View Single Post
Old 02-03-2009, 09:20 PM   #26
dhlee
NAC 125
 
Join Date: Oct 2006
Location: east taiwan
Posts: 5,179
Default Re: Cara membuat air menjadi biru jernih?

Quote:
Originally Posted by taras View Post
Kalo karbon aktif diperiksa dibawah Scanning Electron Microscopy, akan terlihat pori-pori dalam jumlah yang sangat besar. pori-pori ni mampu menangkap berbagai macam bahan, termasuk bahan beracun. pada manusia, karbon aktif ( norit ) dapat digunakan
pada kasus overdosis obat, keracunan makanan, atau tertelan bahan beracun. Namun, kemampuannya menangkap racun ini hanya terjadi di lambung dan usus, ketika zat beracun belum terserap dan masuk ke dalam peredaran darah. Sehingga, semakin cepat diberikan, semakin banyak racun yang dapat diserap.

Selain itu, pori2 dalam karbon aktif sendiri juga dapat menyerap partikel apa saja
yg ada dalam air maupun udara. bila dibiarkan dalam udara terbuka, bisa menyerap
debu halus dalam udara ( polusi ). dalam 60 jam karbon aktif menjadi jenuh dan
menjadi tidak aktif lagi. karena itu biasanya karbon/arang aktif dikemas dalam
kantong kedap udara

Tidak semua bahan dapat diserap oleh karbon aktif. Beberapa diantaranya yang tidak dapat diserap adalah litium, asam atau basa kuat, logam dan bahan inorganik (misalnya, natrium, besi, timah, arsen, yodium, fluorin, dan asam borat), alkohol (misalnya etanol, metanol, isoprofil alkohol, glikol, dan aseton), dan hidrokarbon (seperti minyak tanah, bensin, oli, dan hidrokarbon tumbuhan seperti minyak pinus). Sehingga, pada kasus keracunan zat-zat ini, karbon aktif tidak boleh diberikan.

garamnya garam apa dulu, kalo garam ikan hanya mengandung unsur NaCl saja, jadi
garam ini berasal dari asam kuat dan basa kuat. Garam ini tidak mengalamai hidrolisis
sehingga larutannya bersifat netral. Hidrolisis adalah istilah umum yang dipergunakan
untuk menyebut reaksi suatu zat dengan air. Hidrolisis atau dalam bahasa Ingris disebut sebagai “Hydrolysis” berasal dari kata “hydro” artinya air dan “lysis” artinya peruraian. jadi hidrolisis bisa diartikan sebagai peruraian oleh air.

sedang garam dapur selain mempunyai unsur NaCl, juga sering telah mengalami pengkayaan dengan berbagai bahan lain yang diperlukan oleh manusia, seperti Iodium, atau bahan lainnya. Oleh karena itu sering kali secara umum disebutkan bahwa garam yang digunakan untuk ikan adalah garam tidak beriodium. Iodium sendiri tentu saja diperlukan oleh ikan, akan tetapi kehadiran bahan lain yang tidak diketahui dengan pastilah yang menimbulkan kekhawatiran akan menyebabkan dampak yang tidak diinginkan. Apabila tidak terlalu mendesak maka penggunaan garam yang memang sudah dikhususkan untuk ikan akan lebih aman. Meskipun demikian banyak dilaporkan bahwa penggunaan garam beriodiumpun tidak menyebabkan dampak merugikan pada ikan-ikan yang diberi perlakuan tersebut.
infonya mantep si profesor taras tumben pinter amat, gak nyangka gue biasanya ngebahas daerah selang**ngan mulu atau cewek .
dhlee is offline   Reply With Quote