View Single Post
Old 03-26-2009, 11:55 PM   #21
dhlee
NAC 125
 
Join Date: Oct 2006
Location: east taiwan
Posts: 5,179
Default Re: apakah lampu merk TF* bisa buat tanning?

Quote:
Originally Posted by hercules View Post
salam juragan bos2 senior,
hehe sorry dech gua bikin sebel dgn pertanyaan yg di ulang2 terus , bukannya males bos2, gua jg sering main & baca2 di forum sana, sini, situ dr jaman ke jaman
tp kok ada anggapan yg kedengarannya cukup minor soal lampu merk ini.

bos dhlee ada pendapat seperti itu nda masalah lah, gua sama se-7 memang lama. namanya juga proses?tp gua rela nungguin, ada jg koleksi lampu lain tp kadang bikin sakit mata & bikin lumutan bos

Inti pertanyaan sebenernye sederhana bisa atau tidak lampu tfc untuk tanning.Tidak terkait soal lama waktu tanning, gua anggep kagak ada masalah soal tagihan listrik & waktu dech.

Tapi ada person yg nulis tfc kagak ngefek sama sekali di forum sebelah, wow tunggu dulu la yauuu.
kok knp beda sm yg gua alamin, nyatanya bisa jg kok buat perubahan.

bukannkah tanning itu tujuannya buat supaya aro agar gak kelihatan pucat ringnya, namun perkembangan ring slanjutnya kan tergantung gen, mustahil gara2 lampu jenis & kapasitas tertentu semua sr bisa sama rata tebal ring maupun warna yg sama

mokase juragan2 atas tanggapannya, gua kagak berasa paling bener tp anggep aja tulisan gua ini suara minoritas cilik, namun eksis lho.
ini sr ditanning pake tfc bgm tanggapan juragan2, begini dianggap ngefek gak sich??
Hallo bos hercules, saya juga sama dengan anda penuh pertanyaan soal tanning. saya bukan pakar, saya bukan senior dan saya bukan ahlinya, namun dari hasil yang saya peroleh selama ini diforum dan hasil diskusi bareng diforum. menurut saya lampu TFC NAN yang merah itu susah dan lama untuk memetik hasil warna "jreng" dari seekor super red.

kalo dikatakan aro anda berhasil merah karena hanya menggunakan lampu TFC NAN ya itu berarti genetik dari SR anda bagus. tapi bagaimana untuk member lain yang mempunyai SR susah keluar warna? yang genetiknya agak "ngendor"? mereka pasti pilih jalan cepat, tidak menggunakan TFC NAN dan memilih lampu yang berkekuatan tinggi (hitungan Kelvin). penggunaan lampu memang hanya sebagai alat bantu agar pigmen sel dalam sisik semakin matang dan matang. namun tidak lepas dari pakan, lingkungan akuarium, nafsu makan seekor aro, parameter air. saya punya temen, dia punya SR. genetik SRnya bagus, dalam ukuran 35cm warna sudah menjanjikan ditambah dia hanya menggunakan 2 buah lampu 30W saja warna merah. ya itu udah nasib dia dapet ikan bagus tanpa harus susah2 seperti kita2 yang untung2an dapet SR bagus bisa merah. saya juga lagi belajar tentang masalah ini (tanning) dari dulu sampai sekarang untuk dapatkan yang rumus yang terbaik.. saya sama seperti anda masih tahap bertanya dan mencari, tapi sejauh mana saya dapatkan.. bahwa lampu yang berkekuatan tinggi lebih efektif untuk tanning.

FYI, dari yang saya baca dan saya ketahui, TFC NAN hanya mempunyai Kelvin yang kecil. Kelvin semakin tinggi semakin baik untuk proses tanning seekor super red, dan Kelvin semakin tinggi warna pada lampu bukan merah lagi.. lampunya akan berwarna biru-menuju-ungu. sekarang banyak dipasaran antara 10.000 Kelvin sampai 22.000 Kelvin.. tinggal kita memilih lampu yang sesuai dengan dana budget. dan jangan salah, Lampu kalo gak bisa bikin lumut itu berarti lampu yang jelek bos.. tidak terdapat power spectrum cahaya sehingga tidak terjadinya lumut. rasanya kalo ada lumut, itu udah makanan sehari2 bagi yang punya akuarium dan memelihara ikan. kenapa banyak yang tanya TFC NAN itu bisa gak sih untuk tanning? bagi yang udah tau untuk tanning pasti beli lampu lain yang lebih efektif, harga sama atau mungkin agak lebih mahal dikit atau bisa murah meriah (pake sinar matahari), penggunaan sama dan lebih efektif. lepas dari bahasan lampu.. faktor lain juga harus diperhatikan seperti pakan, parameter air dan filter. karena semua saling terkait agar aro semakin cerah dan sehat. mohon maaf jika ada salahkata dan tidak berkenan. salam .
dhlee is offline   Reply With Quote