View Single Post
Old 03-24-2008, 02:06 PM   #5
jwaitop
NAC MEMBER
 
jwaitop's Avatar
 
Join Date: Feb 2008
Location: jakarta
Posts: 258
Default Re: Perlukah zeolit & arang???

Quote:
Originally Posted by Gaga View Post
Bos ...
Ada 3 jenis filter/media filter yg biasa digunakan untuk aquarium. (1) Filter mekanik, gunanya untuk menyaring kotoran baik kasar maupun halus. Media yg digunakan biasanya busa kasar atau kapas halus, ijuk, sabut kelapa dll (2) Filter Kimia, gunanya untuk menghilangkan kandungan zat-zat berbahaya yg ada di dalam air, seperti amonia, nitrat/nitrit dll. Media yg digunakan biasanya carbon aktif/arang atau zeolit. (3) Filter biologis, gunanya untuk mengurai amonia, nitrit/nitrat yg ada di dalam air. Media yg digunakan biasanya bio ball atau keramik ring/bio ring.

Kenapa carbon active/arang dan zeolit jarang dipake dalam aquarium arowana? Karena kita biasanya mengandalkan filter bilogis untuk mengurai amonia, nitrit/nitrat.

Soal ganti air, sebaiknya aquarium arowana diganti airnya sebanyak 20 - 30% sebanyak 2 kali dalam seminggu. Boleh saja ganti air cuma 1 minggu sekali, tapi filter biologis anda harus benar-benar dahsyat. FYI, filter aquarium yg paling ampuh adalah "sering-sering ganti air".

Sebetulnya apa definisi air tua? Air tua buat saya adalah air yg sudah diendapkan dgn menggunakan aerator minimal 2 X 24 jam (kandungan oksigen sudah tinggi dan kandungan klorin dan kloramin-nya sudah hilang). Sedangkan air baru/air muda adalah air yg langsung diambil dari keran.

Thanks
Gaga
Bos, kalo filter biologis dibilang udah jadi atau belom keliatan dari kebeningan air nya bukan? Terus kalo filter biologis itu ktnya ngak boleh keseringan dicuci...??? Mohon petunjuk...
Thx,
jwaitop is offline   Reply With Quote