Thread: Female SR
View Single Post
Old 05-19-2009, 09:46 AM   #48
arow
NAC MEMBER
 
arow's Avatar
 
Join Date: Sep 2008
Location: indonesia
Posts: 1,189
Default Re: Female SR

Quote:
Originally Posted by richard_tan View Post
Begitu lah yang saya dengar female sr rip dapat disebabkan karena matang telur. Pernah ada link, sr yg rip dibedah,ternyata banyak telurnya.
Pengalaman saya, waktu itu. sr saya tiba2 diam, gak lama bengkok s lalu bberapa hari lewat. Keadaan air bagus, penyakit gak ada sama sekali. Begitulah yg saya alami.
Kekwatiran saya ada pada saudara2 sr yg rip ini, kira2 apa betina jg.
-saya pernah baca juga link tersebut, kalo gak salah 1 kejadian aja & peristiwanya mati di kolam breeding, kalo gak salah di pt.citra aro.
-tapi menurut saya, kalo aro betina di aq, mungkin jarang terjadi, saya malah curiga dg penyakit2 dalam aro (bukan penyakit yg tampak dari luar), misalkan bakteri,virus. ini tidak hanya menyerang aro betina saja, tapi juga yg jantan & semua ikan2 penghuni air.
-yg penting perhatikan jenis pakan / kebersihan pakan, saya rasa pakan2 dari jenis serangga (misal ulat, jangkrik, kecoa, kelabang, belalang, dll) jauh dari kuman penyebab penyakit utk ikan. kecuali biasa kasi pakan udang, ikan kecil, kodok, nah itu sangat rawan penyakit, kuman2 bisa menular karena sama2 dari golongan air.
-kualitas air juga gak kalah penting, mesti dijaga, jangan samapai terjadi 'bad bacteria-blooming' (ledakan bakteri jahat). just imho,..
arow is offline   Reply With Quote