?

Bung Ical, karena saya tidak mengalami sendiri, saya juga tidak bisa men-judge/meng-hakimi apakah cerita itu benar atau tidak, dalam forum ini saya hanya berbagi cerita agar rekan2 selalu waspada kalo mau membeli aro, terutama aro2 mahal.

Saran saya, beli lah aro2 kesayangan dari pihak2/ toko2 yang bisa dipercaya, seperti toko di jalan Pemandangan Gunung Sahari, punyanya Pak Niwan, hehehehe.......(Niwan mesti bayar promotion fee nih ke gue...... :D :D :D :D ).

fishcopat
09-28-2004, 06:18 PM
maka dari itu pak defro...kalo kita semua tau toko² mana aja yang biasa berbuat nakal seperti itu jadi khan bapak² yang laen yang berdomisili dijakarta bisa menyelidiki kebenarannya(itu sich kalo gak ngerepotin ) ato jika perlu sekalian forum ini membentuk suatu badan independen untuk meneyelidiki info² yang sekiranya penting bagi hobi per-aro-an....hehehe berasa kayak nyelidiki koruptor ajah hehehehe :D :D :p :p

hendri
09-29-2004, 07:10 AM
mau beli aro harus liat barang pokoknya...hehe

defro
09-29-2004, 08:00 AM
jika perlu sekalian forum ini membentuk suatu badan independen untuk meneyelidiki info² yang sekiranya penting bagi hobi per-aro-an....hehehe berasa kayak nyelidiki koruptor ajah hehehehe :D :D :p :p

Wah...wah.....urusan hobi aja sampe membentuk Pansus.....hehehehe.... :D :D :D

Intinya, kalo beli aro, silakan lihat barang langsung, foto hanya referensi dan petunjuk awal, kalo beli aro hanya berdasarkan foto dan tertipu, yah itu salahnya sendiri......kenapa kagak mau dateng ke tokonya....... ;)

rianfish
09-29-2004, 08:13 AM
umumkan saja, kalo penjualnya merasa tdk nepu, silahkan cross dgn pembeli yg tertipu..tp aro harus ada chip dan sertifikat buat bisa dipegang kebenarannya, kalo tdk, susah jg.

fishcopat
09-29-2004, 08:36 AM
yup!!! saya setuju dengan bapak² yang menyarankan sebelum transaksi harus liat barang terlebih dahulu...

tapi gemana dengan aro yang diberi pewarna....apa ada yang punya tips untuk mengetahui tanda² bahwa aro tsb diberi pewarna ato tidak?ato ada yang pernah bereksperiment dengan hal suntik menyuntik?

JD Winata
09-29-2004, 10:02 AM
Saranin sang korban utk masuk forum dong dan sharing ke kita2 , udah gini jadi susah ntar nama Aro jadi rusak, coba deh kalo usul gue beli aro di tempat2 terkenal aja atau lsg dgn org2 yg udah ketahuan kredibilitasnya

defro
09-29-2004, 10:37 AM
Saranin sang korban utk masuk forum dong dan sharing ke kita2 , udah gini jadi susah ntar nama Aro jadi rusak, coba deh kalo usul gue beli aro di tempat2 terkenal aja atau lsg dgn org2 yg udah ketahuan kredibilitasnya

Sang korban orang pontianak, Saudara jauh istri gue, waktu itu gak sempet dateng Jakarta, trus dia order by phone setelah lihat foto.Rencananya aro-nya mau di jual ke kuching, malay. Soal masuk forum, ntar gua saranin deh kalo ketemu. Tapi gua ragu, dia tuh manusia kagak ngerti komputer sama sekali.

Kalo spesifik tokonya, biar nanti dari orangnya langsung yang sharing (kalo jadi join forum ini),jangan lewat mulut gue deh.....ntar gua dituduh tukang fitnah lagi.....lagian bukan pengalaman gua langsung, bukan gua yang tertipu, bukan gua yang ngerasain akibatnya, ngapain juga gue ngejelekin toko orang. Gak mau nambah2 dosa........ :p :p

JD Winata
09-30-2004, 09:15 AM
Iya Fro , bener juga kadang juga mungkin ada toko nakal dan bisa juga ada pembeli nakal , atau toko pun mungkin aja tertipu dari suppliernya.
Mungkin pengalaman yg paling berharga adalah membeli dgn kepercayaan , itu aja ,kalo mau nipu ya ada minat pasti bisa aja nipu juga.

hendri
09-30-2004, 07:40 PM
saya pernah liat ikan ukuran 20 cm sudah merah semua.. dulu masih kagak ngerti sekarang baru ngerti kalau ikannya rupanya sudah dikasih obat... biar merah banget...soalnya sampe di daerah liat super red kok biasa2 aja ga merahhhh kayak di jakarta...

defro
10-01-2004, 08:35 AM
saya pernah liat ikan ukuran 20 cm sudah merah semua.. dulu masih kagak ngerti sekarang baru ngerti kalau ikannya rupanya sudah dikasih obat... biar merah banget...soalnya sampe di daerah liat super red kok biasa2 aja ga merahhhh kayak di jakarta...

Kadang2 ada SR yang cepat matang warna (Gen-nya emang kelas TOP), seperti yang saya bilang ke kamu di telp, silakan kamu ke apheng, dia ada 1 SR ukuran 25 cm udah merah tua ringnya (bukan orange lagi....udah merah mateng) si seluruh badan samping (tinggal sisa punggung), umur ikannya masih muda, paling2 baru 6 bulan.ekor kipas merah besar, sirip panjang full red, pipi merah tua, pala sendok. (cuma tinggal 1 kurangnya............bukan i thiauw lung). :D :D

Tempatnya bukan di showroomnya, tapi ada satu ruang terkunci lagi di belakang showroomnya. Biasanya kalo udah kenal baik, suka diajak masuk lihat2, ikan2 di dalam itu lumayan bagus2.......

Kalo saya sih yakin, dia gak akan maen suntik2an deh....... ;)

hendri
10-01-2004, 09:18 AM
kalau itu gue yakinlah.. liat toko nya juga seh ya. kalau yang dulu saya liat.. tokonya jual macam2 ikan,,, dan hanya ada 2 ekor sr 20 cm...

defro
10-01-2004, 09:44 AM
Gimana Hen, sikat aja tuh barang si Apheng, top banget deh.....cuma 35 juta kok......mungkin masih bisa kurang.....lu belaga bloon aja tawar 7,5 juta ......hehehehe :D :D :D .......siapa tau dia dagang ala Mangga 2,........ :p :p
ditawar langsung turun jauh......

r_yuchi61
10-01-2004, 01:25 PM
Betul ...juga tu , yang tempo hari saya bilang di bdg ada 2 RTG (3 minggu lalu) minta 2,5 tea ,merah nya aneh ,janggal persis kaya di foto posting ee kemarin saya lihat dan rupanya belum ada yang beli juga ,warna nya berubah kembali keasal punggungnya tidak merah lagi normalnya RTG gitu,hanya siripbawah nya saja yang agak merah,
Nah kalau ada kasus seperti itu kira-kira pihak toko/supliernya tuh yang kasih warna ? atau.........emang ada cairan khusus untuk pewarna arow ya aa
berabe doong (jadi "Instant evolution" kali yee he...he....)

Emang sih kalau beli yang "mantab" seperti saran para suhu...aja.

hendri
10-01-2004, 01:41 PM
35 juta bisa dapat yang kecil 5 ekor... gue rasa mending beli yang kecil huahaha.. merah cepat ama merah lambat ga jauh beda lah.... masalah waktu saja.... :)

defro
10-01-2004, 01:55 PM
Emang bener, tapi genetik ikan itu emang bagus banget......canggih deh, gak pernah lihat yang seperti itu....... smile2

Merah lamban atau cepat sih emang kagak masalah.....cuma takutnya kagak merah aja......hehehe....mentok di orange/kuning......... :D :D :D :D

rmsun
10-01-2004, 03:23 PM
Emang bener, tapi genetik ikan itu emang bagus banget......canggih deh, gak pernah lihat yang seperti itu....... smile2

Merah lamban atau cepat sih emang kagak masalah.....cuma takutnya kagak merah aja......hehehe....mentok di orange/kuning......... :D :D :D :D


Betulllll,tp 35 jeti mahal jg yah?

defro
10-01-2004, 03:36 PM
Betulllll,tp 35 jeti mahal jg yah?

Betullll bos, emang mahal.

Biasalah, kalo barang udah bagus (masuk ke kelas istimewa), pedagang pun jualnya tahan harga tinggi, siapa tahu juga ada hobiis jutawan yang males piara capek2 dari kecil, belum lagi resiko tertipu (beli SR yang gak bisa merah...dsb..dsb). Cuma emang butuh waktu agak panjang.

Kenalan saya ada tuh yang kalo beli Super red maunya yang udah 35 cm-an, udah keliatan bagusnya, mesti sendok, ekor kipas, dayung panjang dsb...dsb...dsb....(cerewet deh kriteria-nya...)cuma kalo dia udah suka, uang bukan masalah. Nawar juga sekedarnya aja, pasti deal deh ujung2nya.
Mungkin momentum yang seperti itu yang ditunggu pedagang barang mahal.


Wah...wah....kayanya topiknya make up foto deh...kok jadi begini yah...udah keluar jalur nih rasanya......sori bung Niwan.....hehehehe....... :D :D :D