View Single Post
Old 04-13-2009, 01:52 PM   #40
aroindah
NAC MEMBER
 
Join Date: Nov 2007
Location: Jakarta
Posts: 542
Default Re: Mengapa aro sebaiknya mamakai humic acid??

Pada hakikatnya hardness, adalah kadar "kekerasan air" yang diukur dari ion2 Ca, Mg dan kation-kation lainnya. Perlu diketahui pH, gH dll "sesaat" tidak bisa dijadikan acuan untuk menentukan nilai fixed suatu larutan. Pada aquarium, kita juga ada "pernapasan ikan dan mikroorganisme (penghasil CO2 dll), aerator(penyumbang O2 dll). Kita tahu ada beberapa air yang berubah pH nya setelah diareator ataupun setelah masuk tank beberapa jam.

Garam dapur, NaCl sebenarnya garam yang sangat stabil. pH nya selalu akan 7. Demikian juga ketika dia dimasukkan ke dalam air netral, akan tetap pH 7. Namun jika kita berikan aerasi maka pH akan naik. Itu artinya ada Na+ yang lepas ke air dan membentuk NaO- karena pemberian O2 yang pada gilirannya membentuk NaOH yang melepaskan ion OH- yang basa. Nah jika dia basa, berarti ada ion Na+ yang melayang-layang yang mempengaruhi hardness air tersebut.

Namun, karena kelarutan O2 didalam air terbatas maka Na + yang lepas dari NaCl itupun terbatas. Jadi pHnya gak mungkin tinggi-tinggi amat.

Pada IER, Ca dan Mg memang diikat oleh resin dan TIDAK ditukar oleh Na. Jika ditukar maka proses "softening" air tidak selesai-selesai. Kalau ada Na yang "nganggur" alias tidak dalam garam NaCl, maka diapun akan diikat oleh resin tersebut.

Quote:
Originally Posted by newb4ev3r View Post
Pak, setahu saya CaCO3 sendiri juga merupakan garam... so seharusnya kaga ada penambahan garam ataupun Ca dan Mg seperti ditunjukkan rumus kimia di atas... CaCO3 bisa ditukar dengan MgCO3 dan hasilnya sama saja... gH diukur dari nilai Ca dan Mg saja seperti buffer diukur dari CO3 / HCO3... selama Ca dan Mg nilainya tetap artinya nilai gH juga tetap... misal dengan IER rumah tangga, Ca dan Mg diikat dan ditukar dengan Na... tapi gH tester akan menunjukkan bahwa gH sudah turun, padahal sih air dipenuhi Na... jadi gH naik atau turun ditentukan nilainya oleh penurunan / kenaikan Ca dan Mg... bagaimana menurut Bapak?

Untunglah saya telah insaf Pak...
aroindah is offline   Reply With Quote