View Single Post
Old 04-02-2009, 02:48 PM   #11
dhlee
NAC 125
 
Join Date: Oct 2006
Location: east taiwan
Posts: 5,179
Default Re: tolong beli IER + resin dimana yg ada stock ?

Quote:
Originally Posted by arow View Post
IER itu intinya kan resin kation, berupa granula kecil warna coklat utk mengikat kapur, fungsinya menurunkan kesadahan air.
bro, kira2 boleh gak granula resin ini langsung dimasukkan ke filter box, kebetulan saya pake filter samping, maksudnya resin ini difungsikan sebagai filter kimia? apakah berbahaya buat aro? apakah aro bisa mengalami dh/kh shock? (syok kesadahan krn penurunan kadar kapur dalam air?, seperti halnya ph shock krn penurunan nilai keasaman air secara drastis). saya pengen sekali mencoba, tapi masih takut aro-nya kenapa2, krn air sumur di tempat saya kandungan kapurnya sangat tinggi, sampai berkerak putih2 di kaca aq. maybe senior2 lain juga bisa memberi masukan, tq.
granula resinnya itu dibungkus dan direndam dulu dengan air garam. setelah 1 harian coba aja masukin ke media filter. saya disini juga pake resin tsb didalam media filter, ga bakal kenapa2 kecuali resinnya itu resin lain. pastiin kalo resinnya itu untuk ikan sebagai mediia filter. tapi kalo mau lebih efektif seperti yang anda bilang agar gH/kHnya stabil ya seharusnya ditaruh di filterisasi penampungan agar pH stabil. media filter resin tidak berbahaya kecuali anda beli resin palsu (mungkin). ada zat kapur itu masukin carbon aja.
dhlee is offline   Reply With Quote