View Single Post
Old 03-17-2009, 11:40 AM   #8
arow
NAC MEMBER
 
arow's Avatar
 
Join Date: Sep 2008
Location: indonesia
Posts: 1,189
Default Re: aro dikasih makan udang laut

Quote:
Originally Posted by Steve170 View Post
kalo menurut gw udang laut lebih bagus dari udang kali liat aja ikan laut dengan ikan kali bagusan mana? udang laut semua beraneka warna karena makannya plankton jadi gw rasa kalo ikan aro dikasih, bisa dongkrak warnanya tuh aro
kalo saya disuruh pilih, saya lebih prefer ke udang kali.
mengapa? aro adalah ikan air tawar, bukan ikan air laut, jadi lebih cocok dg udang kali.
dulu ada pengalaman, dg udang laut (karena mengandung garam, juga kulit&daging lebih keras&alot dari udang kali), bisa menyebabkan insang nekuk ke dalam. Gak tau juga kenapa, namun berkaitan dg kebiasaan (secara kontinue) pemberian garam setiap ganti air, bisa menyebabkan insang nekuk ke dalam. sedangkan kalo pake udang kali gak pernah ada masalah insang nekuk.
so, saya sarankan, kalo mau pake udang kali aja, lebih bagus utk aro, paling nggak bisa menghindarkan insang nekuk & gak mengandung garam tentunya.
tapi hati2 pakan udang, karena berasal dari air, kalo gak bersih bisa bawa kuman penyakit, jadi harus diperhatikan benar2 kebersihannya.

masalah warna merah aro, lebih cenderung ke genetik, sedangkan udang hanya 'mencemerlangkan' warna merah saja.

kalo mau alternatif pakan lain yg mudah, cukup pakai jangkrik yg diumpanin wortel, bagus utk mencemerlangkan warna merah pada aro. karena jangkrik mengandung 'chitine' & wortel mengandung 'betacaroten'. kedua zat ini bagus utk mencemerlangkan warna merah, saya udah buktikan.
arow is offline   Reply With Quote