PDA

View Full Version : Mata kabut


paladin
04-13-2005, 01:59 PM
Mau tanya mata arwana saya berkabut tapi yang saya bingung nafsu makan dan geraknya seperti biasa saja, dan "kabut"nya sebenarnya tidak begitu kelihatan hanya klo diperhatikan lebih detail maka ada sedikit. Saya curiga hal tersebut dari air atau karena nabrak kaca, tapi klo kualitas air kotor seharusnya kabut tersebut akan terus bertambah, namun kabut tsb tidak bertambah juga tidak berkurang, saya jadi bingung.... Kira2 saya harus memberi obat seperti super internal bacteri atau tidak? Trims... :) :)

hendri
04-14-2005, 06:16 AM
naikkan suhu 32C ganati air 3 hari sekali dengan air endapan... nanti ilang sendiri ga perlu pake obat..

mb_y2k
04-14-2005, 01:37 PM
aro saya juga sering berkabut, kayanya gesek dgn aqua, soalnya baru di tinggal 10detik, eh pas balik jadi berkabut tapi besoknya juga uda baikkan.
tapi saya pernah kasih sera baktoful direct, lumayan mahal - gak begitu pengaruh, jadi di biarkan saja, asal dinding aqua bersih.

paladin
04-15-2005, 06:55 AM
Udah kurang lebih 1 minggu gak membaik juga gak memburuk, apakah lumut ada penaruhnya masalahnya aquarium saya erkena matahari langsung jadi lumutnya minta ampun, trus udah saya bersihin, apa ikannya perlu ditempatkan ke tempat yang lebih kecil trus temperatur kita panasin dan kasih garam, saya curiga ikannya suka gesek2 ke kaca, atau mungkin lumut.

calcioz
05-11-2005, 10:03 PM
Pak, aro saya juga pernah matakabut...
Lalu saya coba kasih sejenis obat yang warnanya kuning...Tp jenisnya apa sih saya kurang tau...Merk-nya pomate kalo gak salah..
Setelah beberapa hari, hilang tuh mata kabutnya...

cung
05-11-2005, 11:43 PM
ngak perlu obat, aro saya sering seperti itu. perbaiki kualitas air saja.

N1WAN
05-12-2005, 12:08 AM
ngak perlu obat, aro saya sering seperti itu. perbaiki kualitas air saja.
Kondisi air jelek, karena :

air lama tidak diganti atau filter tidak memadai, jorok. amonia tinggi
tingginya kadar kaporit atau chlorine atau tidak cukup diendapkan
over pemberian garam
Pastikan penggantian air dengan air yg memang bagus kualitas, terutama bagi pengguna air pam dan air tanah, dimana ada kalanya suatu waktu kondisi air memang lagi jelek, disaat itu ganti air di aquarium degn air pam dan air tanah percuma karena memang sumber airnya lagi tidak bagus ...

JD Winata
05-12-2005, 07:11 AM
Bener tuh , pengalaman kalo di palud ikan matanya pada kabutan semua biasanya indikasi udah jenuh airnya , biasa aku buang airnya ,ganti air baru kira2 30-40% lalu tambahkan antibiotik general utk mengurangi bacteria bloom (bacteri over populasi) krn amonia tinggi.
Garam juga kalo kbanyakan naikin pH jadi selaput lendir ikan berkurang ,mata lsg keruh dan ikan jadi pucat (warnanya gak kilap krn lendirnya kurang)
Hati2 juga kadang ikan nabrak sesuatu dan selaput matanya gores lalu berkembang jadi keruh krn infeksi bakteri, kalo gini kudu pake antibiotik .
Kalo mata kabutan kadang aku cuma ganti air lalu 1-2hari udah normal lagi matanya .

archer
07-29-2005, 08:17 PM
[QUOTE=JD Winata]Hati2 juga kadang ikan nabrak sesuatu dan selaput matanya gores lalu berkembang jadi keruh krn infeksi bakteri, kalo gini kudu pake antibiotik .QUOTE]

antibiotik apa ya pak? tolong infonya, makasih

JD Winata
07-29-2005, 11:12 PM
Pada dasarnya hanya karena bacteri overpopulasi ,krn air kotor /ammonia tinggi atau banyak busukan di filter atau dasar aquarium
Metode pertama ya kuras air dan cuci/ganti media filter
Metode kedua tambahkan garam aja cuma parameter air semua berubah ,kdu dibarengi ganti air juga
Metode ketiga pakai antibiotik spektrum luas /umum spt amoxycilin500mg per 100/125ltr air 24jam lalu ganti air bersih lagi atau nyalakan filter kimia lg ,selama pengobatan matikan filtrasi kimia .

Asal rajin ganti air dan menjaga kebersihan air dan filter jarang terjadi cloudy eyes spt ini , gejal ini juga parameter awal air kotor dan banyak bakteri sebab yg pertama kali kena adalah selaput lendir ikan spt mata .kulit , sbnernya di selaput ikan pun terlihat keruh ,cuma kita lbh notice di bagian mata aja ,soalnya kentara jernih jadi keruh .