View Single Post
Old 05-07-2009, 10:04 AM   #97
yuthie
NAC MEMBER
 
yuthie's Avatar
 
Join Date: May 2008
Location: Jakarta
Posts: 105
Default Re: Cara membuat ikan menjadi ukuran XL

Quote:
Originally Posted by hikari View Post
Saya mau berbagi pengalaman bermain di parameter air

Dahulu sy banyak baca thread2 lama, disana sangat banyak pembahasan parameter air. Saya tertarik dan ingin mendapatkan aro yg maksimal dengan bantuan kondisi parameter air yg baik. Awalnya mengasyikkan...., setiap kurang puas saya coba lg tambah alat treatment air.........
sampai akhirnya dapat parameter air yang saya inginkan untuk aro saya.
Sering berkonsultasi dengan suhu-suhu yg mengerti air.... pertanyaannya apakah bisa melawan alam? BISA tapi.... biaya tinggi, menguras tenaga, gak beres-beres (selalu ada aja yang kurang) dan cape.. (setiap 3-4 hari sekali back wash filter) . Sampai satu hari saya pergi ke PT Ar***na ketemu pak Su***di , akuarium disana ratusan unit, disana saya kaget melihat maintanance ikan tanpa filter hanya dengan oksigen saja (hanya dengan penggantian air saja). Tapi ikan hidup, sehat, rakus,dan cuakep. Pulang dari sana saya gak mao lagi repot-repot ngurusin parameter air, kita pelihara aro untuk kesenangan gak mau terlalu perfect akhirnya ikan jadi manja dan rewel.

Sekali lagi ini hanya pengalaman pribadi saya lho

ket gambar

1. air sumur masuk ke filter pasir tujuannya menyaring lumpur/kotoran kasar
2. tabung filter yg besar berisi manganise green sands tujuan menyaring besi2 yg terkandung di dalam air, ada filter kecil berisi kapas
3. Air ditampung didalam toren 1 dan diaerasi, tujuannya oksidasi
4 dan 5. oleh pompa pendorong air disaring lagi dengan flerorite (1tb kecil), kapas (1tb kecil) , karbon aktif (1 tb besar), terakhir oleh resin kation (supaya airnya soft)
6. air ditampung ditoren dan diaerasi

sampai disini saya masih krg puas akhirnya tambah lagi 1 toren

7 dan 8. air disirkulasi ulang (looping) dengan resin atau ditambah daun ketapang / batang bako

sampai disini saya masih krg puas, mao coba lagi dengan RO dan tehnologi nano yang banyak berhasil di pertenakan ikan, tapi keburu sadar, gak mao lagi ah repot-repot ngurusin air, awalnya sih seneng tapi lama kelamaan capeee.

Sekarang cuma pake air PAM , ditambah filter Resin saja supaya kapurnya tersaring shg di akuarium gak terlalu banyak kerak.

OK salam.
busyet deh....
kek mau buka farm bro'....
yuthie is offline   Reply With Quote