View Single Post
Old 12-11-2008, 03:38 PM   #22
dhlee
NAC 125
 
Join Date: Oct 2006
Location: east taiwan
Posts: 5,179
Default Re: aro berkualitas = perawatan extra or modal extra??

yang pasti genetik itu no 1. seperti yg dikatakan oleh bos padano, bukan gak mungkin harga yg berbicara soal kualitas, apalagi seperti farm munjul gak diragukan kualitas super rednya. kalo pak tanto kebetulan dpt gen bagus ya gedenya gak usah ragu lagi, tolok ukur dikur dengan pembayaran (gratis) ya kita gak bisa ukur sejauh mana kualitas itu berjalan. kalo anda bayar 2-3 juta sr yang pak tanto sebutkan, bukannya kita sudah mempunyai gambaran didalam? .

faktor genetik sih emang dibutuhkan, tapi jangan lupa cara rawat yg benernya itu harus berjalan dengan baik, baik proses pemberian pakan, air, filter. percuma kalo genetik bagus tapi rawatannya om pim pa (senin-kemis) hasilnya juga bertepuk sebelah tangan. dari logika saya, yg saya baca dari ketikan pak tanto kalo org farm memberikan seekor sr secara free (gratis), maaf sebelumnya.. saya beranggapan kalo sr tsb mungkin ada cacat/reject/gak masuk daftar QCnya dari farm tsb, logika lain "masa iya saya kalo ada anakan sr bagus yg saya nilai ini bakalan top, saya kasih orang lain meski kenal deket? mending saya jadikan investasi (dana tsb bisa beli buku, kertas, portfolio, gajiin karyawan atau beli camera buat foto2in ikan masukin ke web pribadi farm saya).

saya pernah punya sr, dalam 1-2 thn kemarin2 itu sr (bodongan) meski bodynya bagus dan nyendok (ekor lebar, dayung panjang, body gede, nafsu makan bagus) sampai akhir 2007 kemarin belom merah2 malah saya beli aro saya (vlad) telat 4-5 bulan tapi akhirnya si vlad duluan yang bisa orange-menuju-merah sampai skrg, akhirnya sr yg bodong itu saya jual. disini saya beranggapan bahwa induk sr tsb gak murni, ya mungkin udah hasil crossbreeding between sr dengan banjar red (siapa yg tau?) yang tau hanya orang farm. dan dapat saya simpulkan kalo sr bodong saya itu berasal dari farm yg tidak bertanggung jawab (illegal non cites). sertifikat sih ada, saya sempatkan kirim email dan bertanya ke farm (yg tertera di sertifikat, saya kasih no chipnya) dicheck lalu no chip tsb nihil alias gak ditemukan berasal dari farm dia. persepsi saya semakin kuat, kalo ini kerjaan farm illegal dengan sr yg abal-abal, kenapa mereka ada no chip? dan chipnya juga masih ditempel didalam sertifikat. no chip/chipnya didapat dari aro2 yg RIP/dead.
dhlee is offline   Reply With Quote