N1wanRed FORUMS

N1wanRed FORUMS (https://www.n1wanred.com/isi/forum/index.php)
-   Penyakit, pencegahan & pengobatan (https://www.n1wanred.com/isi/forum/forumdisplay.php?f=12)
-   -   Aro mengeliat (https://www.n1wanred.com/isi/forum/showthread.php?t=2360)

r1za 10-01-2002 01:42 PM

Bang N1wan kawan saya tanya mengenai aronya (uk;30cm)yg suka mengeliat seperti tenggorokannya gatal, sambil bergerak/menyetakkan badannya(mulut tertutup) ..... Â* maksudnya ngerti tdk bang Â* Â*pokoknye kondosi ikan sehat,normal&kulitnya mulus tdk ada tanda2 sakit, nafsu makannyapun normal. Sepengamatannya Aro tsb mengeliat sampai 4 kali dalam sehari. Makanan aronya udang,jangkrik,cacing beku&anakan ikanMas.selangseling.
Tolong sarannya yah Bang..!

Lam Aro

r12al 10-01-2002 04:01 PM

Rekan arbelo....

Kalau dr pengalaman saya, aro mengeliat ( krn gatal spt yg disebutkan), mungkin memang krn kegatalan, bulannnya sakit. Mungkin dpt diamati sekujur tubuhnya apakah ada parasit yg menempel di badannya....bisa aja kutu jarum, mungkin juga ada jamur. Biasanya kalau badan ikan ditumbuhi parasit/jamur polahnya seperti ini. secara umum dia tdk sakit, mungkin simulasinya seperti manusia kena panu atau kurap. jadi secara umum fisiknya tdk sakit, coba dech diperhatikan tubuh aro dgn seksama....

Klau memang demikian, ini tak lain tak bukan krn, kualitas air dan filter yg Rada Kotor dan jarang ganti air.....dgn diberikan garam ikan bisa hilang, kalau sudah parah, bisa juga aronya di bius terus bagian yg berjamur atau berkutu tsb di korek dgn kuku, juga bisa sembuh.....

kalau urusan teknis pembiusan dan pengobatan n1wan & P'doels mungkin bisa membantu, mereka yg tepat orgnya utk diminta argumen dan bantuannya....

semoga membantu

salam
r12al

N1WAN 10-01-2002 04:11 PM

Arbelo,
Aro "menggeliat", seperti aro bila makan kodok atau kadal, bila ukuran kodok atau kadalnya besar, begitu disambar, siaro akan bergerak menggeliat seperti tarian ular cobra mendengar suling si pawangnya, cuma tidak anggun lemah gemulai, ini sedikit menyentak ..mungkin iramanya disko kali .. Â* (becanda), dengan gerakan tersebut membantu si aro mendorong makanannya si kodok atau si kadal masuk ke perutnya, ini wajar nggak ada yang dikhawatirkan.

Menggeliat sambil menyentak, seperti R12al jelaskan, bisa juga disebabkan karena si aro merasa gatal atau merasa ada benda asing di badannya yang mengganggu dan membuat badannya si aro nggak enak, si aro berusaha melepaskannya, karena nggak punya tangan atau teman yang bisa diminta bantuaannya ... (becanda) Â*dia Â*berusaha menggeliat dan menyentakkan badannya, seperti kuda rodeo, yang berusaha melemparkan si koboi yang menungganginya;) waspadai ...ada kemungkinan gejala white spote, kutu jarum dll

Bila kemungkinan kesedak, atau ada duri, sirip ikan mas, ekor atau kepala udang yang tajam di tenggorakannya, biasanya si aro bertingkah seperti mau muntah. Karena itu bila memberi makan udang dianjurkan kepla dan ekornya di potong, ikan mas sirip atas dan sirip bawah juga diajurkan di potong.

Untuk masalah kesedak, ada duri di tenggorokan, coba kasih makan si aro dengan kodok yang ukurannya lebih besar dari biasanya, tapi jangan terlalu besar ..asal muat aja ...sebelumnya coba puasaain 2-3 hari. Biar lapar sekali, berusaha makan kodok walau ukuran agak besar ..karena laparnya, duri atau tulang sangkutannya rapuh dan ke dorong oleh sikodok ke dalam perut.

Semoga bisa membantu, dan kabari hasilnya bila tidak ada perubahan, mungkin rekan-rekan yang lain punya pengalaman yang sama dan bagaimana cara mengatasinya




Luke 07-04-2003 09:57 PM

bung arbelo,

sori nih ngulang topik lama.... waktu itu ikannya kesimpulannya kenapa yah? karena penyakit atau memang tabiatnya begitu?

soalnya ikan saya kadang-kadang suka menyentak dan mengibaskan sirip dada ke badannya. Tapi saya lihat tidak ada white spot pada sisiknya.

Trim's

Luke

r1za 07-07-2003 02:22 PM

kayanye aroku kemungkinan kesedak, atau ada duri, sirip ikan mas, ekor atau kepala udang yang tajam di tenggorakannya, biasanya si aro bertingkah seperti mau muntah. Karena itu bila memberi makan udang dianjurkan kepla dan ekornya di potong, ikan mas sirip atas dan sirip bawah juga diajurkan di potong.
maklum waktu itu piara aro baru berjalan 8 bln, tapi setelah makannya diperhatikan dari itu aro sudah normal kembali (update:uk.40cm&makan tdk rakus)


---------------
Siluk_

solarcoaster 07-07-2003 03:54 PM

kalo aro saya justru mengeliat dan juga suka membentuk tubuhnya seperti huruf s atupun seperti cobra pada waktu lapar itu tanda minta makan, kalo lagi kenyang berenangnya biasa biasa aja tuh. apakah ini normal ?

r1za 07-08-2003 12:40 PM

Klau menurutku sih ...itu apa yg dinamakan bahasa tubuh


---------------
Siluk_

cung 07-08-2003 01:16 PM

Dulu punya saya menggeliat kaya kena setrum, apa ada aro yg kena ayan

OPAL 07-08-2003 03:06 PM

Ah...seperti kata pepatah:
Aro "menggeliat" tanda tak dalam
(dari: air beriak tanda tak dalam)..

opal

Luke 07-09-2003 03:46 PM

yah... mungkin memang watak atao bahasa tubuhnya begitu kali yah...

thx atas infonya...

Luke

Julita 08-05-2003 04:00 PM

Tolong - ikan Arowana kesayangan boss saya sakit. Saya memang tidak ditugasi untuk merawat ikan itu, tapi karena saya penyayang binatang saya jadi ikut memperhatikan. Kemaren aro itu tidak apa2, tahu2 paginya dia menggeliat kayak kegelian. Saya pikir kena kutu, tapi kemaren sudah diberi baytril atas anjuran dokter khusus ikan. Lantas saya suruh OB menguras air setengahnya dan PH sekitar 7.00 (saya baca disitus ini ph normal 6.5-6.8?) dan saya belum berani beri obat apa2 dulu. Kata dokter hewan itu, saya harus beri dimilin. Apa dimilin bisa membantu? Saya takut karena dia sempat meloncat tadi pagi dan kebentur pipa walau tidak keras. Kulitnya ada yang mengelupas - kalau kena kutu, bagaimana menghilangkannya? Soal pemakaian PK saya tidak berani kalau tidak ada yang ahli yang mengawasinya. Tolongin, saya takut aronya lewat kalau dia nanti tiba2 meloncat lagi.

JD Winata 08-05-2003 05:24 PM

Jangan pake PK , ngeri kalo ga ngerti dosis bisa lethal, saran saya beli obat jadi aja, paling utama cari anti external bacteria dan anti internal bacteria, dua macam itu aja cukup utk penyakit bakteri , kalo kutu ikan/kutu jangkar dsb baru pake abate, dosis ikuti petunjuk di kemasan aja, cuma ingat matikan filter selama pengobatan, udah lewat masa pengobatan, air kudu diganti air segar pertahap sampe fresh semua baru nyalakan filter lagi. Tapi cara paling aman, semua dikuras dan disuci hamakan dgn pk, selama itu aronya diungsikan ke aquaria kecil utk pengobatan temporer.
OK goodluck


All times are GMT +7. The time now is 06:23 PM.

Powered by vBulletin® Version 3.6.5
Copyright ©2000 - 2024, Jelsoft Enterprises Ltd.
N1wanRed.com