View Single Post
Old 09-22-2008, 11:44 AM   #6
ong
NAC MEMBER
 
ong's Avatar
 
Join Date: Sep 2008
Location: indonesia
Posts: 109
Default Re: "BYE-BYE" JAMUR SUNGUT

Quote:
Originally Posted by Dedi View Post
info yang bermanfaat.
Cuma pertanyaannya, apakah Aro mesti sampai di angkat dari aq?
dan berapa lama setelah diolesi Aro bisa diceburkan lagi ke aq. karena setahu saya albothyl itu kan butuh waktu untuk bereaksi dan selama itu nggak bisa kita masukkan ke aq krn akan basah dan obatnya terurai di air. thanks
thanks juga pak. wah pertanyaan2 yg bagus juga pak.
aro tdk perlu diangkat dari air. aro ditangkap aja pelan-pelan, paling gampang dibuat menepi ke dinding kaca aq, lalu angkat kepalanya pelan2, yang penting sungutnya berada di luar air.
siapkan dulu cotton-but yg telah ditetesi albolthyl, paling gampang diberi alas plastik agar obat gak hilang.
lalu setelah kepala aro agak diangkat agar sungutnya keluar dari air, tempelkan cotton-but tadi, dikira2 aja, ampe semua jamur di sungut kena, biasanya akan bereaksi jadi berwarna putih.
tahan kepala aro yg penting sungut berada di luar air dalam beberapa detik aja, obatnya udah melekat di sungutnya (memang daya kerja obat ini seperti ini, sekali sentuh/komtak langsung bereaksi), masukkan aja ikan ke air lagi, gak usah kuatir, dosis obat itu yg menempel di sungut aro paling2 hanya 1 tetes kalo ditotal, yg banyak kan nempel di-cotton-but-nya, jadi gak perlu kuatir air tercemar, coba hitung aja, setetes gak bakalan ngaruh utk sekian ratus liter air dalam aq.
hati2 waktu pengolesan jangan ampe kena mata, harus dilakukan cepat & perlu kontrol&ketelitian tinggi, serta usahakan ikan tetap tenang, jangan buat gerakan yg tiba2. oya waktu menangkap ikan & pengobatan, matikan semua alat2 aq termasuk aerator yg bisa bikin suara gaduh, dg kondisi air dian maka aro lebih tenang.
ulangi sampai beberapa kali, ampe benar2 yakin obat menempel merata di sungutnya, dalam 1 hari, dijamin jamur di sungut pasti rontok semua & sungut jadi bersih/mulus.
silakan dicoba & ditunggu sharing hasilnya ya.
ong is offline   Reply With Quote