View Single Post
Old 08-01-2008, 05:28 PM   #6
rianfish
NAC 003
 
rianfish's Avatar
 
Join Date: Jul 2004
Location: west side
Posts: 2,944
Default Re: audio blackbox adam air

Penyebab kecelakaan pesawat B-737-400 PK-KKW Adam Air Penerbangan KI-574 tujuan Surabaya – Manado yang hilang di perairan Majene Sulawesi Barat pada 1 Januari 2007 akhirnya terjawab sudah.Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyalahkan pilot sebagai salah satu faktor penyebab kecelakan ini. KNKT menyatakan kecelakaan itu terjadi karena kedua pilot sibuk memperbaiki kerusakan pada sistem navigasi pesawat atau IRS hingga mengabaikan instrumen lain.

Penyebab kecelakaan ini bermula dari problem navigasi yakni kerusakan Inertial Reference System (IRS) yang terjadi selama 13 menit terakhir sebelum kecelakaan.

Laporan KNKT menyebutkan, kedua pilot salah memasukkan kode instrumen pengendali otomatis, sehingga tidak sadar bahwa pesawat telah kehilangan kendali sebelum menghujam ke laut dengan kecepatan hampir 1.000 kilo meter per jam dan menyebabkan pesawat hancur berkeping-keping. Tatang Kurniadi dari KNKT mengatakan bahwa kecelakaan ini sebagai kombinasi dari beberapa faktor, termasuk kegagalan kedua pilot dalam intensitas memonitor flight instrument khususnya dalam dua menit terakhir penerbangan. Fokus konsentrasi pada malfungsinya IRS telah mengalihkan perhatian kedua pilot dari Flight Instrumen dan membuka peluang terjadinya increasing decent tak teramati. Kedua pilot tidak mendeteksi dan menahan decent sesegera mungkin untuk mencegah kehilangan kendali.Pilot baru menyadari autopilot mati ketika sayap pesawat telah berada pada kemiringan 100 derajat ke kanan dan hidung pesawat berada pada posisi 60 derajat menukik ke bawah. Pilot mencoba mengubah arah pesawat ke kiri, namun kemudian terjadi structure failed, pesawat pun tidak dapat dikendalikan dan jatuh.

Tetapi KNKT tidak menyebut bahwa penyebab kecelakaan itu karena kesalahan pilot, melainkan karena berbagai faktor, termasuk karena kerusakan peralatan pesawat bersangkutan.

IRS adalah alat navigasi yang berfungsi memberikan input kepada sistem kemudi otomatis. IRS berguna untuk membantu penerbang melakukan navigasi.

Kesimpulan ini dikuatkan dengan adanya laporan pilot dan rekaman perawatan pesawat tersebut yang menunjukan, bahwa alat navigasi pesawat atau IRS telah mengalami kerusakan lebih dari 150 kali, antara Oktober hingga Desember 2006.
rianfish is offline   Reply With Quote